Sebab dan Solusi Obesitas 

Jangan Tanya Mengapa Saya Kegemukan tapi Kuatkan Niat Atur Pola Makan untuk Sehat:

Buat yang masih kelebihan berat badan, jangan tanyakan mengapa saya gemuk tapi carilah solusinya.. #pantangdiet

Banyak orang gendut karena banyak hal juga, tapi di jaman sekarang makin mudah untuk jadi obesitas..

Riset2 obesitas itu kompleks dan rumit, banyak pandangan bertentangan, paham-paham diet berbeda, soal olahraga, serta isu hormonal hingga masalah interaksi sosial..

Ada yang nyalahin genetika, udah dari kecil gemuk, ada yang bilang masalah insulin dan hormon kenyang leptin, isu metabolisme atau tiroid (sebaiknya diperiksakan kalau ada gangguan tiroid dan diterapi)

Macam2 lah masalah mengapa soal titik  homeostasis berat badan seseorang bisa condong ke penimbunan lemak badan.

Tapi tetap.. Jika sudah gemuk, ingin kurus, langsing mesti kurangin makan.. Itu susahnya!

Banyak orang berhasil diet ini, itu, asal patuh dalam jangka waktu tertentu bisa turun berat badan, masalahnya adalah bagaimana mencegah orang tidak makan kebanyakan?

Gendut itu kebanyakan makan, secara psikologis, perilakunya jadi rakus, otaknya penuh nafsu.

Mau diet rendah karbohidrat atau rendah lemak, semua bisa aja tinggal cocokan yang mana.

Tapi saya lebih enak rendah karbohidrat, kebutuhan gizi terpenuhi, ngga terasa mudah lapar, bisa makan daging enak yang saya suka.. #pantangdiet

Yang kacau adalah makanan kombinasi olahan karbohidrat yang tidak sehat plus lemak, makanan  jenis ini membuat orang makan jadi berlebihan.

Studinya: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1038/oby.2011.18/full

Tikus yg dikasih makanan prosesan olahan pabrik jadi kegendutan dibandingkan tikus yang makan standar, yang makan tinggi lemak atau rendah lemak, semuanya makan ngga sebanyak yang makan makanan kombinasi karbo/gula prosesan diolah dengan lemak/minyak.

Jadi, bagaimana solusi dari PD untuk membuat kita bisa makan ngga kebanyakan?

Jelas dengan berpantang tepung dan gula sebagai makanan prosesan, serta membatasi pati, akar/umbi, kacang/biji serta mengurangi lemak atau minyak-minyak.

Juga berfokus pada makanan alami sejak jaman purba manusia makan daging cukup, bisa ikan atau sebagai side dish keju dan telur dengan buah sebagai indulging jika musim.

Ingatlah untuk makan jika lapar saja, jangan kena conditioning: iklan, tekanan sosial, kebiasaan (siapa yang mengharuskan makan 3 kalo sehari plus snack?) jangan makan karena iseng, bete, males, marah, sambil nonton, dll. Stop konsumsi kalori dari minuman.

Makan hanya ketika lapar dan makan yang kita butuhkan aja.

Kalau ngga lapar, puasa aja! Sangat menyehatkan.. Baca pantangdiet.com udah sering dibahas manfaat berpuasa.

Makan pun, cukup daging aja! Itu yang kita butuhkan terbukti dari jaman purba ratusan ribu tahun manusia adalah pemburu binatang hingga jaman pertanian pun masih makan hewan, manusia bisa terpenuhi nutrisinya dari sumber hewani. 

Begitu mulai menanam gandum, tebu/gula, dan minyak-minyak dibuat dari tumbuhan, mulailah jaman industri makanan, junk-food, snack2, karbo/gula prosesan dengan lemak/minyak tambahan, semua jenis makanan yang picu over eating, karena dibuat hyper nikmat, bikin kecanduan tanpa rasa kenyang tahan lama mudah lapar, itulah makanan modern, kemasan, minim gizi tinggi kalori bikin kegemukan!

Jadi, jangan makan kalau ngga lapar dan makan sesuai kebutuhan jangan mengikuti keinginan, iklan, tekanan sosial, interaksi personal, hasrat atau craving stop! 

Pilihannya hanya makan daging kalau lapar (dan minum kalau haus aja) atau berpuasa dry fasting, itulah solusi ala Pantang Diet tanpa perlu bertanya mengapa saya gendut! 

Salam Sehat…

*support saya dgn sumbangan seikhlasnya ke rek bca 3450150079, terima kasih yaa!
**Referensi Ilmiah: Sampey, B. P., Vanhoose, A. M., Winfield, H. M., Freemerman, A. J., Muehlbauer, M. J., Fueger, P. T., Newgard, C. B. and Makowski, L. (2011), Cafeteria Diet Is a Robust Model of Human Metabolic Syndrome With Liver and Adipose Inflammation: Comparison to High-Fat Diet. Obesity, 19: 1109–1117. doi:10.1038/oby.2011.18:

 In that study they compared four diets:
1. SC control (12% fat, < 5% simple sugars)
2. HF chow – 45% fat, lard
3. LF – low fat (10% lard & soybean oil) matched to HF chow with sucrose substituted for fat content, thus this is a 35% sucrose diet
4. CAF = SC + 3 human snack foods varied daily

Iklan