GERD; FATS OR CARBS?

Asam lambung naik, Salah Lemak atau Karbohidrat?

~

Asam lambung yang naik ke kerongkongan (GERD) itu sering dibilang karena makan makanan berlemak..

~

Katanya: makanan yang tinggi lemak memperlambat pengosongan perut, meningkatkan tekanan ke atas pada katup esofagus bagian bawah (LES) dan meningkatkan kemungkinan makanan dan asam akan naik ke atas.

~

Buktinya adalah, menurut jurnal ilmiah oleh Pehl, et.al menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang terukur pada refluks (asam lambung yang naik) antara makanan yang tinggi lemak dan yang rendah lemak jika secara kalori dihitung sama.

~

Faktanya lagi adalah; yang sering disebut makanan berlemak itu sebenarnya makanan yang juga mengandung karbohidrat cukup tinggi (khususnya potensi fermentasinya) seperti kentang goreng, ayam goreng dengan tepung, donat atau gorengan, pizza atau burger dengan adonan roti.

~

Justru lemak (yang baik), menurut riset, mempercepat proses pencernaan, sehingga malah mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebih sebagai sumber masalah kenaikan asam lambung ini.

~

Fermentasi karbohidrat yang berlebihan oleh bakteri, menghasilkan gas yang menekan katup lambung ke kerongkongan dan mendorong naik asam lambung jadi penyakit GERD.

~

Dalam suatu studi, 30 gram saja karbohidrat yang tak terserap oleh sistem pencernaan, akan menjadi 10 liter gas dari hasil fermentasi bakteri.

~

Baca informasi lebih lanjut di buku saya yang terbaru: Sembuhkan GERD dan GRATIS konsultasi #pantangdiet #pesanviaWA087878105050 #GERD

*sumber: Digestive Health Institute .org

Iklan