​Diabetes Danger

Diabetes Danger

Diabetes adalah penyakit yang susah disadari, karena bisa puluhan tahun sebelumnya santai-santai aja makan karbo/gula berlebihan, serum glukosa di darah kadarnya masih normal-nomal aja,  

Tapi sebenarnya sudah mulai terjadi ketidakseimbangan hormonal, insulin meningkat atau hyperinsulinemia menuju resistensi insulin perlahan tapi pasti akan jadi diabetesi, waspadalah!

Begitu kena diabetes pun, dianggap masih bisa di-manage bertahun-tahun dengan obat dan insulin, bisa beraktivitas bebas walau lama-kelamaan akan makin memburuk kalau tidak diperbaiki. 

Gula darah makin tinggi dan fluktuatif, rawan hypoglycemia bikin pingsan tiba-tiba, penurunan fungsi badan, otak dan memori, penglihatan hingga ginjal sampai amputasi karena kaki membusuk! 

Diabetes tipe 1 terkait penyakit autoimun, diabetes melitus tipe 2 berkaitan dengan sakit jantung, peningkatan resiko kanker, rawan gagal ginjal, dan tipe 3 membuat pikun dengan sakit dementia alzheimer. 

Baca aja; http://care.diabetesjournals.org/content/26/3/832.short

Mayoritas penderita diabetes ada di Asia, paling banyak di China dan India (pemakan karbohidrat) termasuk Indonesia, serta banyak juga diabetesi di negara negara Timur Tengah dimana minuman kemasan bergula tinggi lebih murah daripada air, mending minum cola. 

Cek angkanya di; http://asiandiabetesprevention.org/what-is-diabetes/facts-and-figures

Dan setengah populasi di amerika terkena penyakit diabetes, kebanyakan udah mulai pra-diabetes alias sindrom metabolik atau penyakit sistem endokrin. 

Lihat disini; http://www.medscape.com/viewarticle/883132?src=wnl_mdplsnews_170721_mscpedit_wir&uac=28595DY&impID=1394225&faf=1

Sumber penyakit dari sindrom metabolik ini berasal dari banyak sel-sel lemak yang hypertrophy (membengkak) dan jadi meradang (inflamasi) hingga resistensi insulin, hipertensi, kolesterol khususnya di lemak darah atau trigliserida tinggi. 

Studi ilmiahnya; https://www.cambridge.org/core/journals/proceedings-of-the-nutrition-society/article/adipose-tissue-and-the-insulin-resistance-syndrome/869BC93E043E6CE82C3B1B5CA61B2B68#

Bisa langsung kena diabetes atau sakit jantung, atau sekedar kelebihan berat badan dengan perut yang membuncit.
Itu sebabnya karena kebanyakan makan, khususnya makanan berkalori tinggi tapi minim nutrisi seperti olahan karbohidrat prosesan kayak tepung, olahan gula, dan minyak-minyak mengandung trans fat.

Risetnya diteliti di; http://m.ajcn.nutrition.org/content/79/5/774.full

Karbohidrat rafinasi seperti tepung dan gula, yang merupakan karbo aselular, membuat peradangan pada mikroba usus dan memicu resistensi leptin (sinyal hormon kenyang dan metabolisme) sehingga bikin obesitas dan diabetes. 

Sumber jurnalnya; https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3402009/ 

Dan diabetes mengacaukan metabolisme lemak di dalam tubuh, membuat organ-organ seperti hati dan pankreas terganggu dengan lemak viseral serta ektopik yang menyebabkan kerusakan, 

Maka hindari juga pola makan tinggi lemak atau minyak-minyak khususnya yang mengandung trans fat dan asam linoleat berlebihan kurang Omega tiga membuat peradangan/inflamasi tinggi hingga resistensi insulin. 

Penelitiannya; http://www.nature.com/nutd/journal/v7/n3/full/nutd201647a.html?foxtrotcallback=true

Jadi sebaiknya kembali ke pola makan alami bernutrisi tinggi, utamakan yang bergizi bukan olahan pabrik atau junk-food tapi makanlah makanan alami minim prosesan ala Pantang Diet. 

Baca pantangdiet.com dan info lebih lengkap pesan ebooknya serta Buklet PD Cara Cepat Turun Berat Badan via WA 087878105050 atau email pantangdiet@gmail.com 

Silahkan berdonasi seikhlasnya aja untuk memberantas diabetes dan menyebarkan informasi ilmu yang bermanfaat ke rek bca 3450150079 bantu2 dalam kebaikan! 

Iklan