Akar Masalah Asam Lambung Naik (GERD)

Gejalanya: Asam lambung naik, sesak nafas, dada panas, ulu hati nyeri, depresi, sering pusing, mual, sakit tenggorokan, mules, dll..

~

Masalahnya adalah: GERD, refluks dari lambung ke kerongkongan, asam mengenai kerongkongan yang tidak dilindungi dengan mukosa kayak di lambung (lambung juga bisa luka kalau lapisan ini lemah atau radang)

~

Akar masalahnya: Semua karbohidrat itu memiliki faktor potensi fermentasi, tinggal dihitung saja berapa gram faktor potensi fermentasi-nya..

~

30 gram karbo yang tak tercerna dengan baik, tidak terserap, maka akan menjadi bahan fermentasi oleh bakteri-bakteri, jadi 10 liter gas!

~

Gas ini kalau dari bakteri di usus besar jadi kentut, kalau di usus halus akan naik ke atas mendorong asam lambung naik dan menekan katup LES sehingga membuka ke kerongkongan..

~

Jadi GERD, asma lambung naik, nyeri ulu hati, heartburn, sakit tenggorokan, asma, sampai pusing & anxiety.

~

Makanan yang tertinggi poin potensi fermentasinya adalah yang tinggi serat, poliol (gula-alkohol) dan gula fruktosa serta laktosa (susu) juga pati yang resisten = bersifat seperti serat.

~

Serat bisa saja bermanfaat bagi yang masih sehat pencernaannya, tapi yang bermasalah mesti dibatasi, usahakan dalam sekali makan faktor potensi fermentasi di bawah 20 gram dan sehari di bawah 50 gram kalau bisa jadi karnivora dulu = tapi hindari hati & minyak-minyak goreng yang murahan.

~

Kunyah makanan yang lama kalau konsumsi karbohidrat, usahakan yang rendah amilosa, tinggi amilopektin lebih baik, kurangi porsi dan berpuasa jika tidak lapar tapi mesti makan yang teratur, hidrasi juga penting..

~

Minum air yang berektrolit, garam kalium, kaldu daging, dan kalau bisa; makan tanpa karbohidrat, coba jadi karnivora sampai sembuh GERD-nya #gerd #acidreflux #asamlambung #infolebihlanjut #ebook #pesanviaDM #WhatsApp087878105050 #emailpantangdietatgmaildotcom @ Pantangdiet.com

Iklan