5 Cara Bakar Lemak tubuh untuk Berat Badan Ideal

Dari Grup Telegram.me/pantangdiet #tipspd :

5 Cara Bakar Lemak tubuh untuk Berat Badan Ideal

#tipspd 1: Membakar lebih banyak kalori daripada yang dimakan sehingga tubuh akan mengakses cadangan kalori di dalam simpanan lemak badan.

Cara menurunkan berat badan itu simpel: bakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi, maka berat badan akan turun khususnya di lemak.

Caranya ada yang menghitung-hitung, walau kurang akurat, tapi lumayan membantu.. Misal dengan membuat #foodiary lalu dikalkulasi kalorinya, bisa dengan aplikasi kayak my fitness pal, dll.

Ada juga yang berpuasa, skip sarapan atau ngga makan malam, yang jelas kalau puasa hingga berhari-hari ngga makan, itulah cara tercepat menurunkan berat badan, walau yang berkurang bukan hanya lemak tapi otot dan tulang, solusinya? PDCC alias protein sparing modified fasting, ada di EBOOK.

Intinya kurangi porsi makan, atau frekuensinya hingga membatasi makronutrisi tertentu seperti tidak konsumsi karbohidrat (diet low carb, keto), batasi lemak, dll.

Yang jelas, makan makanan bergizi (cukup protein, vitamin & mineral seperti kalium) akan menghilangkan nafsu makan berlebihan, hindari junk-food atau makanan olahan yang diproses di pabrik, itu malah bikin mudah lapar dan rakus.

#tipspd 2: Makan lebih banyak protein khususnya dari sumber hewani yang rendah antinutrisi.

Dari semua jenis diet, pola makan protein sedang hingga tinggi adalah yang paling unggul dalam menurunkan kadar lemak lemak badan tanpa efek samping negatif asal ginjalnya sehat, tidak ada laporan binaragawan pada bertumbangan akibat konsumsi tinggi protein, jadi aman aja ada studinya juga.

Menurut studi juga, protein memicu rasa kenyang tertinggi, jadi mencegah makan berlebihan dan ngemil.

Protein juga meningkatkan metabolisme tertinggi (thermic effect of food) sehingga pembakaran kalori sepanjang hari lebih banyak karena protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna daripada karbohidrat atau lemak.

Dan keuntungannya, bila konsumsi protein cukup disertai dengan latihan beban, bisa mencegah kehilangan otot yang biasa terjadi ketika orang diet ketat atau berpuasa, malah protein plus angkat beban mampu menambah massa otot.

Konsumsilah minimal 75~125 gram protein sehari (akumulasi kandungan protein bukan berat total makanan) dan dapatkan protein dari sumber yang baik seperti daging kurang lemak, telur, ikan, keju, dan susu whey.

#tipspd 3: Makan lemak sesuai kebutuhan saja dan tetap konsumsi karbohidrat sehat.

Lemak dalam makanan akan menambah lemak di sekitaran lingkar pinggang, paha, perut.

Lemak hewani, mentega asli atau butter dan minyak zaitun, lebih baik daripada lemak dari kacang-kacangan, minyak nabati lain, dan alpukat yang cenderung bisa berlebihan.

Sebaliknya, konsumsi karbohidrat sehat seperti buah membantu mengurangi rasa lapar mengidam alias craving makanan junk-food, coba saja cukup makan buah-buahan pasti jadi malas makan gorengan kayak donat.

Seberapa jumlah lemak yang cukup, itu hanya sedikit sekali (beberapa gram saja) untuk yang esensial seperti Omega 3, sedikit lemak lain untuk bantu cerna vitamin plus produksi hormon seperti testosteron.

Makanlah lemak secukupnya aja, hindari minyak-minyak, cukup dari krill-oil dan konsumsi karbo yang sehat (yaitu karbohidrat yang bisa memperbaiki insulin, dengan mengandung kalium dan vitamin C, menormalkan kadar gula darah, bukan asal rendah tapi jadi alergi buah).

Dapatkan mayoritas kalori dari protein dan sumber karbohidrat yang sehat serta hindari lemak khususnya trans-fat buatan, yang terkait dengan banyak masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

#tipspd 4: Aktif bergerak, olahraga atau sekedar jalan kaki dan banyak berdiri tidak hanya duduk-duduk saja.

Banyak orang ingin kurus dengan olahraga kardio. Walau olahraga kardio seperti jogging dapat membantu membakar beberapa kalori, tapi pembakaran kalori yang utama adalah aktivitas sehari-hari ditambah massa otot, semakin banyak semakin tinggi pembakaran kalori dari lemak dalam sehari walau sedang tidur-tiduran saja.

Jadi sebaiknya kalau mau berolahraga coba angkat beban, meski ingin tubuh yang lebih kecil, tapi tetap harus mengangkat beban berat dan membangun kekuatan.

Bobot berat beban membantu mempertahankan dan bahkan menambah massa otot, memperbaiki komposisi tubuh jadi lebih ideal dengan lemak minimal, dan diluar jam olahraga bisa perbanyak berdiri serta jalan kaki untuk menormalkan insulin dan gula darah setelah makan, sehari usahakan jalan kaki selama sejam atau lebih bisa dicicil hingga 10 ribu langkah atau lebih untuk kurus.

#tips 5: Tidur minimal 7 jam semalam dan berjemur kena sinar matahari selama beberapa menit sehari plus bersosialisasi.

Kurang tidur meningkatkan kadar kortisol, hormon stres, yang menyebabkan tubuh lebih banyak menyimpan lemak.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 6.000 peserta, periset Jepang menemukan bahwa jumlah tidur yang lebih pendek dikaitkan dengan tingkat BMI yang lebih tinggi dan lingkar pinggang yang lebih besar, alias kurang tidur bikin kelebihan berat badan.

Kurang tidur juga mengganggu produksi hormon pertumbuhan dan pemulihan, jadi mudah sakit serta lama sembuh.

Tidur setidaknya tujuh jam tanpa gangguan setiap malam. Jika ada masalah tidur, berhentilah minum kafein di sore hari (konsumsi kopi di pagi hari atau pakai yang decaf).

Tapi membatasi konsumsi karbohidrat akan merusak kualitas tidur dengan peningkatan kortisol juga, untuk menguras hormon stres ini kita perlu bersosialisasi alias habiskan waktu berkualitas dengan keluarga serta sahabat yang positif (hindari negativitas dari vampir energi alias orang yang menyedot energi psikologis kita!)

Vitamin D akan membantu perbaikan otak dan saraf ketika tidur, plus mikroba usus sebagai otak kedua perlu bantuan vitamin D untuk metabolisme sehingga kita butuh berjemur, kulit kena sinar matahari supaya kolesterol jadi vitamin D, juga untuk setting ritme aktif-rilekasasi di siklus sirkadian harian secara normal.

Sekian, silahkan pesan ebooknya via japri saya (087878105050) juga krill-oil dan whey ke no 08118079977

Iklan