Siklus Harian Ritme Sirkadian

Jadi Konduktor untuk Simfoni Siklus Sirkadian Harian Anda:

Pagi hari dimana kortisol si hormon stres naik (baik untuk bangun tidur) bagusnya sarapan/sahur protein hewani untuk menurunkan gula darah yang naik akibat hormon stres ini, karena protein picu insulin yang bantu kelola gula darah dan akan menekan hormon lapar ghrelin seharian tidak rakus.

Siang puasa aja kalau tidak lapar, atau utamakan makan makanan bernutrisi tinggi seperti daging, ikan, keju/susu, telur, hati dan buah-buahan yang bergizi, vitamin plus mineral penting serta sayuran jika tidak ada masalah pencernaan.

Di siang hari aktif, bergerak atau berolahraga, terpapar sinar matahari, bersosialisasi sambil ngopi2 boleh aja.

Sore hari menjelang malam jangan ngopi atau decaf aja, kalau lapar makan malam/berbuka bisa dengan yang manis/karbohidrat lebih tinggi supaya relaks dan nyenyak, serta setelah 8 jam tidur makanan berkarbo itu akan selesai dicerna jadi cadangan tenaga untuk digunakan besok lagi..

Malam saatnya beristirahat dalam gelap, supaya hormon melatonin tinggi menurunkan hormon stres juga reparasi sel2 plus saraf di otak juga.

Itulah ritme sirkadian sesuai dinamika hormon2 yg sehat, hindari juga sumber stres tinggi, konflik, polusi, junk-food tapi tak perlu diet-dietan, diet ketat terlalu rendah karbohidrat malah kortisol bermasalah dan hormon insulin terganggu.

Awasi jika ada gejala susah tidur, tanda hormon stres tinggi, suka nafsu makan berlebihan, mudah lelah atau marah, kena gejala ini itu, dll.

Optimal kan kesehatan dengan mengatur dinamika hormonal dengan pola makan dan gaya hidup sehat ala PD alias Pantang Diet (pantangdiet.com) info lengkap pesan ebooknya plus tips tips dan resep2 serta join juga grup Facebooknya yaa!

#pantangdiet #circadian #PD #ebook #diet #karbohidrat #ritmesirkadian

Iklan