Kesehatan Mulut: Gigi dan Gusi Terkait Sakit Jantung dan Pola Makan Sehat


Kesehatan gigi yang buruk pertanda makan sudah kebanyakan karbohidrat dan berpotensi beragam penyakit dari metabolisme yang bermasalah.. 

Baca; http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0022034509337700

Lanjut soal kesehatan gigi dan mulut dengan pola makan ala Pantang Diet.
Kesehatan gigi tergantung kesehatan gusi dan hampir setengah populasi memiliki inflamasi atau peradangan di gusi (periodontitis) dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Ada ukuran dimana sela gigi dan gusi memiliki kedalaman sebesar 2mm dan bisa dijangkau dengan sikat gigi tapi banyak yang lebih dalam, sela ini disebut gingival sulcus dan semakin dalam membuat inflamasi semakin parah, semakin radang semakin ber plak.

Dan jika kedalamannya lebih dari 4 mm mengindikasikan kerusakan permanen dan infeksi kronis yang biasa disebut periodontal pocket. 

Baca: https://en.wikipedia.org/wiki/Gingival_and_periodontal_pockets 

Maka kedalaman lebih dari 3mm susah dibersihkan dengan sikat gigi dan cenderung makin dalam dan jadi parah hingga 7 mm udah beresiko kehilangan gigi. 

Jadi, sebabnya dari periodontitis ini adalah plak yang disebabkan oleh biofilm bakteri. 

Dan penyakit gusi ini walau tidak mendalam tapi terus menginfeksi dengan level yang tidak parah akan menyebabkan inflamasi sistemik atau peradangan yang bisa dinilai dari CRP dan IL-6 atau ukuran inflamasi yang terkait dengan sakit jantung! 

Sumber ilmiah : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15086624 

Baca juga:  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15206916 

Sehingga sakit jantung koroner atau arteri pembuluh darah yang besar tersumbat sangat berhubungan dengan periodontitis dan atheroscerosis ini bisa karena bakteri yang menyebabkan infeksi sistemik alias menyebar, terindikasi dari masalah gusi. 

Studi ilmiahnya :  http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18052701 

Lalu kelihatan juga dari cek darah, HDL rendah dan LDL tinggi khususnya yang berpartikel kecil dan teroksidasi serta gula darah sewaktu yang naik. 

Risetnya: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17877746 

Kesimpulannya, plak2 yang terbentuk dari lapisan bakteri yang terakumulasi di gigi akan membuat pembusukan, darimana? 

Oleh karena keasaman dari fermentasi bakteri merusak pH alami gigi, jadi bakteri ini memfermentasikan apa? 
Yaitu gula dan glukosa dari karbohidrat.. 

Di sela gigi dan gusi (gingival sulcus) yang lebih dalam dari 3mm susah dijangkau dan dibersihkan dengan sikat gigi biasa dan menjadi lingkaran setan. 

Membuat akumulasi plak meningkatkan inflamasi, inflamasi meradang bikin gingival sulcus lebih dalam, sela gusi dan gigi ini mengundang plak lebih banyak lagi: lingkaran setan! 

Dan plak yang parah bikin gusi meradang atau periodontitis ini menyebabkan inflamasi sistemik yang terkait erat dengan resiko penyakit jantung, serangan stroke, dan beberapa masalah metabolisme di tubuh. 

Pola makan yang menurunkan inflamasi adalah Pantang Diet yang menghindari karbohidrat prosesan seperti tepung dan gula serta biji2an. 

Warning: gingivitis dan keguguran juga berhubungan.. hati2 yang wanita! 
Maka, makan makanan alami seperti daging, hati, telur, ikan, ayam, dll. 

Ingat, bakteri di mulut mengkonsumsi gula sederhana dan juga karbohidrat yang dipecah enzim amilase di mulut jadi glukosa.

Dan termasuk jangan kebanyakan konsumsi buah (apalagi yang di jus, jangan!) juga batasi madu, kalau gula putih udah pasti dihindari! 

Ayo silahkan dibaca jurnal2 ilmiahnya: 

http://www.agd.org/publications/articles/?ArtID=9892

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19405829

http://www.zora.uzh.ch/25306/2/Baumgartner_Impact_of_stone_age_J_Periodontol_09_V.pdf

Jadi diet ala manusia purba terbukti secara ilmiah meningkatkan kesehatan mulut, gigi dan gusi. 

Dan secara biokimia, kita juga butuh kalsium dan vitamin K2 di keju dan daging/ikan untuk menyalurkan kalsiumnya ke gigi bukan ke arteri juga vitamin D3 dari hormon yang diaktivasi oleh sinar matahari, dengan kombinasi vitamin A yang ada di daging dan hati ala PD. 

Ada studi lain yang mempelajari kesehatan gigi dari fosil manusia purba: 

http://www.nature.com/ng/journal/v45/n4/abs/ng.2536.html 

Oke sekian dulu, kalau suka tulisan2 saya silahkan bantu riset2nya dengan berdonasi seikhlasnya atau minimal buy me a cup of coffee! 

Rek bca 3450150079 atau Mandiri 1550009463657 (tidak wajib silahkan berapa aja. Semua info disini tetap gratis tidak ditagih bayaran ya!)

~Salam Sehat

Iklan