Fatty Liver dan Foei Gras

FATTY LIVER

by Reza Wahyu Ismail

Foei Gras adalah makanan khas Perancis yg terbuat dari hati angsa, hati angsa yang bengkak berlemak!

Enak, katanya.. 

Sebenarnya tradisi ini dimulai dari jaman Mesir kuno dengan cara memaksa angsa makan berlebihan khususnya pati/karbohidrat. 
Angsanya dipaksa konsumsi karbo/gula dengan pakai corong dan di kandang yang sempit hingga tidak bisa banyak bergerak (sedentary)

Lama-kelamaan hati angsanya membengkak, besar dengan banyak lemak, siap dihidangkan. 

Hidangan foei gras berasal dari liver yang berlemak, bengkak lebih besar dari hati biasa.

Angsa ini memiliki Fatty Liver atau hati yg bengkak karena kebanyakan makan khususnya karbohidrat seperti pati jagung dan gula. 

Begitu juga manusia yg kebanyakan makan karbo/gula, sangat beresiko pembengkakan hati atau Fatty Liver.

Hati yang berlemak itu lemaknya bukan berasal dari kebanyakan makan berlemak, justru karena berlebihan konsumsi karbohidrat dan gula.

Oleh karena, cadangan karbohidrat berupa rantai glukosa alias glikogen disimpan di hati.

Hati juga memproduksi gula sendiri dalam proses glukoneogenesis setiap hari.

Jika kita kebanyakan makan karbohidrat, yang jadi glukosa, juga gula serta fruktosa berlebihan, itu semua akan melebihi tampung glikogen di hati, belum dari produksi sendiri.

Kelebihan karbo/gula ini dijadikan lemak dalam proses de novo lipogenesis dan lemaknya numpuk di hati hingga bengkak alias Fatty Liver!

Jadi kayak hidangan foei gras.. 
Intinya:
Awal dari diabetes adalah Fatty Liver,

Jadi hatinya yang berlemak bikin resistensi/menolak insulin, sehingga produksi glukosa dalam glukoneogenesis tinggi tidak terkontrol, gula darah naik..

Lalu merembet ke fatty pancreas juga, menyebabkan kerusakan do sel2 beta penghasil insulin di pankreas, akibat organ-organ yang berlemak ini: penyakit diabetes (tipe 2)

Semua karena kebanyakan makan, sering makan karbohidrat sehingga naik gula darah picu insulin terus menerus jadinya:  hyperinsulinemia hingga  resistensi insulin bikin gula darah naik nantinya setelah puluhan tahun kemudian: diabetes!

Lebih banyak lagi info2, ilmu nutrisi yang bermanfaat, diskusi sehat di dalam grup khusus Pantang Diet.. Silahkan join aja:

https://www.facebook.com/groups/1085642831500964/

Iklan