Mengapa Diet Rendah Karbohidrat itu Sehat? 

(Dari ​Teleminar 20.12.2016 Join: telegram.me/pantangdiet)

oleh: Reza Wahyu Ismail

Tahukah anda di darah kita hanya ada sesendok gula saja (5 gram)

Gula darah orang normal itu kan baiknya di bawah 100 miligram per desiliter

Kalau di atas 125 mg/dL udah dianggap diabetes kan, jadi baiknya di bawah 100 mg/dL

Nah, darah manusia rata2 kan 5 liter
Berarti ada 50 desiliter

Kalau 100 miligram/dL di kali 50 desiliter kan jadinya 5000 miligram

Alias 5 gram aja

Sekitar sesendok gula aja

Nah tubuh kita sangat menjaga bahkan ga boleh kelebihan 125 mg/dL alias kelebihan seperempat sendok aja ga boleh! 

Bayangkan apa yg terjadi jika kita makan karbohidrat kayak kentang dan cola aja seporsi kentang jadi 10 sendok gula, segelas cola bisa jadi 15 sendok gula. 

Betapa insulin dirilis berlebihan utk menurunkan 25 sendok gula di darah hasil cerna karbohidrat..

Insulin yg belebihan akan memicu resistensi insulin, gula2 itu harusnya disalurkan ke otot tapi karena resisten dialihkan ke liver..

Liver hanya sanggup menampung 100 gram cadangan gula aja di glikogen dan sisa kelebihannya memberatkan Liver karena harus diubah jadi lemak

De novo lipogenesis, selama Liver membuat lemak baru dari gula2 ini selama itu juga pembakaran lemak badan berhenti dan insulin malah memicu hormon lipoprotein lipase dimana lemak2 malah dimasukkan ke sel2 lemak alias mode menimbun lemak

Makanya makan karbo dan minum manis bikin kelebihan berat badan dan buncit, obesitas, lama2 diabetes deh

Kalau ngga gemuk dan gula darah masih normal2 aja, tetap saja lemak darah udah tinggi rawan sakit jantung.

BAYANGKAN TRUK TANGKI BENSIN INI TUBUH KITA

Orang yg punya lemak badan banyak kayak punya tangki bahan bakar besar

Tapi truk pembawa tangki bensin ini berjalan dgn tangki kecil isi solar..

Solar itu tangki bahan bakar gula di tubuh itu glikogen hanya sebesar 2000 kalori tenaganya.

Bensin itu adalah tangki bahan bakar lemak kita bisa puluhan ribu kalori bahkan seratusan ribu kalori pada orang obesitas!

Tangki2 ini diisi oleh makanan yg kita makan
Jika makan karbohidrat maka kita menggunakan bahan bakar gula (solar) dan tidak membakar lemak (bensin) malah kelebihan bahan bakar di tangki kecil akan disalurkan ke tangki yg besar.

Makanya para pelari ada bonking atau hit the wall pada endurance race walau udah carbo loading karena hanya bisa tampung 2000 kalori saja mesti refill atau pakai minuman gula, gell dll. 

Kalau atlit ultra endurance dgn bahan bakar lemak bisa sanggup lari/mendayung ratusan km seharian..

Kalau kita ingin Mengecilkan badan mengurangi lemak pakai lah bahan bakar dari lemak itu supaya tangki besarnya mengecil, capek kan bawa kemana-mana tapi malah ga dipake.

Tapi butuh waktu konversi, seperti mengalihkan mesin dari pembakar solar menjadi pembakar bensin. Itulah masa adaptasi, transisi yg butuh waktu. 

Menurut studi pada atlit2 ketogenik 4~6 minggu bahkan ada yg butuh waktu 4~6 bulan. Jadi selama itu jangan Cheating makan daging.

Daging itu tinggi lemak, protein sedang dan ada karbo tapi dikit (dari glikogennya) makanan yg bernutrisi tinggi 10 asam amino esensial ada komplit dan lemak esensial yg berimbang. 

Dr Vilhaljamur Steffanson yg puluhan tahun meneliti kaum inuit mengatakan kita cukup makan daging ga perlu sayur dan buah di jaman vitamin2 lagi tren. 

Akhirnya utk membuktikan perkataannya, Steffanson dan rekannya dikarantina di rumah sakit Bellevue New York tahun 1928 di monitor dokter dan perawat utk makan dan aktivitasnya (olahraga jalan kaki di taman Central Park diawasi) setahun berdua sama temannya tidak kekurangan apapun (diprediksi kena scurvy atau penyakit kurang vitamin C dalam waktu 4 bulan) tapi ternyata tidak terbukti, fungsi ginjal dan Liver baik2 aja kesehatan malah meningkat.

IKLAN: JOIN JUGA PANTANG DIET (GRUP & PAGE FB, TELEGRAM, INSTAGRAM, YOUTUBE, WEB: PANTANGDIET.COM)
*pesan ebook pantang diet (pdf) WA 087878105050

TELEMINAR 24.12.2016: SINDROM METABOLIK 
Dr Gerard Reaven di tahun 1988 menggunakan istilah sindrom X untuk org yg bermasalah metabolismenya dan kebanyakan beresiko sakit jantung akibat resistensi insulin

Kemudian National Cholesterol Education Program membuat istilah metabolic syndrome oleh ATP III (adult  treatment program iii)
#sindrommetabolik ini digunakan dr Reaven utk mendiagnosa resiko jantung koroner penyakit kardiovaskular dan mengatakan diet rendah lemak tinggi karbohidrat membuat sindrom ini makin menjadi2

Jurnal ilmiah nya di tahun 1994 membuktikan bahwa diet rendah lemak memperparah #sindrommetabolik dan dr Gerard Reaven menawarkan harus hindari diet rendah lemak tinggi karbohidrat utk mencegah resiko sakit jantung.

Ciri2 #sindrommetabolik ini adalah lingkar pinggang utk cowok > 40 inch dan cewek > 35 inch

Trigliserida lebih dari 100 mg/dL atau 150mg/dL untuk wanita dan HDL kurang dari 40 (pria) wanita <50

Tekanan darah 130/85 mm hg atau pakai obat hipertensi

Gula darah puasa mencapai 100 mg/dL atau lebih

Udah puluhan ribu jurnal ilmiah dan studi yg membuktikan kemampuan diet rendah karbohidrat dalam mengatasi #sindrommetabolik

Tapi kalangan medis konvensional masih butuh waktu beberapa dekade utk mengubah kebijakan Low Fat dan menggunakan obat2an penurun kolesterol yg tidak efektif sebenarnya
LDL tinggi dan total kolesterol tidak perlu diturunkan tapi LDL-P atau berukuran kecil small dense serta yg teroksidasi dan inflamasi yg harus dikurangi. 

#sindrommetabolik
Contohnya, dr Warren dan Marshall dari tahun 1985 membuktikan sakit perut dari bakteri bukan hnya asam lambung tapi medis belum menerima, mereka bikin studi dengan menginfeksi diri mereka sendiri. 

Setelah banyak terbukti oleh riset2 medis baru berubah tahun 1995 dan mengakui masalah bakteri dan kedua dokter ini baru dapat nobel thn 2005

Resistensi insulin juga di kalangan medis belum terlalu mainstream kecuali utk org2 diabetes padahal udah banyak masyarakat yg kena #sindrommetabolik ini

Ada yg resisten insulin beragam di otot, ada yg Liver, ada yg di sel2 lemak dan resistensi ini spektrum ada yg parah ada yg udah hyperinsulinemia belum terlalu resisten ada yg ampe udah diabetes

Ada yg ototnya udah resisten sehingga reseptor insulin di otot membuat masalah transporternya glukosa (Glut4) ada juga yg bermasalah di Liver sehingga produk gula (glukoneogenesis) tidak terkontrol oleh insulin karena hati yg resisten.

Jadi gula darah naik. 

Belum ditambah gula dari hasil cerna karbohidrat. 

Makanya solusinya adalah pantang karbohidrat jika sudah memiliki resistensi insulin macam ini.

Sel2 lemak yg masih sensitif akan simpan semua kalori dan gula yg udah dijadikan trigliserida. 

Jadinya kegemukan terjadi dan kalau sel2 lemak di bawah kulit udah mulai resisten juga, yg ada berlemak di dalam organ2 (viseral dan ectopic) ini yg bahaya dari luar ga gitu kelihatan punya lemak di organ

Kalau lemaknya masuk ke organ pankreas dan kena sel2 beta maka produksi insulin pun makin terganggu dan kalau mulai rusak = diabetes. 

Udah terlambat. 

Puluhan tahun ini prosesnya baru ketauan deh!
Sel2 lemak atau adipocytes memiliki kemampuan menyimpan dan berkembang yg luar biasa, pernah liat kan orang obesitas kayak apa..

Nah tahun 1994 ditemukannya hormon leptin yg dikeluarkan sel2 lemak

Leptin ini memberikan sinyal kenyang atau cukup pada otak. Serta sinyal2 lainnya adipokines dari adipocytes

Ini membuat sel2 lemak menjadi bagian dari sistem endokrin. 

Lemak menjadi organ yg signifikan dalam biokimia di dalam pengaturan  metabolisme manusia bukan sekedar simpanan kalori

Jadinya ga mesti orang kelebihan berat badan itu #sindrommetabolik tergantung kondisi sel2 lemaknya

Dan yg kurus pun belum tentu sehat bisa jadi lemaknya di dalam organ2 (ectopic)
Jadi tujuan bukan hanya kurus tapi sehat

Masalah resistensi insulin ini udah 20 tahun dan masih susah mencari akar masalahnya. 
Coba liat aja, seseorang bisa memiliki asma lemak yg banyak dan trigliserida tinggi di otot tapi yg satu adalah atlit yg sensitif insulin dan satu lagi orang obesitas yg resisten, beda

Yg jelas diet rendah karbohidrat lebih unggul dari diet rendah lemak utk memperbaiki sinyal2 adipokines yg meningkatkan gula darah (resistin, TNF-a, IL-6, RBP4) dan yg meningkatkan sensitivitas insulin (kayak adiponectin, visfatin, omentin).

Belum masalah sinyal leptin yg resisten padahal leptin banyak di org2 gemuk. Bikin peradangan karena sifat inflammatory si leptin.

Makanya diet rendah karbohidrat membuat sinyal2 leptin bener tidak resisten bikin lemak jadi berkurang dan berat badan turun! (ini kan yg kita cari, hihihi)

Jadi diet rendah karbo mengurangi inflamasi juga. 

Bikin sehat kan..

Saya mau nerangin soal RBP4 sebagai faktor dalam resiko sakit jantung tapi kayaknya agak ribet.

Intinya aja yaa.. 
Dari studi 12 minggu,

Studi terkini selama 12 minggu org yg makan sangat rendah karbohidrat ala ketogenik (PD level standar) membuat trigliserida turun, HDL-C (kolestrol baik) meningkat dan LDL (kolesterol jahat) menjadi tidak begitu jahat (ukuran partikelnya membesar jadi ngga rawan nyangkut di sela2 dinding pembuluh darah)
Jadi kalau mau tau resistensi insulin ukurnya bisa dari trigliserida dan hdl kalau ukur insulin atau gula darah agak kurang akurat karena selalu fluktuatif, sekalian cek inflamasi jg

Resistensi insulin atau #sindrommetabolik yg bikin rawan sakit jantung ini asalnya dari makan karbohidrat tinggi yg dicerna jadi gula (atau konsumsi gula juga) membuat sekresi insulin dan jika berlebihan akan menciptakan resistensi insulin di sel2, akhirnya memicu produksi insulin lagi sampai hyperinsulinemia, inilah yg bikin inflamasi, sel2 lemak bertambah

Jadi seperti lingkaran setan = insulin tinggi – > resistensi – > sekresi insulin di tinggi in lagi – > resistensi makin kuat begitu seterusnya..

Utk menghancurkan lingkaran setan ini inget sumber awalnya: konsumsi karbohidrat
Restriksi karbohidrat seperti pantang diet hanya makan hewani akan mematahkan siklus rantai lingkaran setan ini. 

Buktinya dari trigliserida yg turun walau bb belum tentu turun (kebanyakan sih turun bb kl zerocarb ala PD)

Ini yg belum banyak diakui dunia medis, menangani masalah #sindrommetabolik yg meningkatkan resiko penyakit jantung dengan 

Restriksi karbohidrat, karena kebijakan udah terlanjur Low Fat (otomatis konsumsi karbo naik) jadi solusi dunia medis adalah obat2an kayak statin dan penurun hipertensi, padahal efektivitas obat2an itu sangat kecil dibandingkan plasebo di studi2nya.

Adalah lebih signifikan mengatasi masalah #sindrommetabolik di akarnya yakni yg menyebabkan insulin tinggi hingga rawan atherosclerosis, yaitu lonjakan gula darah berlebihan yg bikin trigliserida atau lemak naik.

Adalah makan makanan yg mengandung karbohidrat tinggi, tepung, gula, kacang, umbi, pati (PANTANG)

Dan untuk menurunkan resiko sakit jantung dengan menyeimbangkan kembali sinyal2 hormonal, mengurangi resistensi insulin dan leptin adalah dengan makan DIET.

Jangan lupa sinar matahari (aktivasi hormon vitamin D dan tidur yg cukup jangan begadang juga berpengaruh besar pada resistensi insulin) org yg kerja shift malam melulu dan yg kurang kena sinar matahari biasanya berujung diabetes. 

Jadi ikuti pola makan PANTANG DIET (pantangdiet.com/prinsip-pantang-diet), kena sinar matahari dan begadang jangan begadang yaa!

Ini Solusinya;

Jadi solusinya resistensi insulin; 1. Makan DIET (Daging, Ikan, kEju/buttEr, Telur) yg tinggi nutrisi jangan yg kosong nutrisi kayak minyak doang atau tepung dan gula, 

2. Pantang makan Pati, Akar, Nuts/biji2an, Tepung, Gula yg bikin insulin melonjak tinggi dan membuat penimbunan lemak di badan, organ, darah (trigliserida) 

3. Jangan ngemil, supaya insulin turun ga terus2an tinggi, makanya makan sekenyangnya dan jangan makan kalau ngga lapar. (Awal2 PD boleh masih makan sering kalau lapar) 

4. Paling terakhir, olahraga tapi jika sudah berasa berenergi, jangan sampai malah bikin susah turun bb, olahraga intensitas tinggi bukan aerobik biasa, tapi kayak sprint atau lari cepat, angkat beban, resistance kayak plank, dll. Bagus utk naikin sensitivitas insulin. 

Silahkan pilih level PD sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

IKUTI TELEMINAR HARIAN, KONSULTASI DAN MENTORING GRATIS DI TELEGRAM.ME/PANTANGDIET DAN BACA: Tips-Tips Pantang Diet Untuk Pemula, FAQ, Metode, Daftar Makanan, dan Isu2 Lainnya di Ebook PD hanya 25 ribu rupiah plus DONASI (tidak wajib untuk jadi member PD semua info gratis!)
info: pantangdiet.com/ebook-pantang-diet) 
*sumber gambar: dr Ted Naiman (burnfatnotsugar.com)

**info: pantangdiet.com/ebook-pantang-diet

Iklan