Minuman Sehat PD2018: SUSU, KOPI, JUS JERUK

Yang utama itu tetap makan protein, paling tinggi thermic effect nya, bikin kenyang tahan lama dan esensial untuk seluruh sel-sel.

Jika kurang makan daging, ayam, ikan, telur bisa tambah minum susu untuk kebutuhan protein serta zat-zat gizi lain.

PD secara empiris pro-susu.

Tapi susu bisa menjadi topik yang kontroversial.

Beberapa akan mengatakan susu itu buruk dan susu penuh dengan hormon, antibiotik dan racun; Susu itu bikin alergi dan sulit dicerna.

Tapi banyak masalah susu sebenarnya bisa ada gangguan dari pengolahan produk susu yang merupakan penyebab dari banyak masalah ini.

Jika susu itu alami sebenarnya sangat bergizi dan bagus untuk tubuh, yang tidak baik bahan tambahan untuk pengantar vitamin sintetis, zat pengental, dll.

Susu mengandung lemak sehat yang alami, protein yang baik dan gula susu yang disebut laktosa yang cepat diserap tubuh sebagai sumber energi.

Protein dalam susu sapi kebanyakan kasein, sisanya adalah whey. Hati-hati proses pembuatan susu jadi bubuk menurunkan kandungan protein dan meningkatkan toksisitas.

Lemak dan kolesterol di dalam susu rawan teroksidasi menimbulkan inflamasi, baiknya susu cair atau kalau yang bubuk cari susu tanpa lemak & gula.

Utamanya susu itu merupakan sumber protein terbaik masalahnya ada di pestisida berbahaya yang disemprotkan pada rumput pakai sapi dan juga zat aditif atau tambahan yang dimasukkan ke dalam persediaan susu, bukan susunya yang bermasalah.

Tapi industri susu lebih aman daripada kebanyakan makanan lain dalam hal polutan dan toksin. Susu juga memiliki macronutrient lengkap yang dengan rasio protein, karbohidrat dan lemak yang cukup serta beragam vitamin serta mineral plus elektrolit!

Banyak alergi susu itu sebenarnya intoleransi laktosa, yakni enzim yang batu cerna laktosa yang berkurang setelah dewasa, bisa coba minum sedikit demi sedikit dahulu untuk memaksimalkan produksi enzim laktase atau makan keju.

Laktosa membantu penyerapan kalsium yang baik untuk kepadatan tulang.

Alasan lain mengapa orang tidak minum susu adalah katanya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi penelitian yang membuktikan sebaliknya;

Peminum susu malah lebih langsing dibanding yang tidak minum susu sama sekali.

Sebuah studi 2010 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asupan kalsium susu yang lebih tinggi dan peningkatan vitamin D terkait dengan penurunan berat badan lebih cepat dengan diet juga yang tepat.

Sebuah studi serupa di Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan kalsium yang kurang merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penambahan berat badan pada orang dewasa.

Kalium bersama protein membuat susu jadi anti obesitas, menjaga nafsu makan tidak berlebih serta meningkatkan metabolisme.

Kalsium mengurangi pembentukan lemak dalam tubuh, meningkatkan laju metabolisme, melindungi terhadap oksidasi radikal bebas dan meningkatkan kesehatan jadi berumur panjang.

Susu membantu mengatur gula darah dan memiliki sifat anti inflamasi dan hormon pelindung seperti tiroid dan progesteron.

Vitamin D, ditemukan pada produk susu juga menurunkan peradangan yang dapat menyebabkan tingkat metabolisme yang lambat.

Susu memiliki efek penyembuhan pada hati sebagai efek anti-inflamasi dan efek anti-oksidan.

Kalsium dalam protein diet memiliki efek anti-stres, mengendalikan hormon paratiroid (PTH) juga.

PTH mengatur metabolisme kalsium. Jika kita tidak cukup mengkonsumsi kalsium melalui makanan/minuman, kalsium darah menurun dan PTH meningkat.

Ketika PTH meningkat, ia mengambil kalsium dari tulang bikin keropos untuk untuk mengisi jumlah di dalam darah.

Tapi bahaya PTH yang meningkat tidak berhenti dengan kalsium yang lebih rendah, mereka menjadi jauh lebih buruk!

Peningkatan PTH sebabkan:

Kalsifikasi jaringan
Multiple sclerosis
Tekanan darah tinggi
Insomnia (makan susu bisa membantu tidur!)
Hipertensi

Plus, rendahnya PTH juga menurunkan sintesis asam lemak yang menurunkan kemungkinan tumor.

Tingginya PTH dan FAS jelas terkait dengan kanker, termasuk prostat dan kanker payudara.

Sekilas soal susu, lanjut dengan kopi atau jus jeruk?

Kopi itu kemungkinan besar, manfaat kesehatan dari minum kopi adalah karena kandungan kafeinnya. Kafein adalah alkaloid berbasis tumbuhan dan stimulan alami. Banyak penelitian telah dirilis selama bertahun-tahun yang menunjukkan bagaimana pengaruh kafein terhadap beberapa proses tubuh – memiliki efek antioksidan, membantu mengatur insulin, dan dapat menurunkan peradangan atau inflamasi.

Kafein melindungi hati dari racun, termasuk alkohol. Kopi telah terbukti mengurangi risiko kerusakan hati dan mengurangi risiko sirosis pada mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit ini.

Peminum kopi cenderung tidak memiliki indikasi kerusakan hati.

Sebuah studi baru-baru ini di Journal of Agriculture, Food & Chemistry menemukan bahwa kopi memiliki efek anti-diabetes, menekan resiko fatty liver atau pembengkakan hati dari lemak dan menekan hiperglikemia, atau gula darah tinggi.

Kopi mengandung konsentrasi tinggi magnesium, antioksidan, niasin (vitamin B3) dan thiamin (vitamin B1), serta sel beta, yang mungkin menjelaskan mengapa peminum kopi secara statistik memiliki lebih sedikit diabetes. Studi tentang penderita diabetes, sebenarnya menunjukkan manfaatnya nampaknya meningkat dengan minum kopi.

Kafein dapat membantu mempertahankan produksi hormon tiroid dan progesteron dan mengkompensasi kekurangan apapun.

Minum berkafein juga bisa meningkatkan kadar progesteron dalam darah dan otak, meningkatkan kecerdasan!

Manfaat kopi setidaknya tiga cangkir setiap hari untung kulit telah terbukti melindungi dari bentuk kanker kulit yang paling umum, karsinoma sel basal.

Pria peminum kopi 10 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit daripada mereka yang minum kurang dari satu cangkir kopi berkafein per bulan. Di antara wanita, pengurangan risiko ini hingga 21 persen!

Kafein dalam kopi melindungi diri dari penyakit Alzheimer.

Sebuah studi di Journal of Alzheimer’s Disease mengukur kadar kafein darah pasien selama periode 2-4 tahun dan menemukan bahwa asupan kafein / kopi dikaitkan dengan penurunan risiko demensia atau Alzheimer, terutama bagi mereka yang sudah memiliki gangguan kognitif ringan.

Pasien dengan gangguan kepikunan mungkin dapat menghindari, atau menunda, mengalami demensia dengan minum beberapa cangkir kopi setiap harinya

Minum kopi asli bukan dari sekedar kafein, bahkan kopi decaf pun masih mengandung banyak nutrisi, antioksidan, serta mineral menyehatkan.

Jika merasa anxiety, gelisah, coba minum kopi setelah makan, bisa ditambahkan gula, krim susu, atau susu murni.

Kopi lebih baik dari teh yang bisa mengandung fluoride seperti pada teh hijau, malah mengganggu tiroid, kopi lebih baik untuk tiroid & metabolisme.

Secara statistik, penderita kanker kolon/usus lebih rendah pada peminum kopi juga.

Lanjut, jus jeruk..

Banyak orang takut sama gula, menakut-nakuti tentang kandungan fruktosa di buah buahan tanpa tahu lebih dalam soal biokimia dalam sistem endokrin hormonal manusia.

Misalnya jeruk yang dulu dianggap sebagai superfood, jaman now dihindari karena dianggap tidak sehat, gula dalam jus jeruk bikin diabetes, dll.. Tapi tidak mengerti ilmunya.

Satu jeruk sedang mengandung protein 1,23 gram, 62 kalori dan sedikit serat makanan, kandungan gizi lainnya meliputi:

Kalium – 237 mg
Fosfor – 18 mg
Magnesium – 13 mg
Kalsium – 52 mg
Besi – 0,13 mg
Selenium 0,7 mcg
Mangan – 0,033 mg
Tembaga – 0,059 mg
Seng – 0,09 mg

Juga mengandung sejumlah kecil mineral lainnya.

Vitamin A – 295 IU
Vitamin B1 (tiamin) – 0,144 mg
Vitamin B2 (riboflavin) – 0,052 mg
Niacin – 0,369 mg
Folat – 39 mcg
Asam pantotenat – 0,328 mg
Vitamin B6 – 0,079 mg
Vitamin C – 69,7 mg
Vitamin E – 0,24 mg

Berisi beberapa vitamin lain dalam jumlah kecil.

Jus jeruk mengandung banyak vitamin C yang merupakan antioksidan utama kita.

Manusia tidak seperti kebanyakan hewani yang bisa produksi vitamin C dalam diri, manusia (juga kera & kalong) mesti mendapatkan vitamin C dari makanan khususnya buah.

Kita tahu bahwa antioksidan membantu daya tahan tubuh kita meningkatkan sel darah putih. Jumlah sel darah putih yang meningkat ini membantu tubuh kita bertahan melawan infeksi virus, bakteri dan pathogen asing yang dapat menyebabkan penyakit di tubuh.

Ingat, jeruk sering dipanen di musim flu juga, ini adalah salah satu obat alami melawan terhadap flu atau pilek.

Vitamin C juga penting bagi tubuh untuk membuat kolagen, perbaikan jaringan tubuh, kulit dan pembuluh darah juga dapat membantu kesehatan tiroid terutama dalam produksi T3.

Kalium adalah mineral lain yang ditemukan pada jeruk dan buah-buahan tropis. Kalium sangat besar karena membantu tubuh mengatasi cairan dan sodium.

Kurangnya kalium atau potasium bisa menyebabkan edema. Kalium juga membantu fungsi saraf, kontraksi otot, dan regulasi pH, gula darah, serta membantu metabolisme produksi tenaga dari pembakaran di mitokondria.

Diet tinggi kalium diperlukan untuk mengatasi tekanan darah rendah, menurut Gropper dkk dalam buku “Advanced Nutrition and Human Metabolism.”

Kalium adalah elektrolit kunci, pompa energi selular yang menentukan tingkat tenaga juga pembakaran lemak dan glukosa, penting untuk kesehatan jantung kita semua!

Mineral baik lainnya yang dimiliki jeruk adalah magnesium. Magnesium sangat penting untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan magnesium dari garam Epsom, MO oil, atau sop kaldu tulang.

Tapi, kenapa tidak jus jeruk? Kombinasi magnesium dan potassium atau kaliumnya membantu menurunkan tingkat stres di tubuh bersama gula dari buah jeruk dan menurunkan peradangan dari zat alaminya.

Jus jeruk adalah suplemen yang baik daripada meminum pil-pil yang tidak alami, dan jangan takut gula karena itu adalah makanan otak kita, otot juga menyerap gula untuk tenaga, jika kebanyakan lemak malah bahaya itu menghambat sinyal insulin untuk otot dan hati menyerap gula (resistensi insulin), lemak juga meracuni organ seperti hati & pankreas, jadi meradang hingga diabetes.

Jangan takut makan buah!

Iklan