MERENCANAKAN SARAPAN PADA PUASA BERKALA

Walau dianjurkan sarapan itu pagi tapi tidak ada waktu sarapan yang ideal, masing-masing orang punya pilihan, yang penting itu yang mana yang bisa dilakukan konsisten jangka panjang.

Apakah skip sarapan atau tidak makan malam, atau sarapan aja pas udah lapar. Atau sesekali menahan lapar, agak random/acak tidak apa-apa supaya tubuh selalu beradaptasi dan metabolisme tidak drop.

Ingat, puasa itu memicu stres juga sama seperti olahraga, kalau cukup kadarnya bisa bagus (hormesis) kalau kebanyakan/berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan.

Makanya bagi banyak orang tidak baik berpuasa terus menerus setiap hari, ditambah dietnya mesti Ketogenik lagi, itu yang makin meningkatkan stres dan tidak baik untuk jangka panjang.

Puasa seminggu dua kali saja, atau minimal sekali lah seharian atau 24 jam dalam seminggu, boleh maksimal puasa 2 hari sekali atau puasa daud, bisa dengan sarapan alias sahur, bisa juga ngga sarapan kalau udah biasa.

Bebas aja makan apa yang penting fokus pada protein hewani dulu, jadi DIET-nya: Daging, Ikan, Elektrolit, Telur.

Tak perlu terlalu rendah karbohidrat atau terlalu tinggi lemak, yang penting minimalisir toksin serta jenis makanan yang bisa bikin sakit.

Kalau udah sakit, penyembuhan barulah PANTANG makanan secara ketat tapi kalau untuk menurunkan berat badan, cukup perhatikan asupan protein dan total kalori aja, puasa membantu restriksi/pembatasan kalori untuk efek sehat autophagy.

Jadi, coba aja sebagai awal sehari makan dua kali dulu, bisa sarapan dan makan siang, atau coba ngga sarapan langsung makan siang dan makan malam, atau malah sarapan, siang tidak makan dan makannya malam atau sore saja.

Dicoba sesekali saja tak mesti setiap hari nantinya kalau sudah biasa, bisa coba seharian (puasa 24 jam) hanya makan sekali dari makan malam ke makan malam besoknya atau dari pagi ke pagi (sarapan) atau siang, bebas aja.

Aturan makan jangan terlalu kaku, mesti fleksibel supaya bisa bertahan lama, termasuk soal pantangan. Salam Pantang Diet! #pantangdiet

Iklan