​Makronutrisi Makanan yang Sehat 

MAKRONUTRISI MAKANAN YANG SEHAT 

Perhatikan kandungan gizinya..

Makan makanan alami bukan prosesan pabrik.

Cari yang bernutrisi, penuhi kebutuhan tubuh:

1. Cukupi protein, sehari hingga 100 gram atau lebih.. Protein penting untuk regenerasi dan perbaikan semua sel-sel kira, ada ratusan fungsinya di tubuh tapi tidak ada simpanan protein di dalam badan, jadi harus dikonsumsi!

-Tak semua protein bagus, protein nabati tidak baik untuk ginjal, keasamannya mengurangi kalsium, mengandung oksalat juga lectin serta kandungan phyto-estrogen yang mengacaukan keseimbangan hormonal, serta tripsin inhibitor yang mengganggu penyerapan protein itu sendiri. 

2. Kurangi karbohidrat dan gula, karena tubuh kita ada cadangannya dalam glikogen di hati dan otot, serta darah.. 

Glukosa tak perlu dari hasil cerna karbo karena di dalam badan kita, Liver atau hati bisa memproduksi gula setiap hari (glukoneogenesis) jadi tak perlu banyak  dikonsumsi, sedikit saja untuk vitamin yang terkandung di makanan alami berkarbohidrat.

-Sayuran hijau masih bisa dijadikan side dish atau makanan sampingan tapi yang wajib ada makanan utamanya; daging, dan kalau buah boleh sesekali untuk indulging, kalau jaman dulu dikonsumsi jarang sesuai musimnya aja.

3. Makan lemak sesuai kebutuhan dan kondisi badan, jika kadar lemak di dalam tubuh masih banyak tak perlu konsumsi lemak berlebihan karena sumber tenaga kita banyak disimpan dalam lemak badan tak perlu dari makanan, kecuali yang alami sudah ada di dagingnya.. 

Lemak esensial hanya Omega 3 dan Omega 6 dengan rasio berimbang, jauhi sumber lemak yang ketinggian Omega 6 seperti minyak nabati, kacang-kacangan, dan perbanyak Omega 3 dari daging merah serta ikan plus telur ayam kampung, tapi tetap dijaga tak perlu berlebihan.

-Hindari minyak-minyak dari sumber nabati khususnya yang produksi pabrik, dihidrogenasi, mengandung trans fat yang tinggi memicu inflamasi serta meningkatkan kolesterol jahat.
*Utamakan makanan alami yang bergizi tinggi, banyak mengandung nutrisi esensial seperti asam amino (protein lengkap dan komplit nutrisinya ada di sumber hewani), lemak esensial, vitamin vital dan mineral penting serta elektrolit plus anti oksidan & prebiotic untuknya mikroba.. Itulah makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan! 
Untuk kesenangan, makanan demi keinginan tapi belum tentu menyehatkan, boleh aja sesekali untuk menikmati kehidupan asal terkendali, rencanakan indulging seminggu sekali saja, semakin jarang semakin bagus, jangan sampai Cheating setiap hari tapi juga tak perlu berdiet ketat akhirnya gagal.. Ayo kita sama-sama berusaha, semangat sehat! 

SEBARKAN!

Info bermanfaat lainnya join grup fb pantang diet dan telegram.me/pantangdiet
Pelajari ebooknya (Gratis, unduh di file grup dan channel infopd) pesan juga Buklet PD Cara Cepat & PD Metode Mudah
WA 087878105050 atau email ke: pantangdiet@gmail.com 

Iklan