Filosofi Pantang Diet Way

Filosofi Pantang Diet

Oleh : Reza Wahyu Ismail 
#teleminaRABU kali ini saya mau bahas Filosofi Pantang Diet (dari telegram.me/pantangdiet Join grup Telegram kita ya!)

Karena banyak anggota baru dan kayaknya masih malas membaca ebooknya PD yang 300 halaman itu (akan saya perbaharui lagi)

Maka saya akan teleminar kan apa itu filosofi Pantang Diet

Pada teleminar kali ini saya akan berikan filosofi Pantang Diet, 

Jadi banyak pertanyaan atau kebingungan bisa terjawab dengan jelas khususnya untuk yang baru-baru atau yang member yang lama tapi bingung dan bertanya-tanya pada beberapa rekomendasi yang kayaknya kontradiksi.

Karena ini terkait filosofi jadi tidak akan memberikan jurnal2 ilmiah seperti teleminar yang biasa, melainkan benar-benar apa dan bagaimana PD WAY itu..

Lebih ke arah filosofi atau Way of Life, Panduan secara umum PD.

Pertama-tama kita tetap utamakan Pantang Diet itu merupakan hasil dari implementasi studi2 ilmiah, 

Kita Update selalu untuk ilmu pengetahuan dengan mengikuti perkembangan jurnal2 terkini, ngga ketinggalan jaman seperti dogma2 Low Fat atau kaum VEGAN dll.

Bicara dogma, selalu ingat bahwa pola makan dan hidup ala PD WAY bukanlah agama, jadi tidak ada yang boleh fanatik, radikal atau kultus individu.

PD WAY adalah ilmu pengetahuan bukan agama kepercayaan yang harus diyakini benar 100%

Ingat, ilmu pengetahuan selalu berkembang dan berubah kalau yang sebelumnya bisa salah kayak soal paham geosentris dan heliosentris, fisika dinamika Newton menjadi tidak relevan dalam fisika kuantum Einstein tapi tetap berguna. 

Kita pakai ilmu yang bermanfaat tapi kita tidak beriman buta. PD bukan agama sekali lagi jangan ada yang fanatik atau merasa inilah satu PROTOKOL aja itu satu metode paling sempurna, ngga ada! Metabolisme itu rumit

Walaupun, manusia pada dasarnya sama, omnivora yang optimalnya karnivora..
Tapi bisa aja ada yg terpaksa herbivora misalnya, karena gigitan dari kutu lone star bisa bikin alergi daging.

Semua individu itu unik dan punya genetika masing-masing. Ada yg memiliki kondisi medis tertentu, ada yang memiliki tujuan serta kebutuhan yang beragam.

Ada yang GERD, ada yang obesitas, ada yang kekurusan ada yang Hypothyroid, ada yang hyperinsulinemia, ada yang pra-diabetes, ada yang radang sendi ada yang ingin awet muda ada yang ingin produktif dan subur, dll.

Filosofi Pantang Diet adalah menolak diet yang ketat atau terlalu restriktif bikin stres tapi juga bukan anarkis tanpa aturan, tetap ada filosofi yang mendasari PD WAY
PD WAY yang pertama dan paling penting justru bukanlah soal pola makan harus rendah karbohidrat, melainkan rendah stres.

Memang kita tidak bisa menghindari stres, malah kemaren ada yang tanya soal hormesis: bahwa kadar stres tertentu bisa menguntungkan dengan bikin kita lebih kuat.

Mengutip filsafat Nietzche; apa yang tidak membunuhku akan bikin aku lebih kuat.
Olahraga itu bikin tekanan, stres yang positif; eustres. Tapi berlebihan tidak baik juga.

Sama juga dengan puasa, diet Keto dan diet lainnya, bahkan polusi udara serta sinyal2 elektronik juga sinar lampu juga tv/hp/monitor bisa bawa stres. 

Kalau berlebihan tidak baik, juga interaksi sosial, hubungan dengan keluarga, orang tercinta dll. Harus dijaga tetap harmonis.

Lanjut.. Intinya, stres itu perlu dikelola dan yang utama adalah stres yang rendah ngga usah pikirin hormesis yang otomatis malah hati2 kalau berlebihan tidak baik (olahraga dan puasa misalnya)

Jadi, no 1 PD WAY adalah LOW STRES.
Alias kalau bisa Happy (baca soal vitamin H)

Kita bisa ngga bahagia karena kurang makan daging, ada asam amino tryptophan sebagai precursor serotonin hormon yg bikin hepi.. Baca teleminar vitamin H di https://pantangdiet.com/2017/04/23/vitamin-penting-vitamin-h/

Jadi kalau ada yang tanya2, boleh makan xxx ngga? (Misalnya aja boleh makan kue) emang PD itu utamanya makan daging, tapi kalau berpantang ngga makan kue dalam waktu sangat lama bikin stres, ya udah EAT THAT GOD DAMNED CAKE!

Lalu abis puas makan kue ya udah santai aja dan hanya sesekali yaa, anggap itu selingan dari perjalanan panjang PD WAY

Karena yang utama adalah Hepi, maka harus banget tidur cukup apalagi kalau mau bakar lemak banyak. 

Paling banyak lemak terbakar saat kita tidur dan berpuasa tidak makan ketika sebelum dan pas tidur juga sebelum sarapan. 

Itulah masa2 pembakaran lemak. Jadi tidur kalau bisa semalam 8 jam atau lebih 10 jam lebih oke, bisa tidur total 12 jam MANTAB!

PD WAY itu banyak tidur, banyak jalan2 dan banyak makan, enak kan?

Semakin banyak melangkah alias jalan kaki dan berdiri (kalau kurang coba sesekali satu kaki) serta semakin banyak terpapar sinar matahari akan semakin nyenyak dan enak tidurnya, maka hindari kafein (kopi dan teh) kalau bisa tidur siang atau relax sore2 bagus..

Yang Islam rajin2 istirahat di sela jam kerja untuk sholat dan santai itu bikin rileks

Ingat; sebab sakit jantung yg utama stres dan orang yang beresiko rendah sakit jantung adalah yg beriman.

Silahkan berpegang pada keyakinan agama yg diyakini, aliran apapun asal percaya dengan Tuhan atau kekuatan yg lebih besar, bikin kita positive dalam kesusahan dan bisa terus berjalan dalam keikhlasan atau kepasrahan tapi tetap maju berusaha ikhtiar ketika ada masalah itulah sumber kekuatan utama melawan stres: 

Jadi kayak Pancasila aja sila pertama PD WAY; Percaya Pada Tuhan Yang Maha Esa, yang Atheist atau agnostic pun perlu punya keyakinan pada hal yg lebih besar misalnya hukum karma atau kekuatan alam semesta apapun itu, milikilah pegangan hidup, filsafat yang bisa bikin kuat dan positif dalam hidup.

Asal bisa bikin kita PD alias lebih mencintai diri sendiri ngga mengeluh sama keadaan tapi bersyukur dan terus berbahagia.

Tapi bagi yang bingung dengan PD WAY ini gimana pola makannya ya udah kita lanjut aja, setelah poin pertama soal stres ini.. 

Lanjut ke pola makannya yaa, panduan umum;

Pada grafik: manusia itu sepanjang sejarah jutaan tahun 99,5 persen makan karbohidrat rendah jadi PD itu dari awal udah jelas mengikuti idealisme diet rendah karbohidrat.

Tapi tidak semua karbo itu haram.

Sekali lagi ini bukan agama.

Makanya ada produk yang saya jual karbo-bloker (bukan monopoli bisa beli di toko saya jual lebih murah) tapi tidak wajib pakai asal makan karbonya masih sensible alias sedikit aja secukupnya dan yg (agak) sehat seperti sayur dan buah.

Tapi utamanya makan dalam bentuk alaminya bukan prosesan udah ada gula tambahan. 

Bahkan sayuran dan buah yang di jus aja udah masuk ke prosesan belebihan. Jus itu merusak serat dan meningkatkan kadar gula serta fruktosa-nya jadi berlebihan.

Yang merusak adalah glukosa dan fruktosa belebihan. Bikin hyperinsulinemia dan resistensi insulin juga ganggu metabolisme.

Makanya di PD level 0,5 yang paling rendah adalah berpantang tepung dan gula alias makanan olahan pabrik.

Tapi ingat, utamanya PD itu ngga mikirin karbohidrat tapi yang terpenting adalah protein, protein itu penting banget.

Mau membantah silahkan karena diluar sana beberapa diet rendah karbohidrat malah membatasi protein juga dan terlalu memuja lemak. Padahal lemak juga ngga sehat kalau berlebihan itu udah jelas secara medis.

Yang belum jelas adalah mereka banyak tidak tahu soal PUFA alias lemak tak jenuh rantai ganda yang tidak sehat di margarin dan minyak nabati trans fat dari biji2an itu banyak juga di kacang2an,

Bahkan kacang almon yang katanya sehat bisa mengandung ribuan asam lemak linoleat Omega 6 yang rasionya timpang, Omega tiga jadi rendah. Kita butuh Omega 3 tinggi.

Bahkan ayam pun apalagi yang banyak makan biji2an bisa agak tinggi Omega 6 dan kurang Omega tiga maka yang paling baik: Daging merah (sapi, kambing) dan ikan yg tinggi Omega tiga.

Sangat penting Omega 3 ini untuk melawan inflamasi, untuk saraf dan otak serta banyak lagi dan sangat esensial bisa mati kalau defisiensi.

Baca pantangdiet.com/omega-tiga-dan-krill-oil (kebetulan saya juga jual krill-oil lebih murah dari apotek)

Tapi lemak jenuh dari nabati yang katanya sehat kayak minyak kelapa gimana? Alpukat? 

Ya boleh aja sesekali tapi kalau udah belebihan itu tidak sehat juga. 

Ingat semua yg nabati mengandung anti nutrisi sebagai zat kimia bela diri tanaman, anti serangga, racun, kayak salisilat walau bisa jadi obat tapi baiknya jangan dimakan banyak2 kecuali untuk obat udah difiter dan dosis yg pas, tapi sebagai makanan? 

Tidak ada tumbuhan yang optimal hanya ada yang bisa ditoleransi tubuh kita aja..
Sekali lagi, makanan optimal adalah protein yaitu protein hewani. 

Inilah prinsip PD yang paling utama.

Diet mesti rendah karbohidrat khususnya yang prosesan kayak tepung dan gula, kurangi lemak dan minyak-minyak, utamakan kecukupan protein hewani juga lemak esensial Omega tiga.

Jadi, merangkum kembali : pertama itu yang penting stres rendah alias harus hepi bebas depresi dengan berjemur kena sinar matahari langsung setelah semalaman tidur nyenyak minimal 8 jam atau lebih, berjalan kaki di atas 10 ribu kali (yang mau langsing > 20,000 langkah) dan beriman atau mencintai diri sendiri tapi tetap yakin dengan kekuatan yg lebih besar, dengan pola makan utamakan protein hewani, rendah karbohidrat serta kurangi lemak2 kecuali yg hewani yang alami lemak ada di daging, ikan, telur itu ngga apa2.

Kembali ke filosofi PD, kita hindari kafein di kopi dan teh yang berlebihan tapi sesekali mau minum yang tawar? It’s OK!

Saya suka teh tapi ngga gelontor atau berkali-kali cukup sekali aja sehari dan yang tawar.

Begitu juga dengan makanan.
Kita ngga mesti harus Strict terus..
Setelah coba PD level standar atau merah putih sebulan aja berdisiplin, itu akan jadi fat-adapted jadi setelah itu mau makan bebas silahkan aja asal hanya sekali dalam dua minggu atau seminggu sekali alias diet-breaks, kalau mau makan karbo silahkan pakai PD Cycling bisa hingga tiga hari makan karbo rendah lemak rendah kalori kayak kentang rebus tapi ingat: jangan campur lemak dan karbo/gula secara berlebihan itu yang bikin hormon insulin dan leptin kacau.

Selanjutnya, filosofi PD selain makan yang alami dan hindari prosesan minimal kayak keju atau susu bisa tapi kalau laktosa intoleran ya hindari atau yang sensitif dengan hormon pertumbuhan, produk2 susu ada hormon pertumbuhan bisa bikin gemuk.

Ingat; PD WAY bukan agama jadi ngga ada dogma2 semua kembali ke diri sendiri.

Tanyakan; apakah PD WAY saya bikin tambah sehat? Tambah fit?

Itu kita sendiri yang merasakan.

Percuma ikut diet sehat rendah karbohidrat misalnya aja Ketogenic atau kebalikannya; Vegan tapi kalau merasa tidak sehat, malah penyakit tapi disebut krisis penyembuhan (healing crisis) lah, rambut rontok, badan ngga enak, tangan dan kaki dingin, metabolisme drop atau malah insomnia, jantung berdebar berlebihan, berhenti haid atau libido turun, pusing atau lemas padahal udah lama berdiet udah lewat masa adaptasi (awal2 bisa gejala adaptasi) tapi kalau udah beberapa minggu ber diet ada yang salah ya ganti strategi belajar lagi dan perbaiki diri!

Ada yg awal2 diet rendah karbohidrat berasa sehat, sama aja dengan Vegetarian baru ikutan merasa penyakitnya hilang. 
Itu semua masa bulan madu diet, turun berat badan itu otomatis bikin sehat dan enak.

Tapi jika setelahnya merasa ngga enak, tiroid terganggu, adrenalin fatique, kekurusan sampai atropi, defisiensi zat gizi tertentu, kurang vitamin atau malnutrisi.. 

Ya udah, coba naikin kalori dulu, makan daging lebih banyak plus hati itu superfood dengan vitamin dan mineral yang tinggi.

PD Cycling makan karbo aja atau bahkan diet-breaks silahkan makan bebas yang disuka.. Dan cek kembali apa enakan, berasa sehat?

Karena kembali, yang utama adalah kesehatan dan yang pertama adalah kebahagiaan, HEALTHY & HAPPY: turunkan stres..

Kalau kepengen banget eskrim, ya udah silahkan makan eskrim itu asal ngga stres, jangan abis itu merasa bersalah dan menghukum diri itu yg ngga bener..

Karena pada beberapa orang; setelah diet sangat rendah karbo ada yg merasa drop metabolismenya, kolesterol naik tinggi, tiroid kena, defisiensi kalium atau potassium (baca teleminaRingkas tadi soal kalium) dll.

Beberapa kondisi yang bisa diperbaiki dengan makan lebih banyak khususnya sih protein hewani tapi bahkan makan karbohidrat tambahan boleh aja tapi tetap tidak berlebihan, dibatasi.

Coba yang lebih alami kayak buah atau sayur, sedikit umbi-umbian juga bisa, asal tetap batasi kalau bisa: Pantang grains atau benih, biji2an dan kacang2an, junk-food dll.

Penuhi kebutuhan gizi dari makanan yang komplit nutrisinya yaitu daging hewani.

Kita butuh asam amino esensial setiap hari alias protein kalau tidak akan kanibalisasi ke otot dan organ kita itu yang bahaya.

Makan yg banyak (daging) sepuasnya dan sekenyangnya ngga perlu hitung2 kalori asal merah putih tapi kalau udah kemasukan karbo dan lemak perlu diperhatikan.

Misal karbohidrat kalau bisa sehari di bawah 50-100 gram total termasuk berat serat (jangan hitung net-carb)

Lalu lemak hitung kalori satu gram sama dengan 9 kcal jadi coba pakai aplikasi My fitness pal hitung asupan seharian jangan sampai berlebihan makan.

Kalau protein itu minimal 2-2,5 gram per kg-nya berat badan ideal kalau perlu lebih banyak ngga apa2, dalam 100 gram daging itu ada 25-30 gram protein, telur sebutir ada 5-6 gram protein, jadi hitung aja total butuh makan berapa, kalau bingung makan aja protein hewani yang banyak sampai kenyang.  

Kita ngga akan bisa Over Eat protein itu ada studinya. Kalau ngga percaya coba aja makan dada ayam tanpa kulit tanpa lemak alias direbus kuat berapa banyak?

Coba penuhi itu dulu, kebutuhan protein harian bisa setengah kg sendiri untuk daging yg mesti dimakan kalau itu tandanya cukup kenyang bagi yang malas ngitung.

Tanda lainnya kalau udah cukup makan makanan bergizi dan berprotein kita tidak lapar alias kenyang dalam waktu lama.

Harus bisa lebih dari 6 jam tidak makan lagi setelah makan alias tidak ngemil bisa berpuasa minimal 5-6 jam sebelum makan lagi karena saking kenyangnya.

Kita lapar itu akibat kurang nutrisi.

Orang kelebihan berat badan itu karena kebanyakan makan, tubuhnya ingin memenuhi kebutuhan nutrisi tapi makanan yg dimakan sedikit gizinya atau minim nutrisi tapi kalori maks (kayak junk-food, tepung, gula, roti, mie, nasi, dll) itu tinggi kalori tapi nutrisi kurang akibatnya tubuh kelaparan.

Kalau cukup makan makanan padat nutrisi yang alami bukan olahan pabrik maka kita akan tidak lapar2 dan makan tidak berlebihan.

Makanan prosesan itu mengacaukan hormon2, mengandung zat2 kimia, perasa bahkan sekedar di jus atau ditambahkan garam, msg aja bisa bikin makan berlebihan. Itulah makanan olahan yang bikin makan enak berlebihan. Maka baiknya makanan alami dengan tambahan minimal aja

Kalau bumbu boleh tapi tidak berlebihan, minum pun begitu.

Jadi yg terbaik adalah minum air putih, kita ngga bisa banyak2 minum air putih dibandingkan minum air manis kemasan.

Liat orang2 pada minum minuman bergula tambahan, kayak minuman manis bersoda atau jus itu mengandung sodium tinggi malah bikin haus tapi sedikit kalium atau potassium yang sangat dibutuhkan.

Potassium itu ada di daging dan Seafood, sayuran dan buah alpukat ada juga tapi hati2 kebanyakan serat, salisilat dan oksalat pada nabati.

Selain oksalat pada tanaman bikin asam urat dan batu ginjal awas ada goitrogen yg ganggu keseimbangan yodium jadi ganggu kelenjar gondok atau tiroid, maka minimalisir makanan dan minuman dari tumbuhan. 

Yang dari nabati itu semuanya banyak anti nutrisi zat2 kimia yg bisa mengganggu bahkan merugikan kesehatan, kayak asam urat itu.

Ingat: semakin banyak makan daging hewani semakin lancar kelebihan asam urat dibuang di urin. Udah teruji secara studi klinis dan udah terbukti pada member2 PD yang normal asam uratnya dari yang tadinya tinggi. 

Asam urat ngga masalah kalau makan daging yg banyak, bahkan mayoritas masalah kesehatan itu karena kurang makan daging.. Baca: https://pantangdiet.com/2017/04/18/asam-urat-tinggi-jadi-gout/

Minum pun jangan berlebihan tandanya pipis jadi sering dan bening itu dilute your intracellular liquid menguras mineral dan elektrolit di dalam tubuh, bikin metabolisme turun dan badan dingin serta lemas yang jelas sangat menggangu kalau sebentar sebentar mesti pipis.

Minum juga jangan kurang, jangan sampai dehidrasi tapi kita bisa dapet banyak air dari makanan yg alami: Daging dan ikan berkuah atau yg direbus, sayuran, buah alami, juga dari sop iga yang yummy!

Wah ini teleminar udah ngaco kemana-mana ngga fokus saya, Hahaha 😂 😁

Maaf udah ngantuk, intinya begitulah filosofi PD WAY:

Banyak makan (asal daging), banyak tidur, banyak berjemur, banyak jalan kaki, yang lain kayak olahraga atau puasa? 

Boleh aja asal hepi ngga berlebihan. 
Puasa yang aman ikuti metode puasa psmf/protein sparing modified fast di protokol PDCC, dengan tetap penuhi kebutuhan nutrisi yang vital seperti protein dan lemak esensial, untuk yang STUCK atau ingin JUMP-START bisa pesan buklet terbaru PD Cara Cepat Turun Berat Lemak Badan Tapi Sehat, cocok untuk diterapkan pas bulan puasa juga.
(https://pantangdiet.com/2017/05/08/buklet/)

Tapi utamanya makan hindari karbohidrat prosesan kayak tepung dan gula, minimalisir karbo tapi kurangi lemak dan minyak2 serta penuhi kebutuhan protein tapi yg hewani pantang nabati kecuali sebagai bumbu. 

Sesekali diet-breaks atau pd Cycling kalau udah fat-adapted atau lihat kebutuhan dan kondisi badan. 

Sesuaikan pola makan dengan keadaan serta kesehatan dengan terapi nutrisi tinggi dari makanan alami bergizi minimal prosesan juga yang terpenting: cintai diri, baru bisa menyayangi sesama, keluarga, pasangan juga beriman pada Tuhan.

Makanan boleh divariasikan: supaya cukup gizi dari beragam jenis makanan yg bernutrisi tinggi kayak daging, sapi, ayam, kambing, ikan dan Seafood lainnya. 

Dan sesekali ke level 1 yang bisa makan sayuran dan buah-buahan sendiri untuk kalium seperti sayuran hijau dan buah alpukat boleh tapi batasi, utamakan makan; daging!
SEKIAN #TELEMINARABU KALI INI
TERIMA KASIH dan SALAM SEHAT!

*join grup fb pantang diet serta baca ebooknya (pantangdiet.com/ebook-pantang-diet) beda dengan buklet PDCC

Iklan