Makanan Prosesan Sumber Masalah Kesehatan 


Manusia secara instingtif akan mencari kalori untuk sumber tenaga sebagai mahluk hidup yang butuh beraktivitas & berkembang biak, ancaman kelaparan akan membuat reproduksi berhenti (juga kurang gizi)

Makanan prosesan di rekayasa memanfaatkan hasrat dasar manusia ini, menciptakan kecanduan alias sering craving jadi susah kenyang (rakus) 

Akibatnya, kita jadi makan berlebihan, susah melawan hasrat dari insting yang terpicu oleh banyak rasa yang hiper-enaknya dan mengundang selera tinggi (nafsu makan berlebihan) 

Solusinya? PANTANG DIET, hindari makanan prosesan kombinasi karbo/gula dengan lemak/minyak, zat perasa, tambahan gurih dan manis, namun fokus pada nutrisi, makan aja makanan alami bergizi!!!

Solusi lain adalah: 

1. Cukup tidur (kuantitas/7~8 jam & kualitas/deep sleep), tidur dalam gelap kalau siang sempatkan berjemur kena sinar matahari akan tingkatkan kualitas & kuantitas tidur. 

2. Kelola stres (dengan rileksasi seperti latihan nafas, berdoa & suplementasi multivitamin khususnya vitamin B, C dan E). 

3. Bergerak aktif, banyak berdiri & jalan kaki jangan duduk-duduk aja, cari komunitas untuk bisa berolahraga/main bersama.

4. Jangan ada simpan makanan hiper enak yang bikin kecanduan, seperti cemilan, produk pabrik, makanan prosesan tepung dan gula jangan ada di rumah & tempat bekerja. Hindari juga pemicu seperti visual, iklan, aroma, cerita, hanya melihat atau memikirkan makanan itu bisa memicu Craving atau hasrat makan makanan yang tiga sehat, hanya tinggi kalori tapi minim gizi itulah yang bahaya.

5. Makan makanan yang alami jadi tak perlu menahan lapar: makanan alami yang mengandung nutrisi tinggi dengan kalori lebih rendah, berprotein dengan rasa yang moderat tidak hiper-enak. 

6. Waspada pada rasa enak yang mencandu seperti makanan prosesan kalori tinggi minim gizi kombinasi karbo, gula, lemak, minyak, manis, gurih, seperti es krim, kue, biskuit, brownies, kentang goreng, donat, mie, pizza, dll. 

7. Utamakan makan daging, kalau cheating day itu seminggu sekali aja jangan berlebihan alias indulging untuk bikin semangat disiplin, lebih jarang lebih baik.

Tips Tambahan:

#tipspd usahakan makan di rumah dengan masakan rumahan, hindari makanan restoran, fast food, produk dari pabrik, yang mengandung tepung, gula, zat perasa buatan, msg & garam berlebihan,

Jadi makan makanan alami yang tidak terlalu hyper-palatable (enak bikin kecanduan kayak snacks, coklat, pizza, mie, kue, biskuit, eskrim, dll.) 

Semua makanan yang picu hasrat, bikin kecanduan ngga bisa berhenti makan sedikit, dijauhi, jangan diikutin craving, sebelum cheating penuhi perut dengan makanan alami bergizi, 

Ingat untuk batasi kombinasi berbahaya karbo/gula & lemak/minyak, utamakan protein, jauhi yang manis2 walau itu gula pemanis buatan tanpa karbohidrat atau kalori tetap akan picu Craving/hasrat bikin kecanduan makanan lagi.

Jangan ngemil, makan sesuai waktunya pas bener2 LAPAR BUTUH makan yang sehat bukan HASRAT INGIN makan yang enak aja (prosesan)

Minum cukup air putih, hindari minuman lain, teh & kopi batasi sedikit saja harus tawar, boleh minum minyak zaitun sedikit, minum suplemen  multivitamin, minum air garam kalium, ga wajib, pilihan aja kalau minum.

Fokus pada protein, mau turun berat lemak badan? Konsumsi protein yang utama. Mau naikin berat badan di massa otot dan kepadatan tulang? Konsumsi protein moderat boleh pakai whey bisa plus karbohidrat & lemak sehat (PD Cycling) 

Untuk olahraga ngga bisa dipaksa tapi carilah teman atau komunitas, hidup aktif dengan grup senam, kelompok yoga bersama, sepedaan, silat, itu lebih efektif bergerak bersama-sama karena sebenarnya manusia termotivasi sama hemat energi jadi malas bergerak dan secara insting mesti makan banyak yang enak karena kalori dibutuhkan untuk sumber tenaga (metabolisme) dalam menjalani kehidupan & bereproduksi/beranak pinak. 

Masalahnya manusia di jaman sekarang mudah dapat kalori, dgn teknologi bisa makan banyak kalori tinggi (tapi minim gizi kayak tepung, gula, minyak prosesan) dan kurang gerak banyak duduk kerja di meja. 

Sekian dulu, semangat ✊ sehat! SAYA PD HARI INI, Salam Pantang Diet

*baca info sehat di pantangdiet.com & join grup FB Pantang Diet: https://www.facebook.com/groups/1085642831500964/ serta Telegram di t.me/pantangdiet untuk mentoring gratis, (INQUIRY: pantangdiet@gmail.com 

 *‎*WhatsApp: 087878105050)
***donasi untuk support website pantangdiet.com ke rek bca 3450150079 

Iklan