Kombinasi Bahaya Makan Pati Plus Lemak

Jangan kombinasikan makan pati dengan lemak dalam satu porsi makanan..

Dalam Pantang Diet, pati atau starch adalah salah satu jenis karbohidrat yang dipantang..

Karena pati akan memicu kenaikan gula darah tinggi, beda dengan buah-buahan yang baik dan sayuran yang tidak melonjakkan kadar gula darah..

Gula darah yang naik tinggi dalam jangka panjang akan memicu banyak glikasi tanpa regulasi, bisa menghasilkan radikal bebas yang merugikan, seperti pada orang diabetes yang rusak organnya, beresiko sakit jantung dengan pembuluh darah kardiovaskular, rawan kanker, gangguan ginjal, kebutaan serta amputasi kaki..

Banyak yang berpikir menambahkan lemak akan menghambat kenaikan gula darah pada pati, lemak hanya memperlambat penyerapan glukosa dari pati ketika dicerna tetap akan memberikan jumlah karbohidrat yang sama hanya jadi lebih lama kenaikan gula darahnya, malah lebih bahaya..

Kalau hanya makan pati saja, seperti pada PD Cycling, itu masih aman, misal hanya kentang rebus tanpa lemak, ketika dimakan lalu dicerna, gula darah hanya naik sesaat dan bisa cepat diserap sel-sel sebagai sumber tenaga, gula darah tidak akan naik tinggi kelamaan..

Tapi jika pati dicampur lemak, dikombinasikan, misal seperti kentang goreng, mash potato pakai butter, nasi goreng & uduk, donat, burger, pizza, dll..

Kombinasi pati dan lemak ini akan memicu hyperglycemia dan hyperinsulinemia bersamaan, gula darah naik tinggi dalam waktu yang lama karena dirilis perlahan dihambat lemak pencernaannya, serta insulin jadi mengiringi ikut meningkat juga karena resistensi sel-sel akibat sinyal insulin yang dihalangi lemak ..

Lemak ketika dimakan bareng pati/starch makanan berkarbohidrat plus lemak ini, membuat tubuh memprioritaskan pembakaran gula untuk tenaga, lemaknya akan beredar dan disimpan, menghalangi sinyal insulin dan membuat sel-sel jadi resisten pada insulin, bikin tambah parah yang diabetes, pra-diabetes, pcos, segala sakit penyakit yang terkait dengan resistensi insulin..

Kalau mau makan lemak (sehat) seperti pada daging dan ikan serta telur juga susu, hindari pati/starch seperti pada umbi, biji2an, gandum, tepung, namun kalau buah serta sayuran masih bisa ditoleransi, asal akan sebagai side dish atau snack..

Jadi walau PD ALT pun, bebas makan, kalau bisa dipisah, misal ingin makan pati/starch itu tanpa lemak pas makan siang, baru makanan selanjutnya protein hewani plus lemak tapi tanpa pati saat makan malam..

Hati-hati juga lemak jangan kebanyakan, khususnya yang PUFA, bahkan lemak jenuh pun kurangi karena alaminya ada PUFA juga kandungannya, PUFA adalah lemak yang buruk (kecuali yang Omega 3) karena mengganggu tiroid menyerap mineral seperti yodium sehingga membuat metabolisme bermasalah..

Jadi, saran PD2018 masih relevan; penuhi kebutuhan gizi, utamakan makan makanan bernutrisi tinggi, prioritaskan protein hewani, kendalikan karbohidrat konsumsi yang sehat seperti buah dan sayur jika tidak ada masalah sistem cerna, lahap lemak secukupnya saja sesuai kebutuhan yang esensial Omega 3 (boleh suplemen krill-oil), jangan lupakan vitamin seperti vit. D (berjemur) dan mineral penting khususnya kalium, hidup lebih aktif, turunkan stres & cukup tidur.. Semangat ✊ Sehat! Lanjut baca di ebooknya (PD2018 & PD ALT) yaa..

Iklan