Ketogenic Diet Craze 

#teleminaRABU : Hati-hati dengan Ajaran Diet Keto yang Memanfaatkan Ketidaktahuan Orang Awam

Oleh: Reza Wahyu Ismail

Sebelumnya saya sudah jelaskan apa itu Diet Ketogenik di: 

https://pantangdiet.com/2017/05/04/diet-ketogenic-sejarah-dan-perkembangan-ketogenik-serta-masa-depan-keto-bagian-1/

Diet ketogenik itu dasarnya adalah mengusahakan kondisi Ketosis, yaitu ada keton yg terukur lewat urin (acetoacetate &bhob), darah (beta-hydroxy butyrate acid) atau nafas (acetone)

Keton ini meningkat bisa abnormal karena sakit (ketoasidosis akibat kurangnya insulin biasa di diabetesi tipe 1 dan tipe dua yang udah parah) atau dengan cara normal;

Kondisi Ketosis dengan metabolisme normal diusahakan dengan beberapa cara keton bisa timbul;

1. Dengan berpuasa atau tanpa makan serta minum (kecuali air putih) dan dalam waktu belasan jam saja tubuh sudah memproduksi keton, bahkan mayoritas orang setelah bangun tidur sebelum sarapan ada sedikit keton.

2. Mengurangi asupan makanan atau kelaparan bisa juga dengan berdiet rendah kalori < 800 kcal dalam beberapa hari bisa mencapai kondisi ketosis meskipun makan karbohidrat juga bisa timbul keton asal selama beberapa hari makan sangat rendah kalori jadi untuk menutupi kekurangan energi tubuh membakar cadangan lemak badan dan produk-samping pembakaran lemak dalam kondisi kurang kalori atau defisit oxaloacetate dalam Krebs Cycle adalah keton

3. Diet sangat tinggi lemak, membatasi karbohidrat hingga di bawah 50 gram sehari serta mengurangi asupan protein, pokoknya lemak yang banyak kalau perlu minum minyak, MCT oil, vco, hingga konsumsi suplemen keton.

Ingat bahwa, Pantang Diet tidak anti Keto dan tidak melarang puasa namun menganjurkan untuk seimbang jangan berlebihan.

Yang pertama soal puasa kita malah dukung dan saya suka lakukan tapi yang normal-normal saja seperti tetap sahur dan berbuka tidak berhari-hari atau berlebihan sepanjang tahun berpuasa.

Seimbang saja, ada puasa aja berbuka; Fasting dan Feasting, renovasi (autophagy) dan membangun kembali dengan cukup makan makanan bergizi. Nutrisi imbang tidak defisiensi sampai malnutrisi karena puasa kelamaan.

Metode yang kedua juga sah saja, biasa dilakukan oleh orang-orang yang ingin berdiet ketat dalam waktu singkat dan kalori yang rendah itu akan memaksa tubuh membakar lemak badan sebagai cadangan sumber tenaga karena kurangnya asupan makanan,

Pembakaran lemak badan ini akan menghasilkan by-product keton juga secara default tapi hati-hati diet rendah kalori juga jangan sampai bikin malnutrisi alias defisiensi zat gizi tertentu serta atropi, 

Harap tetap penuhi kebutuhan protein harian: paling bagus pakai metode PD Cara Cepat Turun BB di buklet terbaru (https://pantangdiet.com/2017/05/08/buklet/)

Jadi, kondisi Ketosis yang dicapai oleh cara pertama (puasa) dan cara kedua (diet pembatasan kalori) itu mencerminkan metabolisme manusia yang efesien, membakar lemak badan karena tidak makan (puasa) atau kurang makan (diet) dan menghasilkan keton secukupnya sebagai back-up untuk otak dan otot yang kekurangan glukosa dari makanan.

Nah, lanjut.. Dalam cara ketiga; kondisi Ketosis diciptakan dengan diet khusus.

Sejarahnya ini diet yang digunakan oleh para penderita epilepsi sebelum ditemukan obat2an anti kejang modern.

Sebelumnya, diamati bahwa pasien epilepsi bisa dikendalikan kejang2nya dengan berpuasa atau membatasi makanan, tapi kan tidak bisa terus2an berpuasa atau kelaparan sementara mengontrol kejang, diciptakanlah diet khusus dengan kalori yang cukup memberikan energi tapi tetap menghasilkan keton atau kondisi ketosis..

Namun cara ketiga ini banyak dampak samping yang diamati dalam studi2 jangka panjang kepada para penderita epilepsi ini.
https://www.thepaleomom.com/adverse-reactions-to-ketogenic-diets-caution-advised/

Sumber jurnal ilmiah nya: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/27866088/?i=9&from=ketogenic+diet+long+term

Liver bisa bermasalah, hepatic steatosis atau gangguan di hati dan batu empedu..

Maka cara ketiga ini (diet ketogenik) mesti benar-benar disupervisi medis karena berpotensi negatif jika tidak diawasi dan dijaga asupan gizi

Efek yang merugikan bisa dari sekedar atropi otot atau tubuh mengecil (bukan hanya lemak badan tapi otot dan organ-organ)

Rambut menipis atau rontok, stres dan susah tidur, tiroid bermasalah dan gangguan kelenjar adrenal yang dipaksa terus glukoneogenesis.

Bisa bad mood dan elektrolit tidak seimbang bikin sakit, kekurangan nutrisi dan vitamin plus mineral, batu ginjal atau masalah di saluran kemih, gangguan kulit, otot dan tulang, mudah lemah atau sakit2an

Kolesterol khususnya trigliserida atau LDL dan asam urat bisa tinggi, gangguan di detak jantung plus pembuluh darah bermasalah hingga kematian! 

Maka mesti hati2 diet ketogenik ini jangan sembarangan.

Biasanya yang pakai diet ketogenik untuk terapi pada diabetes, pcos, dan kanker tipe tertentu selain untuk epilepsi dan masalah saraf dan harus dibawah pengawasan medis serta dipantau kecukupan gizinya.

Tapi cara ketiga (diet ketogenik) ini banyak dipakai orang untuk ber diet dengan harapan turun berat badan dan menyembuhkan beragam penyakit dengan pembelian produk2 yang biasanya amat mahal

Lihat saja iklan dimana orang bisa secara cepat masuk kondisi ketosis dengan membeli suplemen keton

Jimmy Moore dan Dokter Adam Nally yang menjual produk suplemen keton mahal supaya orang masuk ke kondisi Ketosis dengan cepat

Mereka menyarankan makan lemak banyak-banyak dan membatasi protein juga selain rendah karbohidrat supaya keton banyak di dalam diri (Deep Ketosis)

Padahal lemak ini minim sekali nutrisinya, banyak zat gizi komplit adanya di dagingnya bukan lemak apalagi minyak (kecuali minyak ikan dan yang lebih bagus lagi krill-oil; saya jual tapi tidak monopoli dan dengan harga lebih murah dari apotek, baca: pantangdiet.com/omega-tiga-dan-krill-oil)

Sementara ada beberapa oknum memanfaatkan ketidakpahaman orang-orang awam dengan menjual produk-produk suplemen mahal, yang overpriced atau dengan sistem monopoli atau MLM hanya untuk berdiet ketogenik.

Lihat saja iklan Keto Master yang menjual produk suplemen keton yang mubazir sebenarnya tapi amat mahal hingga jutaan. 

Padahal dengan cara kesatu (puasa) dan kedua (diet rendah kalori) tetap bisa Ketosis tanpa suplemen atau yang lebih optimal: Pantang Diet WAY – jika kita cukup banyak makan makanan alami bergizi tinggi seperti daging yang nutrisinya komplit maka tak perlu suplemen apapun!

Ingat: yang penting hasil bukan keton, yang utama adalah tercapai berat badan ideal dengan otot yang kuat tidak lemah serta pikiran tajam dengan kesehatan yang prima.

Baca nasehat pakar diet ketogenik yang meneliti kondisi ketosis sejak tahun 80-an Profesor Dokter Stephen Phinney:

Prof dr Phinney mengatakan untuk rasio lemak tinggi dalam melakukan diet ketogenik itu lemak berasal mayoritas dari simpanan lemak badan bukan dari makanan,

Jadi tak perlu banyak konsumsi lemak atau minyak-minyak serta suplemen-suplemen mahal overpriced, cukup utamakan makan makanan bergizi yang alami ala PD dan tak perlu berlebihan makan kebanyakan, yang penting teratur serta sesekali aja berpuasanya..

Seimbang puasanya dengan makan makanan bergizi yang imbang juga tak berlebihan lemak atau karbo/gula tetap dibatasi karena tidak esensial, yang esensial ada 9 asam amino di protein hewani serta sekitar 30-an vitamin plus mineral yang perlu kita asup dari makanan.

Ingat; tak perlu beli suplemen mahal, tak usah berpuasa kelamaan atau setiap hari sepanjang tahun. 

Cukup pas bulan ramadhan dan yang sunnah untuk umat muslim, serta seminggu dua kali saja oke kok.. 

Dan jangan makan lemak/minyak atau jeroan berlebihan!

Hitungan kalori lemak itu 9 kcal per gram sedangkan karbohidrat dan protein hanya 4 kcal, malah protein dapat diskon 30 persen karena thermic effect of food (TEF)
Protein memicu kenaikan metabolisme karena pencernaannya membutuhkan energi dan enzim2, sedangkan lemak sangat mudah dicerna bahkan tanpa insulin pun lemak bisa dengan mudah ditimbun masuk langsung ke dalam sel lemak jika berlebihan dimakan melebihi kebutuhan untuk pembakaran tenaga.

Protein memicu insulin tapi untuk insulin mengatur regulasi asam amino supaya di arahkan ke sel2 yang memerlukan seperti otot-otot.

Karbohidrat pun memicu insulin karena karbo dicerna jadi gula dan insulin mengarahkan gula2 ini dimetabolisme di otot2 dan otak serta sel2 yang membutuhkan, masalahnya rawan berlebihan konsumsi kalorinya dan menjadi sel2 lemak membengkak (hypertrophy)

Kesimpulannya: batasi makan karbohidrat apalagi tepung dan gula yang berlebihan kalorinya tanpa nutrisi yang berarti, lemak juga kurangi apalagi jika lemak badan masih banyak karena kebutuhan lemak esensial hanya miligram.

Tapi ingat: kita sangat butuh protein sehari bisa 100-150 gram atau lebih tergantung aktivitas dan lean body mass, meski harus hindari sumber nabati yang mengandung anti nutrisi serta toksin2

Selalu asup protein hewani yang memiliki zat gizi komplit ala PD way

Apalagi daging merah dan hati yang lebih baik dari sayuran (wortel) serta buah (apel)


Walaupun begitu, boleh aja makan sayur dan buah di PD level 1 yaa.. (Baca ebooknya :pantangdiet.com /ebook-pantang-diet)

Sekian dulu #teleminaRABU kali ini, join terus telegram.me/pantangdiet untuk konsultasi dan mentoring gratis! 

Teleminar ini gratis tapi mohon bantuannya untuk merangkum dan Posting di grup fb pantang diet kita serta yang mau menolong riset2 dan pengembangan PD silahkan berdonasi seikhlasnya aja ke rekening bca 3450150079 semoga ilmu yang bermanfaat ini menjadi pahala dalam ladang amal kita bersama.. Amiin! 

Terimakasih 😁
Oh iya; sumber inspirasi #teleminar kali ini: https://freetheanimal.com/

Iklan