Diet untuk Pencernaan yang Optimal

Masalah kesehatan sistem cerna, utamanya yang berkaitan dengan asam lambung seperti GERD dan ketidakseimbangan bakteri usus, memerlukan pola makan khusus.

~

Misalnya diet yang rendah karbohidrat dan dengan rendah karbo/gula (keto),

~

Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat ketat (ketogenik) juga dapat menekan gejala IBS dan GERD, dua kondisi yang terkait dengan SIBO alias pertumbuhan bakteri jahat yang berlebihan di usus.

~

Meskipun seringkali hasilnya baik, tidak semua orang dengan IBS dan GERD dapat cukup meredam seluruh gejala dengan rendah karbohidrat.

~

Penjelasannya adalah diet rendah karbohidrat tidak cukup membatasi serat atau gula alkohol – poliol, keduanya berkontribusi pada potensi fermentasi yang cukup tinggi yang menyebabkan penyakit GERD & IBS.

~

Selain itu, banyak orang tidak bisa mengikuti pola makan yang sangat rendah karbohidrat apalagi yang ketat untuk waktu yang lama, makin susah untuk terus konsisten dengan adanya ‘Carb Craving’ atau selera pada karbo.

~

Diet lain seperti paleo, makan makanan alami, juga kurang membatasi potensi fermentasi khususnya dari pati resisten, serat, juga fruktosa yang banyak di buah.

~

Yang paling mendekati ideal untuk menjaga kesehatan sistem cerna, apalagi jika sudah terserang GERD dan IBS yang disebabkan oleh SIBO, adalah ‘Fast Tract Diet’, juga ‘Specific Carb Diet’ dan diet ‘Low FODMAP’ aja.

~

Yang perlu diperhatikan adalah pembatasan dari potensi fermentasi dari setiap jenis makanan, tapi tak perlu terlalu ketat berdiet sehingga malah menjadi susah untuk diikuti.

~

Proses penyembuhan butuh waktu, namun kehidupan juga perlu dinikmati makanya ikuti Pantang Diet dengan memesan ebooknya serta mengikuti konsultasi gratis di grup atau japri aja.

~

WhatsApp087878105050 atau email pantangdiet@gmail.com #gerd #ibs #pantangdiet #diet #asamlambung

Iklan