Omega Tiga dan Krill-Oil

6547420257640365116

#TELEMINAR tentang Omega 3 & Krill Oil

Asam lemak omega tiga adalah salah satu lemak esensial yang harus dikonsumsi atau didapatkan dari makanan, sangat penting untuk tubuh dan pikiran.

Banyak orang kekurangan omega 3 dari makanannya: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3992162/

Omega tiga adalah lemak tak jenuh rantai ganda yang dibutuhkan untuk sehat, tubuh tidak bisa memproduksinya maka harus dikonsumsi atau didapatkan dari makanan.

Ada tiga jenis Omega 3: EPA (eicosapentaenoic asid) banyak di ikan yang berlemak, hewan laut, dan minyak ikan yang digunakan tubuh sebagai molekul penting dalam sinyal eicosanoids serta penting untuk mengurangi peradangan atau inflamasi.

Studi:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22361189

Studi:
EPA juga penting untuk melawan depresi: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21939614

Tipe selanjutnya adalah DHA (docosahexaenoic acid) juga banyak di ikan, hewan laut, daging merah, dll. Penting dalam membran sel khususnya di otak dan mata juga sangat vital bagi perkembangan saraf masa pertumbuhan maka air susu ibu tinggi DHA.

Studi:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15812120
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3046737/

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2621042/
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3483668/
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6237575/

Tipe ketiga: ALA (alpha-linolenic acid) ada di sumber nabati tapi tidak aktif mesti dikonversi jadi DHA dan EPA dulu supaya aktif.

Studi:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16828546
Hanya sekitar 5% ALA yang bisa dijadikan EPA dan 0,5% saja jadi DHA jadi mencari omega tiga dari tanaman kurang efisien.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17622276

Kebanyakan minyak omega 3 dari tanaman atau ALA jadi energi atau disimpan dalam lemak.

Manfaat Omega 3: untuk menurunkan trigliserida, mencegah kanker, membuang lemak di hati atau melawan fatty liver, menghadapi depresi dan kecemasan (anxiety), melawan sakit dan inflamasi khususnya di penyakit autoimun seperti rematik juga efektif mengurangi nyeri ketika haid, memperbaiki perilaku anak ADHA, mencegah asma, membantu perkembangan bayi atau janin, penting dalam kesehatan mata serta kecerdasan (supaya tidak mudah pikun/alzheimer dementia)

Semuanya sudah terbukti ilmiah (referensi di paling bawah):

Krill Oil dan minyak ikan banyak mengandung Omega 3 sebagai suplemen yang mencegah sakit jantung dan menurunkan trigliserida (lemak darah), menurunkan kolesterol dan LDL serta naikin HDL.

Mengurangi inflamasi dan tekanan oksidatif (300 kali lebih kuat sebagai anti oksidan daripada vitamin A & E)

Bagus juga untuk rematik, radang sendi, asam urat, nyeri pas menstruasi, depresi, osteoarthritis.

Bisa bermanfaat dalam melawan kanker dan sakit Autoimmune, penyakit Chron’s serta gangguan ginjal.

Selain itu, secara signifikan membantu dalam sindrom metabolik, menurunkan gula darah dan lemak di hati, obesitas serta masalah saraf serta otak. Penting untuk pertumbuhan janin dan bayi.

Untuk ibu hamil dan menyusui juga disarankan lebih banyak lagi, serta yang kebanyakan omega 6 (di minyak dan lemak dari kacang-kacangan)

INGAT: JIKA CUKUP MAKAN DAGING MERAH DAN IKAN MAKA TIDAK PERLU SUPLEMEN OMEGA TIGA INI.

Tapi studi-studinya menunjukkan keuntungan lebih jika konsumsi suplemen omega tiga khususnya jika kurang makan daging merah dan ikan.

Bahkan suplemen hingga 2000 mg masih aman dari Badan Makanan dan Obat-Obatan Amerika:

http://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/2004/ucm108351.htm

Makanan yang tinggi omega tiga khususnya EPA dan DHA adalah ikan salmon, sarden, makarel, kerang, caviar, minyak hati ikan kod, ikan teri, juga daging merah, telur.

Kelebihan omega tiga akan menjadi kalori biasa seperti lemak lainnya.

Rasio omega tiga harus imbang dengan asam lemak esensial lainnya: omega 6, jika kebanyakan omega 6 jadi rawan inflamasi.

Studi:
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0753332206002435

Untuk kesehatan mata, omega tiga ini sangat penting.

Studi:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20478353

Untuk kecerdasan bayi dan perkembangan otak anak.

Studi:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2621042/

Untuk melawan kanker, seperti tumor payudara, untuk depresi, ADHD, dan beragam penyakit bersifat inflamasi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23814120 dan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20439549 dan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21961774 danhttps://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24505395

Kalau kurang suka ikan dan daging merah , pertimbangkan suplemen.

Tapi hati-hati, banyak minyak ikan rawan teroksidasi ketika di ekstraksi.

Waspada juga omega 3 dari tanaman (ALA) itu bisa beresiko kanker prostat: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15051847

Mending omega tiga dari hewani (EPA & DHA) malah melindungi dari kanker: http://ajcn.nutrition.org/content/80/1/204.full

EPA juga penting untuk melawan depresi serta masalah pada wanita menopause: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19034052

DHA vital untuk mata dan kulit, hingga memperbaiki kesehatan mata serta penting untuk perkembangan otak: http://link.springer.com/article/10.1007/BF02859265 dan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24150114 dan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9196357

Kalau kurang DHA bisa bikin pikun: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25592004

DHA baik untuk melawan sakit artritis, darah tinggi atau hipertensi, dan diabetes hingga kanker : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10479465

DHA juga bisa menurunkan LDL serta trigliserida: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10799369

DHA sangat membantu dalam melawan kanker dan peradangan: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2648819/ dan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15930520

DHA banyak di ikan dan seafood, daging merah serta susu.

Selain EPA dan DHA serta ALA, ada juga jenis omega tiga yang lain seperti: Hexadecatrienoic acid (HTA). Stearidonic acid (SDA). Eicosatrienoic acid (ETE). Eicosatetraenoic acid (ETA). Heneicosapentaenoic acid (HPA). Docosapentaenoic acid (DPA). Tetracosapentaenoic acid. Tetracosahexaenoic acid. Namun tidak terlalu esensial.

Omega tiga yang terpenting adalah EPA dan DHA

Utamanya makan ikan, selain dapet omega tiga dari lemaknya juga ada vitamin dan mineral serta nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan.

Kalau kurang makan ikan bisa pakai suplemen minyak ikan tapi banyak yang mudah teroksidasi, kecuali krill oil atau minyak dari udang kecil yang mengandung anti oksidan kuat anti oksidasi: astaxanthin

Studi:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24679797

Jika beli minyak ikan, pastikan dicoba pelapis gelatinnya takutnya sudah tengik isi minyaknya karena kapsulnya bisa menutupi aroma minyak yang sudah tengik atau rancid.

Maka: krill oil bisa lebih baik dari minyak ikan biasa.

Studi:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4559234/

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21854650

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3024511/

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3…

Menurut studi: krill oil bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri, kaku dan masalah di otot serta sendi juga membantu rematik dan osteoarthritis dalam satu minggu! http://www.jacn.org/cgi/content/abstract/26/1/39

Tingkat inflamasi menurun drastis dan bisa diuji dengan tes CRP (C-reactive protein) yang merupakan tes untuk indikasi sakit jantung (kardiovaskular), myocardial infarction, stroke dan masalah arteri yang bisa berujung kematian (mendadak juga bisa)

Omega tiga (EPA, DHA) dan anti oksidan kuat dalam krill-oil ini mengurangi inflamasi sangat signifikan, sehingga mencegah sakit jantung.

dokter Eades: saking amannya, mending orang dikasih krill-oul sekali sehari daripada diberikan statin atau obat penurun kolesterol.

Krill Oil selain mengandung omega tiga (EPA & DHA) juga membantu kolin untuk mengurangi stres, berisikan vitamin A, D, E, dan beberapa anti oksidan yang 48 kali lipat lebih kuat daripada minyak ikan.

Untuk melawan sinar ultra violet yang berlebihan sehingga merusak kulit juga bisa dengan krill oil ini, jadi cocok untuk yang suka berjemur lama.

Kepada kolesterol: meningkatkan HDL tapi menurunkan trigliserida dan LDL (pada beberapa orang)

Minyak dari krill juga menurunkan gula darah.

Menurunkan peradangan, melawan nyeri dan sakit ketika menstruasi, serta pada rematik melebihi uji melawan obat plasebo tapi minyak ikan juga bisa.

Namun krill-oil tidak menimbulkan sendawa amis seperti pada konsumsi minyak ikan karena diserap cepat dan memang lebih mahal tapi dengan isi anti oksidan yang lebih kuat menjadi lebih tahan oksidasi daripada minyak ikan biasa.

Walau efeknya tidak secepat obat warung untuk pereda nyeri dan pusing, krill oil diminum beberapa biji bisa meredam nyeri dan menyembuhkan pusing seperti obat sakit kepala dari bahan kimia biasa, walau tidak instan.

Suplemen ini penting bagi yang kurang makan ikan, apalagi ikan-ikan banyak yang tercemar logam berat berbahaya: merkuri..

Kalau udang krill sangat kecil dan berada di bawah rantai makanan sehingga tidak ada merkuri numpuk juga diambil di lautan dalam.

Omega 3 di krill-oil tidak dalam bentuk trigliserida seperti di minyak ikan tapi phospolipids sehingga EPA dan DHA nya mudah diserap tidak terbuang di usus seperti minyak ikan, dengan dosis lebih kecil tapi lebih cepat diserap khususnya efisien dalam mencapai otak.

Nah, krill-oil ini 48 kali lebih efektif daripada minyak ikan jadi tidak perlu dosis besar malah 63% lebih rendah.

Minyak ikan juga rentan teroksidasi jadi membentuk radikal bebas, sedangkan krill-oil mengandung astaxanthin, anti oksidan terkuat sehingga krill-oil tahan tengik sedangkan minyak ikan kebanyakan sudah teroksidasi ketika akan dikonsumsi.

Anti oksidan di dalam krill-oil juga 300 kali lipat lebih kuat dari vitamin A dan E, 47 kali lipat dari lutein, dan 34 kali lipat lebih kuat sering CoQ10

Krill oil membantu metabolisme glukosa juga, minyak ikan tidak. Serta meningkatkan metabolisme lemak juga respirasi selular di mitokondria.

Bagi yang kurang makan ikan atau jarang tidak ada salahnya mengkonsumsi minyak ikan, atau lebih baik lagi: krill oil, cukup sekali sehari maka segala nyeri serta inflamasi akan berkurang, resiko sakit jantung juga menurun tapi kecerdasan dan kebahagiaan meningkat!

Ingat: untuk nyeri (sendi), depresi, hipertensi, obesitas atau kelebihan berat badan biasa, kolesterol dan asam urat tinggi, fatty liver hingga kanker bisa menggunakan suplemen krill oil yang diserap 10 kali lipat lebih cepat dari minyak ikan biasa dan antioksidan 48 kali lebih kuat, serta tidak mudah teroksidasi seperti minyak ikan biasa dengan kandungan Omega 3 yang lebih berkualitas untuk kesehatan badan dan pikiran!

Silahkan pesan sama-sama saya supaya dapet diskon dari kalbe farma (harga asli di toko/apotek: 240 ribuan sebotol isi 30) tapi bebas aja mau beli sendiri atau tak perlu karena sudah cukup makan ikan dan daging merah.

Kalau mau WA saya 087878105050; jumlahnya yang mau dipesan, nama dan alamat serta nomer hp, plus bukti transfer ke rek bca 3450150079 rp 200 ribuan belum ongkos kirim yaa! *serta donasi seikhlasnya tapi tidak wajib.

**suplemen juga bukan amunisi yang mesti harus dipakai ketika menjalankan protokol PD.

Sekian dan terima kasih!

REFERENSI JURNAL ILMIAH MANFAAT OMEGA TIGA:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22113870http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10977042http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21297494http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17493949http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23377001http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9811313http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15570047/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4418048/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4418048/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22023985http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20415840http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21939614http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19499625http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16269019http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21784145https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24505395http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12480795http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3770499/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21961774http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23360949http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3827145/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3522136/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12509593/http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17556695http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9196357http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16216930http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19262590http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25592004

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21042875http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3268598/?tool=pubmedhttp://www.hindawi.com/journals/bmri/2015/645984/http://mitochondrialdiseasenews.com/2015/08/31/researchers-discover-novel-insights-into-the-link-between-krill-oil-mitochondrial-dysfunction-and-fatty-liver-disease/http://www.greenmedinfo.com/substance/krillhttp://www.foxnews.com/health/2015/06/30/health-benefits-krill-oil-5-ways-supplement-trumps-regular-fish-oil.htmlhttp://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1439-0396.2011.01135.x/abstracthttp://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1439-0396.2011.01135.x/abstracthttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed?term=%22The+American+journal+of+cardiology%22%5BJour%5D+AND+1112%5Bpage%5D+AND+1997%5Bpdat%5D&cmd=detailssearchhttp://www.greenmedinfo.com/article/krill-oil-reduces-symptoms-chronic-inflammation-and-arthritishttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17345959http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18755044http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12777162http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19761211http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21429045http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17353582http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20587038

 

Iklan