​Waktu Makan Optimal

Waktu Makan Optimal


Materi Program Personal Coaching PD Malam:

Jadi selain jenis makanan, timing atau waktu makan juga penting.

Orang yang suka makan pas malam-malam seperti para pekerja malam, dalam jangka panjang tidak sehat, hormon insulin kurang sensitif kalau malam dan paling sensitif pas pagi (maka sebaiknya sarapan).

Kalau manusia itu diurnal, kebalikan pada tikus yang nokturnal aktif di malam hari, jadi makan juga ketika sudah gelap.

Di dalam risetnya walau jenis makanan tikusnya sama, tikus yg makan pada ritme sirkadian yg salah atau sepanjang hari akan lebih mudah kegemukan & diabetes, bukan hanya soal kalori. 

Sedangkan yang makan sesuai jam biologis tikus, dibatasi ketika waktu tikus aktif itu walau makanan kurang sehat, kalori sama, tetap lebih langsing..

Pada manusia, ritme sirkadian dimulai dari pagi hari serta dipicu juga dengan sarapan dan kalau malam mestinya tidak makan, istirahat aja dalam gelap karena cahaya juga pemicu jam biologis,

Terdapat reseptor cahaya di mata walau pada orang buta tetap peka, mengirimkan sinyal ke otaknya khususnya di suprachiasmatic nucleus or nuclei (SCN) yang atur ritme sirkadian ini, selain dari setting cahaya juga waktu makannya. 

Jadi baiknya; mulai dari dengan sarapan/sahur lalu terkena sinar terang (matahari yang terbaik) ketika beraktifitas, serta makan siang/sore aja lali bersiap istirahat dengan cahaya minimal hingga gelap saat malam hari, itu yang terbaik untuk kesehatan.

Sumber studi ilmiah: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1550413112001891
*
Pesan Buklet PD Metode Mudah terbaru! Atau donlot gratis EBOOK PD di grup Facebook Pantang Diet & t.me/infopd
#pantangdiet #diet #sehat #timerestrictedeating #puasa

Iklan