Jangan Takut Kolesterol (Makan Daging!)

Oleh: @raizaphotography ~Instagram 

Jangan takut makan kolesterol, kolesterol dari makanan itu hanya berkontribusi 20~25% saja karena bentuk kolesterol dari makanan banyak yang teresterifikasi ga bisa diserap tubuh,

Malah mayoritas kolesterol itu diproduksi oleh tubuh sendiri, kalau kurang makan kolesterol, badan kita bikin sendiri kolesterol lebih banyak. 

Jika kolesterol sudah tinggi malah kolesterol dari makanan dibuang lewat bab, dan jika orang kolesterolnya udah tinggi biasanya ada masalah metabolisme bukan dari makanan.

Misalnya resistensi insulin itu disertai sekresi insulin tinggi yang membuat gangguan pada enzim HMG co-A reductase yang berperan dalam pembuatan kolesterol utamanya di hati..

Jadi orang yang penyakit  kolesterol tinggi bisa jadi hatinya udah bengkak berlemak alias Fatty Liver bukan karena hanya makan makanan yang berkolesterol tapi memang rakus makan semua termasuk karbohidrat banyak dan gula tinggi dari banyak makanan dan minumannya..

Bisa juga ada gangguan tiroid menyebabkan kolesterol naik, biasanya masalahnya pada defisiensi zat gizi atau penyakit autoimun,

Semuanya akibat isu nutrisi pada pencernaan yang tak baik atau sekedar soal metabolisme. 

Serta mobilisasi lemak misalnya ketika terjadi penurunan kadar lemak badan sendiri itu juga bisa meningkatkan kadar serum kolesterolnya. 

Bahkan, dehidrasi ketika berpuasa jika saat sebelum tes darah, membuat pengambilan plasma darah mesti lebih banyak sehingga meningkatkan konsentrasi kolesterolnya juga..

Jadi, banyak faktornya ya!
*kolesterol malah penting untuk tubuh makanya semua sel ada kolesterol sebagai membran pelindung, di otak dan saraf juga penting kolesterol, sebagai bagian sistem imun, serta sebagai bahan banyak hormon termasuk hormon seksual, kurang kolesterol berpotensi gangguan reproduksi, memori, hingga rawan sakit kanker dan diabetes yang malah meningkatkan resiko sakit jantung juga!

Baca info sehat di pantangdiet.com & join grup FB PD: https://www.facebook.com/groups/1085642831500964/ serta Telegram di t.me/pantangdiet untuk mentoring gratis, (COACHING & CONSULTATION: pantangdiet@gmail.com) #diet

SUPPORT TULISAN SAYA DENGAN SUMBANGAN SEIKHLASNYA KE REK BCA 3450150079 DONASI UNTUK MAINTENANCE & RESEARCH LITERATURE 

Iklan