Trigliserida Tinggi Bikin Rakus (Leptin Resistance) 

Kadar lemak alias trigliserida yang banyak beredar di darah menghambat sinyal kenyang dari hormon leptin ke otak, makan jadi rakus dan berlebihan, beresiko kegemukan serta diabetes.

Trigliserida yang tinggi juga rawan kena sakit jantung, turunkan dengan pola makan rendah karbohidrat dan gula, juga batasi lemak atau minyak yang tidak sehat, lanjut baca studi plus solusinya di pantangdiet.com

 

Menurut studi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/15111494/

“trigliserida memicu resistensi leptin di jalur otak-darah” yang artinya:

1. Kadar lemak tubuh yang kebanyakan akan beresiko kelebihan berat badan hingga obesitas dan/atau diabetes (walau tampak kurus: skinny fat, berlemak di organ dalam) 
2. Otak kita menjaga kadar lemak badan agar tak berlebihan, dengan menerima umpan balik sinyal dari sel-sel lemak.
3. Jika makan sudah berlebihan, sel-sel lemak yang kepenuhan akan mengirimkan sinyal hormon leptin ke otak supaya tubuh tidak kebanyakan lemak, leptin yang diterima otak akan diartikan sebagai rasa kenyang agar berhenti makan dan mengurangi asupan kalori.
4. Sinyal kenyang dari hormon leptin ini bisa terhambat oleh kadar trigliserida yang tinggi. Jalur darah-otak yang dilalui leptin akan terhalang oleh kadar lemak darah atau trigliserida yang tinggi (terbukti pas studi) 
5. Trigliserida atau lemak darah yang beredar bisa meningkat karena konsumsi karbohidrat dan gula sehingga tubuh fokus pada pembakaran glukosa untuk tenaga maka trigliserida tidak dimanfaatkan dan banyak di dalam darah.
6. Maka solusinya adalah diet rendah karbo & gula, karena jika kebanyakan glukosa serta fruktosa jika berlebihan akan diubah oleh hati menjadi trigliserida juga.
7. Selain itu konsumsi lemak & minyak yang tinggi bisa berkontribusi menjadi trigliserida, kecuali dari lemak tak jenuh Omega 3 (dari ikan & daging atau krill-oil) dan ganti minyak dengan zaitun (olive oil) keduanya malah menurunkan trigliserida.
8. Hal lain yang bisa menyebabkan resistensi leptin adalah inflamasi kronis (konstan bukan yang akut) jadi turunkan stres, kurangi toksin juga yang dari mikroba usus (LPS), serta jika menurunkan berat badan akan menurunkan resistensi leptin dan jika ditambah berolahraga itu menurunkan inflamasi di otak, plus olahraga juga meningkatkan HDL & menurunkan trigliserida.
9. Puasa singkat (sehari) bisa menurunkan trigliserida namun puasa lebih dari 2 hari bisa meningkatkan trigliserida, walau keton juga naik yang bisa menekan nafsu makan.
10. Kesimpulannya, trigliserida tinggi menyebabkan hormon leptin sebagai sinyal kenyang terhambat, bikin orang lebih rakus dan makan berlebihan, turunkan trigliserida/lemak darah untuk mengurangi kadar lemak tubuh/lemak badan di organ dalam (visceral fat)

*baca info sehat di pantangdiet.com & join grup FB Pantang Diet: https://www.facebook.com/groups/1085642831500964/ serta Telegram di t.me/pantangdiet untuk mentoring gratis, (INQUIRY: pantangdiet@gmail.com 

 *‎*WhatsApp: 087878105050)

Iklan