Mitos Minum 8 Gelas Air

Mitos Minum 8 Gelas Air

Banyak yang menyarankan menurut ‘katanya’ kita sehari mesti minum 8 gelas air, itu darimana?

Mari kita lihat textbook berikut:

Buku: Fisiologi Manusia 

Orang yg beratnya kira-kira 70 kg, sehari butuh 1750 ml air..

Itu sekitar 7,5 gelas jadi di genapin aja 8 gelas (padahal orang yang lebih ringan beratnya butuh kurang dari itu)

Dan 1750 ml air ini, ternyata tidak semuanya dari air yang diminum.

Yang dari air minum hanya 650 ml aja, sisanya dari makanan (750 ml) dan 350 ml bahkan lebih dari oksidasi, itu dari pembakaran lemak kita, orang gemuk banyak airnya dari metabolisme tubuhnya.

Lebih dari ini, kebanyakan air akan memberatkan ginjal kerja terus, pipis sering, menguras mineral jadi ketidakseimbangan elektrolit dan sakit penyakit.

Kita lihat textbook lain dari Merck;

Menurut: The Merck Manual of Diag­nostic and Therapy (buku referensi medis)

https://web.archive.org/web/20060212111051/http://www.merck.com/mrkshared/mmanual/section2/chapter12/12b.jsp

Kita hanya butuh 700~800 ml air untuk menjaga keseimbangan hidrasi air..

700~800 ml itu hanya sekitar tiga gelas air atau 4 tomat udah cukup tanpa perlu minum lagi.

Bayangkan kalau orang harus minum 8 gelas air, belum hitung dari makanan (daging aja 50% air, 25% protein, lemak 25%) dan dari metabolisme pembakaran lemak badan sendiri, itu akan memberikan air yang banyak!

Selanjutnya dari literatur Fisiologi Manusia lagi;

Kebanyakan minum air, akan bikin keseringan pipis dan menguras mineral penting, memicu sindrom Over-Hidrasi jadi pusing, mual, keram otot.

Selanjutnya, jika terus berlebihan kadar air di tubuh, membuat ketidakseimbangan elektrolit (misal defisiensi kalium) bisa bikin: konstipasi, gangguan ginjal, infeksi kandung kemih, masalah pencernaan, osteoporosis (kalsium terkuras), batu ginjal, penuaan dini, sakit otot, penyakit pembuluh darah hingga jantung!

Baca lanjut di referensi medis nya: https://web.archive.org/web/20060212110310/http://www.merck.com/mrkshared/mmanual/section1/chapter4/4a.jsp

Jadi, minumlah saat haus dan jangan berlebihan.

Walaupun begitu, juga jangan sampai dehidrasi khususnya bagi mereka yang: berolahraga berat, di lingkungan panas, anak bayi dan balita serta ibu hamil juga yang menyusui, kaum lansia plus yang memiliki kondisi medis seperti fungsi ginjal yang menurun mesti memonitor konsumsi air dan juga keadaan urinnya..

Ukurannya: sebaiknya pipis sehari tidak lebih dari lima kali dan pas malam saat tidur tidak terbangun untuk pipis. 

Tapi jika malah sering pipis, volumenya banyak plus warnanya bening dan jernih, awas itu udah kelebihan!

Hati-hati juga yang sering haus, bukan berarti harus sering minum, kebanyakan minum dan kebanyakan pipis juga bikin haus. Akhirnya Over-Hidrasi!

Kesimpulannya; saran minum 8 gelas sehari itu salah, bahkan kita biasa dry fasting alias berpuasa tanpa makan dan minum seharian baik-baik saja kan? Air metabolik itu banyak, belum dari makanan itu sendiri, justru minum air tak perlu berlebihan karena bisa menguras mineral serta vitamin yang larut air kayak vitamin B.

Semoga bermanfaat #teleminar

Iklan