Dry Fasting 

Tentang dry fasting (DF) atau puasa total, ngga makan dan ngga minum..

Baca bagian 1: pantangdiet.com/dryfasting 

Awal-awal Pantang Diet, kita makan daging enak yang disuka.. 

Bisa banyak dan sering, tergantung rasa lapar dan aktivitas, tapi seringnya di awal masa adaptasi malah tidur aja yang banyak, malas bergerak..

Tapi lama-kelamaan, setelah fat-adapted, berasa akan kelebihan energi, ingin bergerak, banyak jalan kaki dan tidak mudah lapar.. 

Di saat inilah baru mulai mencoba berpuasa, utamanya dry fasting, ga hanya intermittent fasting (IF)

IF itu mudah aja saat udah fat-adapted, biasa juga udah ngga ngemil dan makan daging awalnya biasa sering tapi setelah fat-adapted bisa makan sehari dua kali aja, jadi spontan aja puasa IF itu, bahkan omad atau one meal a day itu wajar.

Yang disarankan di PD, setelah jadi Pemakan Daging, disarankan seperti karnivora lain, melakukan Puasa Dry-fasting.. Apa itu dry fasting?

Dengan membatasi makanan dan minuman, sumber daya jadi terbatas dan tubuh akan lebih efisien lebih rajin daur ulang atau autophagy, persaingan terjadi antara sel-sel yang sehat dan yang rusak/sakit, parasit akan mati serta pembaharuan selular terjadi dengan tingkat paling dalam yang tidak bisa dicapai dengan cara lain kecuali puasa Dry Fasting..

Tapi, amankah dry fasting itu?

Baca 5 hari DRY FAST bukan puasa biasa dalam suatu studi:
http://www.karger.com/Article/Abstract/357718

Walaupun begitu, kita tak mesti dry fasting berhari-hari, apalagi tanpa pengawasan medis.

Setiap hari kita usahakan dry fasting diantara jam makan, ngga ngemil, kalau bisa makan sehari dua-tiga kali aja cukup dan sesekali bisa sekali sehari makan (misal senin & kamis)

Dry fasting berhari-hari bisa menyembuhkan beragam penyakit dan menguruskan orang yang obesitas, mengembalikan keseimbangan hormonalnya (baca: pantangdiet.com/homeostasis) 

Dan dry fasting ini paling efektif sebagai cara preventif melawan sakit penyakit untuk kesehatan optimal juga melawan penuaan.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/…/…/pdf/f1000research-5-7686.pdf

Ada tiga faktor yang penting dalam puasa khususnya dry fasting untuk penyembuhan penyakit, menghambat penuaan dan sehat optimal: 
AMPK activation

MTOR inhibition 

Autophagy

Ada tiga tipe autophagy atau rejuvenasi sel2 yang terjadi:

3  tipe AUTOPHAGY:

1. Macroautophagy 

2. Micrautophagy 

3. Chaperone-Mediated Autophagy (Baca: http://m.jbc.org/content/280/27/25864.full
Chaperone-mediated autophagy: roles in disease and aging 

Baca studi: http://www.nature.com/cr/journal/v24/n1/pdf/cr2013153a.pdf)

Autophagy selalu terjadi di tingkat selular tapi utamanya ketika terjadi defisit kalori, serta timbulnya keton seperti pada diet sangat rendah karbohidrat seperti diet Keto dan juga ketika berpuasa, awalnya diet ketogenik diciptakan untuk para penderita epilepsi di tahun 1930-an itu menggunakan puasa yang membatasi minum, mendekati dry fasting.

Udah baca pantangdiet.com/dehidrasi?

Belum banyak autophagy yang akan meregenerasi sel2, autophagy maksimal di 2~3 hari dry fasting atau minimal saja minumnya (pantangdiet.com/Over-Hidrasi) 

Kalau kita dehidrasi, katanya bisa naikin gula darah, tapi juga lau berpuasa masih minum (water fasting) malah menurunkan gula darah bikin drop hipoglikemia, adalah bijak untuk menggabungkan nya yaitu berpuasa tidak minum alias dry fasting aja..

Dengan dry fasting kita akan menurunkan plasma insulin, meningkatkan glukagon, dan naikin metabolisme ketosis, jadi lebih cepat sehari dua hari daripada puasa water fasting berhari-hari, dry fasting seharian udah bisa ketogenesis (masuk ke kondisi ketosis, kalau puasa minum air butuh 3 hari dan diet ketogenic butuh beberapa minggu untuk optimal ketonnya)

Sumber penelitian: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/11229425/

Aktivasi AMPK sebagai proses  enzimatik di tingkat metabolisme selular akan meningkatkan sensitivitas insulin, menekan inflamasi, mengurangi lemak badan dan lemak darah atau trigliserida..

Autophagy adalah proses daur ulang molekul makro dan organel-organel yang rusak di sel-sel untuk diperbaharui, penting untuk menghambat penuaan disamping AMPK.

Dan penuaan diregulasi oleh MTOR sebagai sinyal pertumbuhan yang kalau dihambat menjadi memperpanjang usia.

Selain pembatasan kalori, olahraga juga mengaktivasi AMPK, Autophagy dan MTOR.

Risetnya: http://m.jap.physiology.org/content/106/3/929.full.pdf

Jadi, pembatasan kalori (yang otomatis jika berpuasa total) dan olahraga akan membantu melawan penuaan juga dari sisi menurunkan insulin karena insulin mempengaruhi ekspresi genetika sirtuin, yang meregulasi penuaan.

Selain itu olahraga, juga stres yang rendah akan memperpanjang telomere di ujung rantai DNA yang makin menyempit seiring replikasi atau penuaan, dan berpuasa membantu meningkatkan sel stem (regenerasi) dengan menekan IGF-1/PKA

Puasa juga mencegah kanker dengan menekan P53 alias TP53 atau protein tumor yaitu kode genetika yang mengatur siklus selular, untuk hambat karsinogenesis perlu pembatasan kalori ekstrim seperti berpuasa; 
Baca jurnal ilmiahnya: http://m.carcin.oxfordjournals.org/content/23/5/817.full

Ketika lapar setelah 12 jam ngga makan, hormon ghrelin pun meningkat tapi itu juga hormon yang bikin awet muda!

Jadi, sesekali membatasi nutrisi seperti puasa perlu untuk menekan gula, IGF-1 dan  beragam pathway penuaan.

Tapi harus berimbang juga disaat tidak puasa, penuhi kebutuhan nutrisi, fast & feast

Misal yang puasa tiga hari untuk penyembuhan, berarti butuh tiga kali lipat hari makan baru puasa lagi alias 9 hari makan daging baru boleh puasa lagi, jangan puasa terus2an, dan yang butuh puasa tiga hari atau lebih itu untuk terapi aja kayak kanker, diabetes, autoimun (sistem imun direset dengan tiga hari puasa total: http://www.nature.com/onc/journal/v30/n30/abs/onc201191a.html)

http://www.cell.com/cell-stem-cell/abstract/S1934-5909(14)00151-9

https://news.usc.edu/63669/fasting-triggers-stem-cell-regeneration-of-damaged-old-immune-system/

Dan daripada pembatasan kalori bertahun-tahun tersiksa mending berpuasa beberapa hari aja untuk membuang sel2 imun yang tua (dan rusak bikin sakit autoimun) dan mengganti dengan sel2 imun yang baru, diproduksi setelah berpuasa tiga hari aja; http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1550413113005032

Dan dry fasting membantu meringankan kerja sistem imun dengan membuat parasit mati!

Di hari ngga puasa, terapi nutrisi dengan makan makanan alami yang padat gizi, utamanya dari protein hewani yang sangat kita butuhkan untuk sehat optimal!
Baca juga pantangdiet.com/manfaatpuasa 
Sekian dulu, mohon dukungannya dengan support tulisan-tulisan di pantangdiet.com, silahkan donasi ke rek bca 3450150079 dan share informasi yang bermanfaat ini!

Terima kasih yaa..

Iklan