Asam Urat Tinggi jadi GOUT

Ikuti teleminar seperti ini di telegram.me/pantangdiet 

Tema: asam urat tinggi hingga Gout!

Asam urat tinggi ini banyak terjadi pada pria karena wanita biasanya terlindungi dari hormon estrogen yang membuat ekskresi urat dalam ginjal makanya beberapa wanita yang pasca menopausal yang banyak kena.

Dan asam urat ini kalau terus-terusan tinggi akan bisa komplikasi ke tophus, urolitiasis, insufisiensi ginjal, hipertensi, erosi sendi dan gout yang dibiarkan membuat tophus jadi tophi, urolitiasis tinggal jadi multipel, insufisiensi ginjal jadi gagal ginjal, hipertensi jadi stroke dan infrak mio-kardial dan perusakan sendi jadi deformitas sendi. 

Myocardial infarction alias serangan kardiovaskular itu jadi penyebab kematian dini lho!

Kalau ada PD rangers yang asam urat naik karena diet rendah karbohidrat, itu harusnya hanya beberapa minggu hingga beberapa bulan dan harusnya bulan ketiga udah turun karena hanya masa adaptasi.

Maka dari itu selesaikan masa adaptasi jangan bolak-balik ke karbo tinggi lagi.

Dan intinya asam urat bukan karena daging karena purinnya hanya 1-2 mg% aja yang tertinggi justru dari konsumsu fruktosa dari gula (sukrosa: glukosa dan FRUKTOSA) lalu alkohol, bisa karena infeksi jamur, sayuran hijau tinggi oksalat dan SLEEP APNEA, kurang oksigen pas tidur ngga nafas itu bikin darah asam dan memicu GOUT pas bangun tidur. 

Sehingga orang yang obesitas dan diabetes alias insulin bermasalah juga rentan hiperusisemia ini, jadi yang utama hindari karbohidrat prosesan kayak tepung dan gula. 

Jadi ngga terlalu ngaruh sama aja kayak diet rendah kolesterol ngga terlalu ngaruh sama kolesterol produksi dalam diri atau diet rendah garam ngga terlalu ngaruh ke tekanan darah.

Malah makan protein hewani tinggi meningkatkan ekskresi asam urat dari ginjal bikin menurunkan asam urat di darah dan justru purin tertinggi itu dari FRUKTOSA! 

Nah, fruktosa ini mempercepat laju penguraian ATP (energi selular) yang merupakan singkatan dari Adenosine Triphospate, dan Adenosine adalah sejenis Adenin; ADENIN = PURIN

Kalau alkohol juga bisa karena dimetabolisme serupa dengan fruktosa ini jadi berpotensi timbulkan asam urat tinggi hingga Gout! 

Dan kesulitan memetabolisme gula (fruktosa) ini juga kesannya ada faktor genetikanya makanya dianggap menurun di keluarga kalau ada yang GOUT itu biasanya karena pola makan yang sama juga. 

Selain itu berat badan berlebih dan penumpukan lemak sehingga ada jaringan yang menyumbat jalur udara pas tidur bikin sleep apnea atau berhenti bernafas sehingga darah kurang oksigen dan jadi asam meningkatkan pengkristalan asam urat.

Lalu sayuran hijau yang tinggi oksalat seperti bayam dan kangkung juga bisa bikin asam urat, selain itu kandungan fosfat juga bisa. 

Dan malah kebanyakan penyebab asam urat itu nabati bukan daging atau jeroan tapi PD makan daging bukan jeroan yaa itu hanya sampingan aja utamanya daging yang pas rasionya. 

Sehingga konsumsi fruktosa ini juga naikin tensi lho, dan yang dimaksud fruktosa atau gula buah justru banyaknya di minuman manis dan gula meja. 

MASA ADAPTASI 

Sehingga intinya yang menyebabkan asam urat tinggi itu bisa masa adaptasi aja (hanya sementara) persaingan keton yang dibuang dengan asam urat tapi lama-lama tubuh akan efisien pakai keton dan asam urat akan dibuang lancar jadi turun
kalau sampai hiperurisemia hingga meradang (GOUT) itu paling tinggi purin dari adenin, adenosine trifosfat hasil pembakaran FRUKTOSA juga alkohol dan oksalat dari sayuran hijau!

Dan kristal-kristal dari monosodium urate ini menajdi jarum yang menyakitkan juga karena pas tidur kurang oksigen bisa karena darah lebih asam akibat SLEEP APNEA

Maka sebenarnya bukan kristal yang terasa kayak jarum yang bikin sakit tapi sistem imun kita yang mendeteksi dan membuat protein disekitar kristal (ini teknis aja sih) nah obat kayak allopurinol bisa dipake untuk mengatasi dengan teknis uricosic ini
utamanya ya SLEEP APNEA ini bikin asam urat meningkat dan kadang ngga terdeteksi oleh cek darah yang dilakukan beberapa jam setelah bangun tidur
genetika dan konsumsi alkohol bisa berperan, juga makan sayuran hijau yang oksalat banyak naikin asam urat 

Tapi kebanyakan dan paling utama: FRUKTOSA, selain itu faktor usia dan menopause bagi wanita serta pria umumnya lebih banyak yang kena apalagi jika berat badan berlebih!

Nah, hiperurisemia atau asam urat yang ketinggian dan berpotensi nyeri di buku sendi itu karena SLEEP APNEA

Malah bahaya SLEEP APNEA ini bukan hanya GOUT tapi juga serangan stroke juga mini-stroke atau transient ischemic attack, sakit jantung, atrial firnillation jeart arrhythmias, depresi juga bisa gara-gara kurang nafas saat tidur ini hingga diabetes dan gangguan ginjal, semua berkoneksi

Sebuah studi di Australia membuktikan dari data medis 16ribu pasien obstructive sleep apnea pada terkena gout sebagian.

Makanya balik lagi ke masalah kelebihan berat badan, itu sindrom metabolisme dan masalah utama kembali ke soal insulin lagi insulin lagi!

Jadi turunkan konsumsi karbohidrat dan tingkatkan protein, dengan lemak secukupnya maka asam urat akan turun seiring penurunan insulin (juga trigliserida serta kolesterol)

Kalau kekurangan vitamin tertentu dan kelamaan berpuasa juga bisa naikin asam urat, juga olahraga yang berlebihan hingga dehidrasi, cukup minum tapi jangan minum alkohol itu malah naikin asam urat, 

Juga bisa sesekali minum air alkali atau air dengan sedikit baking soda
tapi juga hindari stres dan inflamasi tinggi khususnya yang disebabkan dari diet tinggi karbo/gula (fruktosa)

Maka sekali lagi FRUKTOSA ini memproduksi asam urat banyak melebihi makan daging/jeroan dan metabolisme fruktosa, alkohol, serta sayuran ber-oksalat menghambat pembuangan asam urat di urin!

FRUKTOSA bersama karbohidrat olahan tinggi glikemix indeks juga menyebabkan resistensi insulin yang pada akhirnya menyebabkan GOUT
juga hindari ALKOHOL: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15094272

Gula yang banyak mengandung fruktosa tinggi.

Kalau fruktosa ini di buah sedikit (kalau makan sesuai batas PD level 1) tapi FRUKTOSA banyak di gula-gula khususnya minuman manis.. http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/7219473.stm

Tahu ngga, malah makan daging meningkatkan pembuangan asam urat (bagus jadi asam urat turun) 

Dan ini jurnal2 ilmiah kenapa asam urat malah turun kalau banyak makan daging: 
[Makan daging memicu pengeluaran asma urat lewat urin]Oda M, Satta Y, Takenaka O, Takahata N. Loss of urate oxidase activity in hominoids and its evolutionary implications. Mol Biol Evol. 2002 May; 19(5): 640-53.
[Menekan enzim yang naikin asam urat]Xu P, LaVallee P, Hoidal JR. Repressed expression of the human xanthine oxidoreductase gene. E-box and TATA-like elements restrict ground state transcriptional activity. J Biol Chem. 2000 Feb 25;275(8):5918-26.
[Diet rendah karbohidrat dan protein tinggi menurunkan asam urat]Dessein PH, Shipton EA, Stanwix AE, Joffe BI, Ramokgadi J. Beneficial effects of weight loss associated with moderate calorie/carbohydrate restriction, and increased proportional intake of protein and unsaturated fat on serum urate and lipoprotein levels in gout: a pilot study. Ann Rheum Dis. 2000 Jul;59(7):539-43.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/573189?dopt=Abstract&holding=f1000,f1000m,isrctn

Dan makan yang mengandung purin kayak daging aman kok.. http://www.jbc.org/content/23/1/147.full.pdf
baca sendiri yaa, biasanya karena ada cedera di jaringan http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17409313

Catat: obat2an tertentu juga bisa http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2070427

Dan beberapa jenis jamur/yeast infection!

referensi: Kramer hm, curhan g, the association between gotu and nephrolithiasis: the national health and nutrition examination survey III. 1988-1994. Am J Kidney Dis 2002;40:37-42

Arromdee E, Michet CJ, Crowson CS, O’Fallon WM, Gabriel SE. Epidemiology of gout: is the incidence rising? J Rheumatol. 2002 Nov;29(11):2403-6. 

Interview with choi, sept 16, 2004

Lawrence RC, Helmick CG, Arnett FC, Deyo RA, Felson DT, Giannini EH, Heyse SP, Hirsch R, Hochberg MC, Hunder GG, Liang MH, Pillemer SR, Steen VD, Wolfe F. Estimates of the prevalence of arthritis and selected musculoskeletal disorders in the United States. 

Arthritis Rheum. 1998 May;41(5):778-99.

gout, the patrician disease, p. 3
hydrick and fox, p. 748-749. 

Duncan’s diseases of metabolism, p. 632. 

Hydrick cr and fox ih, nutrition and gout, in present knowledge in nutrition, fifth edition, the nutrition foundation, Washington dc, 1984, p. 743

duncans diseases of metabolism, p. 638

Traut ef, rheumatic diseases, diagnosis and treatment, the C.V. Mosby Company, St. Louis, 1952 p. 303.

benedek, in Cambridge history of diseases

Trowel hc, a case of gout in a ruanda African, the east African medical journal, oct. 1947, p. 346-348

Beighton p et al, 1977, rheumatic disorders in th south African negro, part IV. Gout and hyperuricemia. South Af Med J. 51(26):969-72

Gout in the Maoris, B.S. Rose, Seminars in Arthritis and Rheumatism. Vol. 5, no. 2, (November) 1975, pg. 121-145.

duncan’s diseases of metabolism, 1947, p. 631

gertler mm, et al, erum uric acid in relation to age and physique in health andin coronary ehart disease, Ann Intern Med. 1951 Jun;34(6):1421-31. Reiser S, Uric Acid and Lactic Acid, in REISER S AND HALLFRISCH J, METABOLIC EFFECTS OF FRUCTOSE, crc press, boca raton fl, 1987 p. 113-134  
duncan’s diseases of metabolism, p. 631

reaven gm, The Kidney: An Unwilling Accomplice in Syndrome X, Am J Kid Dis, Vol. 30, n0 6, December, 1997: pp. 928-931.

Facchini F et al, Relationship Between Resistance to Insulin-Mediated Glucose Uptake, Urinary Uric Acid Clearance, and Plasma Uric Acid Concentration, JAMA, December 4, 1991, vol. 266, no. 21, 3008-3011

Wyngaarden and Kelley p. ix

mintz 

Sydney Mintz, Sweetness and Power, The Place of Sugar in Modern History, penguin books, ny 1985 p. 96. 

mintz p. 64, 66

perheentupa j raivio k, fructose-induced hyperuricaemia, lancet, September 9, 1967, p.528531

emmerson bt, getting rid of gout

mayes pa, metabolism of fructose, ajcn, 1993

hydrick c fox i, nutrition and gout, in modern reviews of nutrition 

Seegmiller JE, Dixon RM, Kemp GJ, Angus PW, McAlindon TE, Dieppe P, Rajagopalan B, Radda GK. Fructose-induced aberration of metabolism in familial gout identified by 31P magnetic resonance spectroscopy. 

Proc Natl Acad Sci U S A. 1990 Nov;87(21):8326-30

peerheentupa ibid

hydrick and fox, p. 748-749. 

Mayes pa, metabolism of fructose, ajcn 1993

Kelley interview

seegmiller interview

See for instance, fam ag, gout, diet and the insulin resistance syndrome, j. rheum. 2002;29, 1350-55

Emmerson BT. The management of gout. 

N Engl J Med. 1996 Feb 15;334(7):445-51

get citation from Richard Johnson articles on uric acid and hypertension.

Johnson interview, june 3, 2004

Donasi Pantang Diet; rek bca 3450150079 

Iklan