Diet dan Siklus Hormonal Bulanan Wanita serta Masalah Keputihan


Diet untuk Wanita memiliki tantangan tersendiri khususnya karena adanya siklus Hormonal antara Ovulasi dengan Menstruasi (Follicular hingga Luteal) maka harus ada, 

Strategi mengatur metabolisme serta asupan nutrisi plus taktik puasa juga olahraga untuk kesuksesan penurunan berat lemak di badan (myg lebih sulit pada wanita daripada pria untuk turun berat badan.
(Sumber : Impact of the Menstrual Cycle on Determinants of Energy Intake – Research Review
L Davidsen et. al. Impact of the menstrual cycle on determinants of energy balance: a putative role in weight loss attempts. International Journal of Obesity (2007) 31, 887-890)

Dibanding pria, wanita lebih susah turun bb, otot lebih lama terbentuk, lemak lebih susah kempes, kayaknya gampang banget naik berat badan..

Sebabnya adalah wanita akan lebih survive dari lelaki demi umat manusia jadi mode survival lebih tinggi utk bertahan jika masa kelaparan 

Baca: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7043508

Utamanya masalah Hormonal di siklus mens yg menentukan appetite atau nafsu makan dan energy expenditure atau pengeluaran tenaga (metabolisme).

Siklus nya ada Follicular awal dan tingkat lanjut, peri ovulasi dan luteal.

Wanita jadi mudah gemuk utk menyiapkan anak dan lanjut merawat hingga besar, jadinya pinggul, paha, mudah membesar, susah kurusnya!

Ketika Progesterone memuncak setelah ovulasi menjelang mens itu yg bikin nafsu makan naik dan kalori mudah dipendam, estrogen sebaiknya, sebelum ovulasi nafsu makan kurang..

Estrogen yg turun menyebabkan nafsu makan meningkat karena sinyal leptin jadi bermasalah..

Sumber; http://www.bodyrecomposition.com/research-review/research-review-crosstalk-between-estrogen-and-leptin-signalling-in-the-hypothalamus.html
Lemak berkurang, estrogen juga berkurang, bikin sinyal leptin rendah akhirnya udah susah2 diet gampang lapar dan nafsu, ngidam (Craving) mulu, lama2 Cheating deh!

Ada masa dimana hipoglikemik di salah satu fase itu yg bikin lapar menggila ingin ini itu, khususnya yg manis2.. Disini fungsi pd level 1 bisa makan buah dikit utk isi glikogen.

Banyak yg Craving cake, coklat biasanya

Itu tanda defisiensi magnesium..

Saatnya makan ikan kayak salmon buat sarapan jg utk perbaikan leptin.

Biasanya di fase luteal pra mens itu energi juga agak tinggi, semangat.. Semangat ingin marah2, senggol bacok, hahaha 😂

5~8 hari sebelum mens baiknya persiapan, atur makanan ga kebawa nafsu alias coba puasa dgn sahur/sarapan pagi2 makan ikan kayak salmon.

Kurangnya leptin dan Estrogen ini bikin metabolisme turun, t3 turun alias tiroid bermasalah, kortisol naik alias stres pms, nafsu makan menggila..

Leptin selain atur sinyal yg menjaga kita dari bahaya kelaparan ternyata turut meregulasi neuroendokrin dalam sistem reproduksi (atur hormon steroid gonadal, estrogen)

Kurangnya enzim aromatase yg mengubah hormon testosteron ke Estrogen juga bikin masalah defisiensi.

Estrogen ini, bikin mudah gemuk dan rawan resiko kista atau pcos dan ketidaksuburan

Estrogen dan leptin ini saling mempengaruhi dan sinyal2nya mirip2
5~8 hari antara ovulasi dan menstruasi (fase luteal) baiknya sarapan pagi2, ikan kalau bisa, makan yg banyak sampai kenyang boleh pakai telur kalau tidak alergi, 

Lalu puasa Dry Fasting sekuatnya dan berbuka boleh dgn buah dikit kayak kurma 3 bijik atau coklat dan pas berpuasa bisa olahraga resisten yg santai tapi berat tapi ga ngos2an kayak aerobik jangan terlalu diforsir.

Ga mesti ikan, udang, kepiting ada magnesium, boleh juga Steak, hati, ayam, keju keras juga ada magnesium.

 Studinya: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2845587/

Nah, fase follicular itu ketika folikel yg berisi telur mulai matang dan akhirnya luteal alias corpus luteum alias telurnya keluar jadi Follicular dihitung mulai dari hari pertama menstruasi hingga ovulasi. 

Disini insulin lebih sensitif.

Ingat, ga mesti coklat ya bisa pakai Seafood dan olahraga santai, kalau olahraga berat kayak angkat beban di fase Follicular disitu juga bisa banyak dikit batas karbo/gula tapi di fase luteal rawan Craving jangan Cheating persiapan dan 

Niatkan Low Carb hingga zerocarb. 
Soal serotonin, dopamin, GABA yg kurang dan bikin bete pas pms, atasi dgn sarapan/sahur yg banyak khususnya Seafood, Steak, liver, persiapan aja yg ok. Kuatkan disiplin di fase luteal ini. 

SOAL KEPUTIHAN 

Keputihan itu alami aja cara tubuh buang bakteri dan sel2 mati dengan lendir kayak ingus aja atau dahak..

Ketika fase luteal akhir atau Follicular awal, ketika berhubungan seksual dan ketika menyusui biasa Keputihan.

Tapi perhatikan jika Keputihan berwarna aneh2, coklat, merah, kuning, hijau, ada sakit atau gatal tau nyeri, sangat lengket.

Bisa gara2 infeksi bakteri atau jamur, jadi perlu cek kalau bakteri pake antibiotik kalau jamur pakai krim antijamur atau minum Yogurt.

Jangan pakai yg terlalu ketat dan pikiran juga jangan kenceng (stres).

Jaga jangan lembab sering ganti celana atau pembalut, jaga kebersihan tapi ga usah lebay pakai bedak, parfum disitu ntr malah parah.

Cek ke dokter kalau Keputihan berminggu2 bisa ada infeksi penyakit kelamin menukar, indikasi kanker serviks, atau pemakaian pil kb yg ngga cocok.

Tanya: 

Awal PD sy jg keputihan,..

Lg bersih2 mungkin ya

Jawab:

Bisa itu cara tubuh bersihkan vagina dsri infeksi dan mengeluarkan kuman serta sel2 mati, selama ga ada warna aneh2 kayak merah di cairan jg ga terlalu tebal atau berbuih, dan ga ada luka melepuh atau gatal parah, cuci aja pakai air hangat dan sabun yg netral ga terlalu tajam atau kimiawi.

PD yg mendukung adalah merah putih, jangan makan yg lain kecuali daging merah dan jangan minum yg lain kecuali air putih. Daging bisa ikan kalau mau dan minuman bisa air soda bening yg tawar hanya co2. Minum immunomodulator  juga bisa membantu masalah keputihan.

Iklan