Makanan Untuk Manusia

Sekali lagi, soal jenis makanan (diskusi dari grup chat aplikasi Telegram.me/pantangdiet)

Gini aja, bayangkan manusia baru tercipta di bumi, selama beberapa ratus ribu tahun didesain pencernaannya makan apa coba?

Bayangkan manusia purba itu pasti makanannya daging, dari hasil mereka berburu.. Itu pasti, sudah dikonfirmasi dari analisis radioaktif dan temuan arkeologi, liat aja lukisan gua, binatang2.

Biasanya yang jalan jauh berburu itu para pria, wanita menjaga desa sambil mengumpulkan buah-buahan, madu, dan bisa saja sambil berburu memakan buah sementara belum dapat buruan, bahkan ada yang coba2 makan kacang dan umbi tapi sedikit dan sesekali pas ketemu aja pohonnya, sedikit karena tidak ada kebon kacang, kebon singkong, dll.

Tapi adakah yang memakan daun? Alias sayuran begitu aja? Makan aja dedaunan ambil dari pepohonan, semak-semak, emang enak?

Banyak zat2 kimia yang mungkin beracun, sayuran atau daun biasanya hanya utk obat dengan dosis tepat, ga sembarangan daun/sayuran dimakan, bisa keracunan!

Sayuran jaman sekarang itu ga ada jaman dulu, brokoli itu hasil rekayasa manusia modern setelah beberapa kali mengkombinasi lewat kawin silang dll, mencari sayuran yang bisa dimakan rendah racun.

Semua sayuran yang kita makan jaman now ga ada di jaman dulu, itu makanan rekayasa walau masih terkesan alami.

Yang bahaya adalah makanan prosesan yang udah jauh dari kesan alami, yaitu makanan olahan pabrik, junk-food, tinggi pati/tepung dan lemak/minyak-minyak tapi rendah nutirisi, hanya bikin lapar serta naikin nafsu makan jadi berlebihan, asupan kalori jadi tinggi sementara gizi kurang.

Itulah sumber masalah kesehatan manusia modern, makanan rekayasa, prosesan, olahan, pabrikan, junk-food.

Jadi kalau mau sehat, utamakan makan protein hewani seperti para manusia dari awal selama ratusan ribu tahun makan daging, dan buah2an, tapi supaya ngga stres diet ketat silahkan aja sesekali makan yang dipantang, asal ngga alergi atau tidak ada masalah pencernaan, makan aja sayuran, dimasak lebih baik untuk mengurangi racunnya..

Sekian dulu #teleminaRABU

Iklan