Gula Bahaya untuk Jantung 

… Jika konsumsi berlebihan! 


Orang sehat yang konsumsi gula berlebihan jadi berisiko tinggi sakit jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang sehat jadi meningkat kadar lemaknya dalam darah dan lemak yang tersimpan di hati, setelah mereka mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Clinical Science, meneliti orang dengan mengamati kadar lemak di hatinya, dan memberikan makanan dengan kadar gula yang tinggi atau rendah untuk mengetahui resiko kesehatan kardiovaskularnya. 

Setelah beberapa minggu menjalani diet dengan kandungan gula yang tinggi, mereka dengan kadar lemak hati tinggi – alias Fatty Liver atau penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) – menunjukkan perubahan metabolisme lemak yang terkait erat dengan meningkatnya resiko kardiovaskular atau rawan serangan jantung dan sakit stroke.

Hasil ini juga mengungkapkan bahwa ketika orang yang sehat dengan tingkat lemak di hati yang rendah lalu mengkonsumsi gula dalam jumlah tinggi, lemak hati mereka jadi meningkat dan metabolisme lemaknya menjadi serupa dengan dengan yang sakit NAFLD atau Fatty Liver alias hati berlemak.

Profesor Metabolisme Nutrisi, Bruce Griffin, mengatakan: “Temuan kami memberi bukti baru bahwa konsumsi gula dalam jumlah banyak dapat mengubah metabolisme lemak Anda dengan cara yang dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular Anda.

Dan walaupun kebanyakan orang tidak konsumsi gula berlebihan, namun bisa aja mereka mendapatkan asupan gula ini dari makan karbohidrat prosesan seperti tepung dan minuman manis dengan gula tambahan secara berlebihan, sehingga mendapatkan resiko yang sama dengan mereka yang berlemak hatinya: beresiko sakit kardiovaskular/jantung & stroke. 

Referensi Jurnal:
Impact of liver fat on the differential partitioning of hepatic triacylglycerol into VLDL subclasses on high and low sugar diets.Clinical Science, 2017;CS20171208 DOI: 10.1042/CS20171208

#pantangdiet #ilmusehat #nosugar #lowcarb #tipsdiet #dietenak #dietsehat #caradiet #caraturunbb
*join grup Facebook Pantang Diet di: https://www.facebook.com/groups/1085642831500964/ dan gunakan aplikasi chat Telegram untuk ikut telegram/pantangdiet

**support website ini dengan donasi ke rekening bca 3450150079 seikhlasnya saja 

Iklan