8 Tips Diet Rendah Karbohidrat untuk Turunkan Berat Badan dengan Mudah

1. Kurangi asupan karbohidrat, kalau perlu hingga menjadi sekitar 20 gram per hari atau kurang (hingga kondisi ketosis alias diet ketogenik atau coba jadi karnivora aja), minimal di awal2.

2. Jangan takut makan lemak, khususnya yang sehat sebagai sumber energi dan dorongan awal untuk meningkatkan metabolisme yang akhirnya akan meningkatkan pembakaran lemak di badan juga!

3. Pastikan konsumsi cukup protein – umumnya sekitar 1,5 gram protein per kilogram berat badan per hari. Protein bikin kenyang dan lebih disarankan sumbernya dari hewani karena lebih rendah anti nutrisi seperti oksalat dan pemicu inflamasi seperti gluten (lectin) atau phyto-estrogen.

4. Makan dua hingga tiga kali sehari dengan setidaknya 30 gram protein minimal setiap kali makan, kalau bisa teratur waktu/jendela makan dan berpuasa jika tidak benar-benar lapar.

5. Kurangi ngemil di antara waktu makan. Tunggu setidaknya 4 jam setelah makan kalau perlu puasa sekitar 18~36 jam seminggu sekali nanti ditingkatkan kalau sudah biasa.

6. Berolahraga secara rutin, yang penting konsistensi dulu bukan kuantitas atau intensitas, bangun disiplin dengan frekuensi olahraga nantinya akan bisa lebih berdisiplin dalam memilih makanan dan jaga dietnya tetap di jalur yang sesuai sampai ke tujuan (turun berat badan).

7. Tambahkan elektrolit seperti garam berkalium. Keseimbangan natrium/sodium dengan kalium/potassium amat penting untuk metabolisme dan tekanan darah yang optimal. Juga bisa menambahkan vitamin D dengan berjemur serta suplemen vitamin C.

8. Jika sudah mencoba semua tips di atas dan berat (lemak) badan masih susah berkurang, coba kelola stres dan tidur dengan lebih baik, serta kurangi porsi dan frekuensi makan kalau perlu hitung kalori supaya bisa dipastikan terjadi defisit kalori atau energi yang diasup lebih sedikit dari energi yang dikeluarkan metabolisme.

~

Semua jenis diet dan cara puasa yang bertujuan untuk menurunkan berat badan adalah dengan menciptakan defisit kalori. Diet rendah karbohidrat hingga Keto bisa membantu meningkatkan metabolisme pembakaran lemak dan menekan rasa lapar ketika berdiet. #pantangdiet #PD

Iklan