Diet Keto Bikin Langsing? 


Kondisi ketosis bukanlah yang menyebabkan turun berat badan.
Ketogenesis alias produksi keton terjadi jika mayoritas pembakaran lemak terjadi pada keadaan kurangnya glukosa dalam proses oksidasi untuk menghasilkan energi (dimana acetyl CoA dari asam lemak bebas hasil lipolysis lemak lebih banyak daripada oxaloacetate/ooa dari pyruvate hasil pemecahan glukosa dari hasil cerna karbo/gula atau dari glikogen, bisa juga OOA ini dari asam amino protein) pada siklus Krebs/TCA Cycle. 

Namun, penurunan berat badan khususnya di peningkatan pembakaran lemak badan, bisa menghasilkan keton.

Diet Ketogenic memerlukan rasio karbo/gula yang rendah, protein yang moderat (tapi juga harus dikurangi supaya tetap ketotic) bahaya malnutrisi, defisiensi asam amino esensial dari protein, dan mesti konsumsi lemak tinggi supaya menghasilkan keton yang berlebihan.

Diet Keto dengan makan/minum lemak tinggi inilah yang berpotensi menghambat penurunan berat badan, karena lemak badan kurang dipergunakan jika kebanyakan lemak dari makanan, malah kalau kelebihan, lemak dari makanan jadi disimpan, menambah banyak lemak di badan, ketogenik tapi tetap berlemak, bisa dari luar udah langsingan tapi didalam, di organ, seperti hatinya jadi berlemak: fatty liver padahal dari luar bisa tampak kurus.

Untuk penurunan berat badan yang benar dan sehat, berkurang lemak badan termasuk yang di organ, membutuhkan pengurangan kalori, khususnya kalori dari karbohidrat yang tidak esensial juga konsumsi lemak jangan berlebihan.

Tips lainnya adalah: tingkatkan konsumsi protein, kalau bisa pas sarapan/sahur dari 30 menit bangun tidur sudah makan protein hewani minimal 30 gram (150 gram daging/ayam/ikan, atau susu whey isolate 1.5 sendok, atau telur 5 butir, bisa kombinasi dengan keju asli juga).

Selain itu, usahakan makanannya minim bumbu, jangan terlalu berbumbu, minum juga air putih aja sesekali pas haus, perbanyak jam-jam dry fasting jangan ngemil, tahan lapar yang bisa hanya craving aja, jangan minum kalau tidak haus.

Timbang terus tiap hari, ukur juga lingkar pinggang dan ngaca serta rasakan pakaian apakah sudah longgar, plus ingat-ingat tujuan;

Mau sehat makan enak daging yang disuka lalu berpuasa sebisanya atau mau nikmat sesaat makan karbo & lemak tinggi tapi gemuk dan beresiko sakit-penyakit?

*donasi ke rek bca 3450150079 seikhlasnya

Iklan