OXALATE (Asam Oksalat Sebab Sakit Batu Ginjal dan Banyak Penyakit Lainnya yang Berasal dari Beberapa Makanan Diet yang Dikira Sehat) Jadi: Hati-Hati Vegan, Vegetarian, Keto, Paleo, dll.

OXALATE (OKSALAT) atau asam oksalat adalah zat anti nutrisi yang banyak dari sumber nabati, selain juga merupakan limbah dari metabolisme.

~

Oksalat yang membentuk padatan yang tidak larut seperti kristal tajam bisa bahaya bagi sistem pencernaan dari usus, hati hingga ginjal, membuat tulang keropos, nyeri sendi dan otot, otak plus saraf, sakit mata juga kulit, gangguan tiroid, serta darah (anemia), menekan sistem imun, menyebabkan inflamasi atau peradangan sampai ke penyakit jantung atau atherosclerosis.

~

Kristal dari oksalat ini juga merupakan salah satu sebab utama terbentuknya batu ginjal dari kalsium oksalat yang terdiri dari 80 persen oksalat, 20 % kalsium. Dan banyak oksalat ini yang menumpuk bersumber dari makanan:

~

Makanan yang tinggi kadar oksalat termasuk: banyak sayur hijau seperti bayam, buah seperti rasberi, blueberry, stroberi, anggur, kalau kacang almon, mete, juga kacang tanah dan kacang kedelai seperti pada tahu serta susu soya, biji atau benih, gandum, polong, umbi bit, kentang, kokoa (coklat), kayu manis, termasuk minuman kayak teh.

~

Selain dari makanan serta minuman yang selama ini dianggap sehat, juga bisa dari sisa metabolisme vitamin C yang berlebihan, kekurangan nutrisi seperti Vitamin B6 dan kalsium juga magnesium, tapi yang penting adalah mesti berpola makan PANTANG alias DIET sangat rendah oksalat #oxalate

Iklan