KEMUNGKINAN Kesalahan Diet Sehat

Secara opini (bukan kebenaran mutlak ya 😂 apalagi advis medis), 

Ada 3 potensi “kesalahan umum” orang yang berdiet tapi malah menggangu tiroidnya…

#teleminaRingkas

Orang berdiet ingin sehat, memilih pola makan dan kebiasaan yang ternyata bisa menggangu tiroid.

Apa itu? Utamanya defisiensi yodium karena hormon tiroid butuh yodium.

Dan yodium itu mudah menguap, padahal penting, makanya sampai ada kebijakan garam dikasih yodium.

1. Tapi orang yang ingin sehat biasanya ganti garam ke himalayan salt, sea salt, garam yang kurang yodium atau malah sekedar mengurangi konsumsi  garam.. Ini bikin defisiensi yodium.

Kedua, orang mengkonsumsi sayuran hijau segar secara mentah, raw, itu mengandung goitrogen yang hambat penyerapan yodium seperti brokoli, kale, kembang kol, sawi, sayuran hijau, kimchi, dan suplemen yang mengandung sulphorapane itu juga hambat metabolisme yodium, juga yang mengandung isothiocyanate, seperti umbi, singkong, tepung serta gluten itu bisa picu endotoksin dan leaky gut, semuanya itu menggangu tiroid.

Bukan berarti semuanya benar benar dilarang, kalau mau makan sayuran baiknya dimasak, dan umbi yang aman kentang rebus, mesti konsumsi makanan tinggi yodium juga seperti ikan, seafood dan garam beryodium tinggi.

Ketiga, diet yang terlalu rendah kalori dan kurang karbohidrat serta protein, membuat defisiensi gula yang dibutuhkan untuk metabolisme glukosa dalam menghasilkan energi dan co2, kekurangan co2 menghambat penyerapan oksigen ke sel2 memicu hormon stres terus glukoneogenesis, itu tekan tiroid.

Itulah beberapa hal yang bisa ganggu kinerja tiroid kita sebagai metabolic master regulator.

Sekian, 

Dan terima donasi! Hihihi 😂 😁 yang emosi silahkan tenangkan diri dan bantah secara ilmiah aja ya… Join grup fb pantang diet dan telegram.me/pantangdiet untuk konsultasi

Iklan