GERD (Bagian 2) dan Masalah Asam Lambung 

Teleminar GERD & Asam Lambung

oleh Reza Wahyu Ismail

GERD: Gastro Esophageal Reflux Disease adalah bentuk parahnya asam lambung yg naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa terbakar di ulu hati.

Medis konvensional yg mainstream merawat GERD dgn obat2an penurun atau penyetop asam lambung, tapi ini tidak mengobati akar masalahnya, malah bikin ketergantungan akibat adanya lingkaran setan GERD (nanti saya jelaskan) bikin jadi ketergantungan seumur hidup ma obat2nya ini.

Inilah obat nomer dua terlaku (yg pertama adalah obat penurun kolesterol) sama2 ga baik tapi bikin duit, padahal GERD itu bisa sembuh (masalah kolesterol jg) dgn nutrisi.

Masalahnya, asam lambung adalah pertahanan kita terhadap bakteri, dll.

Bikin kita lemah dan gampang kena infeksi, sakit, IBS (mules2 di usus besar), penyerapan nutrisi yg terganggu, defisiensi b12 dan kalsium serta asam amino, Anxiety, masalah sistem cerna, nyeri tulang gampang rapuh dan retak, asma, anemia, pnemonia, osteopenia, hingga serangan jantung. 

Banyak lah!

Industri farmasi awalnya udah tau resiko2 ini dan dibatasi penggunaan obat2 penekan asam lambung hanya beberapa minggu. 

Tapi korupsi korporasi, skrg jadi tak terbatas, org bisa pakai hingga bertahun-tahun.

Apalagi banyak antasida tersedia dijual bebas, makin menjadi2 GERD ini.

Lambung yg lemah dan GERD merembet ke masalah di esofagus hingga ke usus bikin org2 diare dan ngga masuk kerja (selain alasan demam-pilek) hehehe 😂

Banyak orang bilangnya GERD ini karena asam lambung yg berlebihan, tapi jika diteliti justru semakin tua semakin beresiko GERD dengan asam lambung yg semakin berkurang.

Kalau di tes kadar asam lambung penderita GERD malah rendah.

Kesulitan cerna, gas dan kembung, serta GERD pada orang tua banyak yg justru asam lambung nya kurang.

Sangat jarang orang punya asam lambung berlebihan, kecuali sakit ZollingerEllison syndrome.

Malah GERD bisa di suplementasi dgn hcl
Plus suplemen enzim cerna kyk pepsin.

Karena, org yg GERD memiliki asam lambung yg sedikit, pepsin utk cerna protein juga kurang khususnya utk cerna asam amino esensial, phenylalanine dan tryptophan, defisiensi asam amino inilah yg bikin Anxiety, stres, pikiran kacau, bete, hingga depresi.

Ini adalah pengobatan ala Barat, mengatasi gejala bukan akar masalah. 

Emg asam lambung jumlah berapa pun, dikit juga kalau letaknya di esofagus atau kerongkongan akan bikin sensasi terbakar karena esofagus bukan lambung yg dilapisi..

Tapi kenapa kalau GERD itu kurang asam lambung malah dikasih antasida bikin gejalanya hilang?

Lumayan lega?

Itu karena obat2 utk GERD hanya meredakan gejala bukan menyembuhkan, minum obat penurun atau penyetop asam lambung gejala GERD hilang begitu berhenti obat, GERD balik lagi. 

Kapan sembuhnya?

Perusahaan obat ga mau publik tau Bahayanya kurangnya asam lambung memiliki banyak resiko kesehatan dari stres, asma, hingga kanker dan sakit jantung, yg penting obat terjual triliunan dolar bahkan dijual bebas skrg.
Studi menunjukkan, 30% org tua > 60 tahun kena gastritis krn kurang produksi dna sekresi asam lambung;

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3771980

Dan 40% nenek2 ga produksi asam lambung sama sekali..

https://nutritionreview.org/2013/04/gastric-balance-heartburn-caused-excess-acid/

Dokter Jonathan Wright dari klinik Tahoma di Washington menujukkan penderita GERD dan Heartburn atau panas terbakar di ulu hati itu asam lambung nya ternyata sedikit.

Secara ilmiah, GERD bukan disebabkan oleh asam lambung yg berlebihan, ini hanya persepsi publik, tapi teorinya adalah disfungsi LES (lower Esophageal sphincter) yg merupakan katup, cincin, valve, pembatas, pemisah lambung dan kerongkongan/esofagus. 

LES ini membuka saat makanan masuk dari kerongkongan ke lambung dan menutup, menjaga supaya asam lambung ga naik ke esofagus atau kerongkongan.

LES ini juga bisa membuka ke atas, jika kemasukan racun atau harus muntah kita bisa mengeluarkan isi perut jadi dari lambung ke kerongkongan, inilah yg malfungsi.

Dalam jurnal gastroenterology dijelaskan bahwa mengatasi GERD dgn obat penekan asam lambung itu tidak pas karena masalahnya bukan di sekresi asam lambung itu:

(http://www.natap.org/2009/HIV/070409_02.htm)

Jadi apa masalahnya? 

Apa yg menekan LES jadi kebuka dan membuat asam lambung naik?
Obesitas, kebanyakan makan, makanan terlalu asam, berminyak, dan pedas, tekanan dari lemak badan, tiduran abis makan, membungkuk, dll..

Ini juga faktor2 pemicu tapi bukan akar masalah utama… 

Jadi apa dong penyebabnya awalnya GERD ini?
Memang kebanyakan penderita GERD memiliki kontak asam lambung di esofagus yg lebih lama dari normal, tapi ada juga yg biasa aja

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15765412

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/4029559

Dalam 24 jam ada juga 30 persen penderita GERD kontak asam lambung nya sama aja kyk orang normal

Ini disebut NERD (non erosive Reflux)  karena pas diendoskopi sama aja esofagusnya kayak orang sehat, ga keliatan kena iritasi asam lambung, biasa aj kayak orang sehat2 aja padahal GERD jg

 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3503771/

Jadi, asam lambung yg naik sebenarnya dikit aja dan pada orang sehat pun wajar sesekali asam lambung naik;

 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3503771/

Dan pada orang normal ga ada gejala apa2, biasa aja.. 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15765412

Nah, yg Gerd dan NERD ini meradang dan bikin ga nyaman.. Leaky esofagus lah istilahnya;

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23937353

Inilah sebab LES jadi melemah, merusak sel2 dari dalam:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15765412

Sebabnya adalah bakteri gram negatif, kalau yg sehat esofagusnya kebanyakan bakteri gram positif:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19394334

Inilah sebabnya, bakteri yg bikin inflamasi di LES 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22344232

Esofagus jadi bocor:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19855405

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18952050

Jadi LES kendor bikin asam lambung sentuh esofagus 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22344232

Kaya lingkaran setan, ditambah diperparah dgn konsumsi obat2an peredaran nyeri warung, alkohol, dan stres…

Itu jadikan lingkaran setan pertama, 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11123192

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6141332

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10930388nrrgb77thhfddr

Masalahnya di bakteri, kenapa jadi berlebih? 

Bikin malabsorbsi karbohidrat dan meningkatkan tekanan IAP bikin GERD. Kenapa?

Lanjut, daritadi ngomongin malabsorbsi karbo, protein, lemak, itu apaan bisa begitu ya? 

Bayangkan 30 gram karbo yg ga kecerna dgn baik akan menghasilkan 10 LITER GAS!

Kembung2 deh, gimana tuh tekanan 10 LITER GAS hydrogen, hasil dari karbohidrat yg ga kecerna dgn baik (malabsorbsi plus bacterial overgrowth dari Buku si prof Robbilard tadi ini yaa dasarnya)

Utk mengurangi gas dari fermentasi ini, kita ber PANTANG karbohidrat khususnya yg kompleks dan FP tinggi, dua studi menunjukkan keberhasilan terapi GERD dgn diet Low Carb ini;

Studi ada dua soal GERD dan diet rendah karbo: 

http://www.springerlink.com/index/M731QXK14GUQ1J06.pdf dan 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11712463

Tapi akar masalah utamanya kembali, apa? 

Kenapa bakteri jadi banyak?

Terbukti yg GERD juga 71% kena IBS artinya bakterinya sampai berlebihan juga di usus besar, padahal yg bikin gas naik ke lambung ada di usus kecil dan yg bikin LES melemah (selain usia) adalah inflamasi bakteri juga.

http://journals.lww.com/jcge/Abstract/2002/03000/Increased_Prevalence_of_Irritable_Bowel_Syndrome.4.aspx

Semuanya gara2 bakteri, tapi kenapa?

Apalagi si h. pylori ini, pas GERD dan IBS dia juga banyak.. 

Org normal sih h pylori nya normal2 aja jumlahnya ada juga di lambung nya ga bisa disebut jahat juga, bakteri2 ini biasa2 aja.. 

Begitu berlebihan bikin masalah..
Jadi kenapa berlebihan?

Itu. Karena. Asam. Lambung. Yg. Kurang.

Infeksi oleh H. Pylori yg berlebih bikin asam lambung berkurang. 

Obat2an antasida bikin asam lambung berkurang. 

Kurang makan daging bikin asam lambung berkurang.

Ini lingkaran setan kedua..

Asam lambung yg kurang bikin pertahanan tubuh terhadap bakteri menurun, bakteri tambah banyak termasuk yg datang dari jalur nafas, gampang pilek dan batuk, asma. 

Mudah mules dan diare, infeksi.

Kurang asam lambung juga bikin susah cerna lemak dan protein, asam amino esensial jadi defisiensi kurang tryptophan dan phenylalanine serta beberapa vitamin dan mineral penting, menyebabkan Anxiety, depresi, stres, bad mood, lemah otot, saraf terganggu, tulang keropos, mudah retak, pinggul pegel2, protein yg belum tercerna jika masuk lewat Leaky gut alias usus bocor halus beresiko Autoimmune dan makanan yg belum tercerna mengiritasi usus rawan kanker.

Kenapa pencernaan protein terganggu gini? 
Karena kurang pepsin, kenapa pepsin kurang, karena asam lambung yg kurang. 

Ditambah obat antasida bikin parah, asam lambung makin berkurang, bakteri makin menggila, memfermentasikan karbo, menimbulkan gas yg menekan LES jadi GERD, panas ada asam lambung di esofagus, diminumin obat penurun asam lambung, jadi berkurang asam lambung, bakteri mambah banyak lagi, begitu lagi, inilah lingkaran setan yg selanjutnya.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/4161162

Studi2 yg membuktikan defisiensi vitamin dan mineral akibat asam lambung yg berkurang..

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26726
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/5670905
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3771980
http://www.annals.org/content/120/3/211.full

Dan jangan takut sama asam lambung. 

Asam lambung itu alami, ada, diciptakan emg utk cerna makanan kita: Daging sama kayak karnivora lain yg punya asam lambung dgn ph yg sangat rendah beda sama herbivora.

Jangan malah asam lambung ditekan, di stop, terus jadi herbivora, makan yg alkali, makan sayur banyak2 itu malah bikin bakteri tambah berfermentasi.

Lalu timbul gejala dan diminumin obat, jenis PPI biasanya… 

Minum obat kayak PPI (proton pump inhibitor) juga ga baik utk penyerapan vitamin dan menghambat sintetis NO yg penting utk kesehatan pembuluh darah bikin beresiko sakit jantung.

Jadi konsumsi obat jenis proton pump inhibitor beresiko ga bagus utk kesehatan kardiovaskular, menghambat sintetis NO yg melindungi dinding pembuluh darah dan menjaga kesehatan jantung.

Baca: https://drmalcolmkendrick.org/2016/09/21/what-causes-heart-disease-part-xxi/
References:

1: http://atvb.ahajournals.org/content/31/7/1462.full

2: Shah NH, LePendu P, Bauer-Mehren A, Ghebremariam YT, Iyer SV, Marcus J, et al. (2015) ‘Proton Pump Inhibitor Usage and the Risk of Myocardial Infarction in the General Population.’ PLoSONE 10(6): e0124653. doi:10.1371/journal.pone.0124653

Banyak lah, ga bagus utk kalsium, folat, kayaknya ga usah ditulis satu2 studinya. 
Intinya masalah pencernaan kurang asam lambung ini membuat defisiensi

Jadi kuncinya ada di asam lambung, harus cukup banyak dan cukup asam, ini malah di alkali bikin netral, dikurangi, dll. 

Itulah yg bikin masalah, gejala reda tapi akar masalah tetap ada yg ada ga akan sembuh2..

Salah satu yg simpel jangan minum kebanyakan saat makan, bikin asam lambung ga terlalu asam..

Asam lambung yg kurang inilah yg bikin banyak bakteri, bukan cuma h. Pylori (yg kalo banyak juga menekan sekresi asam lambung, lingkaran setan ketiga) juga bakteri salmonella, campylobacter, cholera, listeria, giardia, c. Dificile, resiko tipus, tbc, pnemonia, disentri, tuberculosis, bikin asma, alergi, ppi itu juga menekan kemampuan alami tubuh membasmi bakteri dan mikroba jahat, rawan kanker lambung karena hypergastrin dan nitrite ga diolah jadi NO oleh asam askorbat karena asam lambung yg kurang asam, maag, ulcer, luka lambung dan luka usus, anemia juga bisa, batu empedu ikut2an, diabetes tipe 1,chrons, colitis, penyakit kulit, eksim, jerawat, osteoporosis, hepatitis, IBS, rematik, Graves, depresi, anxiety, mood disorder, kemana2 lah!

Itu semua gejala2 malnutrisi, defisiensi asam amino penting dan vitamin serta mineral yg kurang tercerna dgn baik karena asam lambung plus enzim2 cerna yg kurang. 

Ditambah lagi kurang makan makanan padat gizi kayak daging dan kebanyakan sayuran yg mengandung anti nutrisi, malah membuang zat2 gizi dari dalam tubuh kita sendiri. 

Kebanyakan makan sayur dan buah juga bisa membuat sakit gondok, mengganggu tiroid hingga jadi Hypothyroid, lalu kolesterol naik, serta menyebabkan banyak masalah metabolisme lainnya juga. 

Karena banyak sayuran hijau kayak Brokoli, kale, kol, dll. Mengandung goitrogen yg menggangu tiroid jadi defisiensi yodium. 

Memasak sayuran bisa mengurangi kadar goitrogen kalau direbus bisa 60% bahkan lebih kalau air resbusannya dibuang.

Tapi kalau sayuran itu difermentasi malah bisa meningkatkan kadar goitrogennya.
Kembali ke topik GERD, jadi hindari karbohidrat kompleks seperti sayur, serat, dan biji2an yang menimbulkan gas. 
Gas dari banyaknya bakteri, yang juga menekan sistem imun dan mempengaruhi pikiran. 
Bener, sistem imun yg drop karena salah satu akar masalah GERD adalah bakteri dan ketidakseimbangan profil mikroba ini mempengaruhi saraf2 juga bikin pikiran kacau, sinyal2 biokimia dari perut ke saraf pusat, istilahnya microbiome-gut-brain axis

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4367209/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26175487
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27647198
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25689247

Prof Norm selain low carb bisa pakai high carb tapi karbo rafinasi bukan yg kompleks, bisa sembuh juga. Walau teorinya kurang dikembangkan, bukan hanya soal bakteri kebanyakan aja tapi asam lambung yg kurang itulah akar masalahnya. 

Tapi banyak yg ngga menduga masalahnya di kurangnya asam lambung karena kayaknya kontra banget, kok asam lambung yg kurang sampe bisa naik ke kerongkongan…

Akar masalah utama GERD dan masalah2 yg terkait dgn sistem cerna adalah; kurangnya asam lambung dan bikin bakteri berkembang biak menggila, di esofagus bikin radang, di lambung menggangu pencernaan dan mengurangi asam lambung, di usus bikin gas yg menekan abdominal dlm perut dan dada. 

Solusi pertama udah jelas: PANTANG DIET (pantangdiet.com/prinsip-pantang-diet) 
Bakteri2 ini kebanyakan makan gula dan karbohidrat, si h. Pylori juga jadi banyak dan menekan asam lambung,

Ditambah obat2an yg hanya meredakan gejala kayak antasida dan ppi malah tambah memperparah akar masalah, asam lambung jadi kurang.

Jadi ikuti PD level standar tanpa serat karena malabsorbsi karbo bikin serat lolos dan menyebabkan fermentasi berlebihan (FP) tinggi. 

Juga pantang biji2an dan kacang2an sesuai level 2 PD
Kalau perlu h. Pylori atasi dengan obat2an, silahkan konsultasi dgn dokter saya ngga kasih advis medis

Kedua, kalau kadar asam lambung rendah bisa cari suplementasi hcl dan pepsin (saya ga tau dan saya ga jualan apa2, ga ada hidden agenda jualan jadi cari tau sendiri suplementasi ini).

Dosis konsultasikan dgn dokter yaa
Stop minum obat pereda nyeri, obat pusing warung nonsteroid kayak paracetamol, ibuprofen, aspirin

Stop ppi, antasida, kurangi kalo ga bisa
Kembalikan keseimbangan flora usus, artinya kurangi populasi bakteri jahat dgn yg baik bukan dikasih makanan (pre-biotic) tapi pakai pro-biotic (beda)

Ga usah suplemen, tapi pro-biotic cukup banyak ada di Yogurt dan kefir, justru kalau suplemen kayak lactobasilus bikin asam laktat

Yg udah parah sampai rusak jaringan perlu operasi LES  (gastroplication)

Sebelum terlambat, atasi dgn solusi yg saya infokan diatas, diet dan suplementasi, plus kalau selama ini defisiensi bisa pakai multivitamin. 

Operasi itu skenario yg parah, solusi terakhir.

Kalau masih mau pakai obat penurun asam lambung utk meredakan gejala, silahkan, tapi akan ketergantungan dan bikin kaya industri farmasi, obat penurun asam lambung adalah obat terlaku kedua di dunia (No 1 obat penurun kolesterol) dua2nya berdasarkan premises yg salah.

Antasida dan ppi meredakan gejala, menurunkan asam lambung, padahal itu akar masalahnya, asam lambung yg dikit bikin bakteri berlebihan dan susah cerna makanan jadi gas banyak hingga 10 liter menekan LES bikin GERD. Jadi silahkan ambil keputusan saya hanya berbagi info. 

Your life. Your choice. Sekian…

*join telegram.me/pantangdiet utk teleminar, konsultasi dan Mentoring gratis. Pesan EBOOK PD hanya 25 ribu rupiah plus donasi seikhlasnya, silahkan juga berkontribusi dalam riset & pengembangan PD ke rekening bca 3450150079 dan wa saya 087878105050

Iklan