​Resep Diet ala Pantang Diet 

Resep Diet

Makanan utama kita:

DIET (Daging, Ikan, kEju dan Telur) 
Kalau susu dan butter tambahan saja. 

Makanan berkarbohidrat tinggi dipantang. 
PANTANG (Pati, Akar/umbi-umbian, Nuts atau kacang-kacangan dan biji-bijian, serta yang paling utama dihindari: Tepung dan Gula) 

Itulah Pantang Diet (PD) 

Kita usahakan makan ala PD 80~90% tak perlu terlalu ketat tapi juga ada kontrol, kita batasi kalori dari karbohidrat plus gula dan lemak atau minyak-minyak jangan banyak-banyak. 

Ingat; kunci sehat dan berat badan ideal adalah kecukupan gizi khususnya dari protein hewani yang alami sumbernya dan bernutrisi tinggi. 

Sekali makan kalau bisa proteinnya 30~40 gram dari sumber makanan hewani atau lebih dan total sehari asupan asam amino lengkap dari protein 100~150 gram atau lebih, 

Semakin banyak konsumsi protein hewani akan maka semakin cepat langsing, itu kuncinya. 

Orang yang kekurangan protein akan terdorong untuk makan karbo dan lemak secara belebihan karena craving, rakus karena susah kenyang. 

Ingat, itu ukuran protein bukan dagingnya, sepotong daging (100 gram) ada protein 20~25 gram, kalau telur sebutir hanya 5-7 gram aja proteinnya, tinggal dihitung dan diukur-ukur. 

Makanya kalau kurang bisa dibantu susu whey yang satu sendok scoop-nya bisa 25~30 gram protein tapi tanpa karbo/gula dan lemak alias whey isolate (susu protein untuk fitness). 

Orang yang berdiet rendah karbohidrat itu butuh protein lebih banyak utk menggantikan fungsi glukosa di metabolisme kalau ngga bisa lemas, stres, pusing, susah tidur, atropi otot, dll. 

Kalau kita kurang asupan nutrisi, khususnya asam amino esensial dan Omega 3 dari protein hewani, itu akan bikin lapar dan susah mengendalikan nafsu makan dalam jangka panjang membuat berat lemak badan bisa naik. 

Hari ini bisa aja merasa malas makan dan kurang memenuhi kebutuhan gizinya, tapi besok-besok akan merasa susah kenyang dan gampang lapar alias jadi rakus nantinya. 

Namun PD bukan melarang berpuasa, malah disarankan tapi seminggu cukup dua kali aja atau maksimal puasa daud (alternate day fasting) dengan syarat kuat tidak memaksakan.

Jadi jangan sampai kurang nutrisi khususnya protein, sekarang bisa aja malas makan dan tahan, lalu berat bisa turun.. Sementara, tapi jangka panjang, beberapa bulan hingga tahun kemudian, susah kendali kan rasa lapar dan besok2 jadi rakus alias berat badan kembali naik! 

Pesan Buklet PD Metode Mudah untuk menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal plus sehat, serta ikuti konsultasi via grup di fb pantang diet dan telegram.me/pantangdiet untuk mentoring gratis, tersedia juga personal coaching one-on-one via japri privat WA 087878105050 

Silahkan tulisan ini? Donasi seikhlasnya aja ke rekening bca 3450150079 
Sumber jurnal ilmiah; http://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(17)32252-3/fulltext

Sumber gambar: dr Ted Naiman

Iklan