Ginjal, Diabetes dan Lemak

Ginjal jarang dipikirin orang saat melihat masalah kelebihan berat (lemak) badan, obesitas, sakit diabetes, dan tentang biaya kesehatan yang tinggi.

Ginjal itu penting banget dan paling sulit pulih kalau udah rusak, tidak seperti organ lain yang bisa self-healing lebih baik.

Dan kalau sudah sangat turun fungsinya (filter/menyaring) maka mesti dicuci dengan alat medis atau dialisis yang mahal.

Tahun lalu anggaran tahunan untuk NASA adalah kurang lebih 19 miliar dolar, tapi kalah banyak dengan biaya cuci darah di AS.

Angkanya dari data kesehatan Amerika adalah 64 miliar dolar digunakan untuk perawatan yang berkaitan dengan penyakit ginjal kronis dan 34 miliar dihabiskan untuk penyakit ginjal stadium akhir (sumber: Brad Dieter)

Dan faktor utama yang menyumbang hampir seluruh penyakit gangguan ginjal hingga masalah gagal ginjal sampai harus cuci darah/dialisis adalah penyakit diabetes khususnya tipe kedua, kalau diabetes tipe 1 itu sakit otoimun yang membuat pankreas penghasil insulin rusak.

Tapi diabetes yang paling banyak adalah tipe dua dimana dasarnya adalah resistensi insulin, ini terjadi karena isu lemak yang meradang, makanya banyak diabetes diawali dari kelebihan berat badan terutama di lemak.

Adapun yang kurus tapi mendadak diabetes, itu juga memiliki simpanan lemak di organ, bukan yang terlihat di bawah kulit (lemak subkutan) tapi lemak yang tak tampak dari luar namun menumpuk di organ alias visceral & ectopic fat.

Sel-sel lemak ini seperti balon yang menampung lemak-lemak dari asupan makanan juga hasil kelebihan kalori karena kurang gerak banyak makan khususnya yang berlemak/berminyak.

Balon lemak ini kalau terus bertumbuh banyak (hyperplasia) tidak terlalu bermasalah, bisa gemuk tapi masih sehat, masalah mulai muncul jika balon-balon lemak ini terus membesar, membengkak (hypertrophy) dan meradang, jadi merusak organ.

Hati yang berlemak jadi resistensi insulin, memproduksi gula banyak jadi naikin gula darah, otot yang banyak lemak juga tidak bisa menerima sinyal insulin sehingga tak menyerap glukosa jadi gula darah tinggi.

Lalu pankreas yang rusak akibat lemak (lipotoxicity) jadi terganggu produksi insulinnya, defisiensi insulin = DIABETES !!!

*catatan:
Makanya ciri awal pra diabetes sebelum gula darah tinggi adalah lemak darah atau trigliserida yang meningkat juga ciri resistensi insulin kalau makan/minum karbohidrat atau gula, gula darah melonjak tinggi lama turun tapi malah coba makan makanan berlemak atau berminyak dengan total asupan kalori yang banyak itu yang makin membuat intoleransi dengan karbo/gula dan memperparah resistensi insulin.

Salam Sehat,

Silahkan lanjut baca-baca informasi sehat di pantangdiet.com

Join diskusi di grup FB Pantang Diet: https://www.facebook.com/groups/1085642831500964/

Serta sharing bareng dengan aplikasi group chat Telegram di t.me/pantangdiet untuk mentoring gratis, info: t.me/infopd

INQUIRY: pantangdiet@gmail.com
& WhatsApp: 087878105050 untuk pesan EBOOK Pantang Diet 2018 plus PD Cara Cepat Turun Berat Tapi Sehat

#pantangdiet #tipsdiet #mitosdiet #dietsehat #DietTanpaLapar #buah #daging #protein #realfood #gula #susu #ilmudiet #konsultasidiet #caradiet #nutrisi #tiroid #metabolisme #diet

Iklan