Stop Minuman Bergula

Satu Lagi Alasan Jangan Minum Minuman Manis Bergula 

Dalam suatu studi* 

Metabolisme pembakaran kalori dari makanan, diteliti dari sisi asupan protein dan gula tambahan. 

Sesuai dengan penelitian, meningkatkan konsumsi protein akan menaikan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak khususnya pembakaran lemak. 

Pembakaran atau oksidasi lemak jadi meningkat hingga 50%!

Mengurangi asupan protein bisa memicu rasa lapar dan makan jadi berlebihan. 

Kurang makan protein membuat asupan makanan dari karbohidrat dan lemak naik, dan kalori jadi nambah hingga 12%!

Makanan yang tinggi kandungan proteinnya menurunkan rads lapar, nafsu makan jadi terjaga, kenyang tahan lama dan keinginan makan makanan berlemak, gurih serta yang asin-asin jadi berkurang. 

Tapi jika makan protein bersama minuman manis bergula, keinginan makan makanan gurih/asin bertambah, nafsu makan jadi meningkat dan thermogenesis berkurang sehingga pembakaran kalori khususnya dari lemak juga turun. 

Maka dengan minum minuman manis bergula (termasuk jus) dan makanan berkarbohidrat tinggi glukosa juga membuat lemak menumpuk jadi berat badan malah bertambah susah langsing. 

Kalau ingin berat badan sehat jadi ideal, makan makanan yang cukup konsumsi protein, tak perlu tinggi lemak atau minyak, dan batasi karbohidrat khususnya yang dengan gula tambahan seperti minuman manis. 

Sumber studi:

https://bmcnutr.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40795-017-0170-2 

Baca pola makan sehat ala Pantang Diet di pantangdiet.com/pdmm dan donasi seikhlasnya ke rek bca 3450150079 jika suka artikel ini tapi tidak wajib membayar apapun semuanya bisa dibaca gratis disini

Iklan