Intermittent Fasting Tips (Bahasa Indonesia: Puasa Berkala dengan Jeda Jendela Makan)

Berpuasa sistem Intermiten atau puasa berkala dengan jeda jendela makan, adalah salah satu metode diet untuk menurunkan berat badan dan mengoptimalkan proses detoksifikasi, autophagy, harmonisasi hormonal, dll.

~

Ketika berpuasa, tubuh mempercepat pembuangan sel-sel yang rusak dan mati (apoptosis) juga pembakaran lemak badan rilis banyak racun/toksin yang tersimpan yang membutuhkan air untuk sarana transportasi detoks.

~

Jadi minum air yang cukup, selain itu juga untuk mencegah pembentukan kristalisasi batu ginjal, tentunya juga diiringi konsumsi mineral (elektrolit) seperti garam berkalium (potassium).

~

Dengan berpuasa, akan lebih mudah untuk membatasi kalori yang diasup dari makanan, menurunkan kapasitas lambung, sehingga lebih mudah untuk merasa kenyang, makanya: utamakan makan makanan sehat dari junk-food.

~

Ketika berpuasa menjelang berbuka, banyak orang akan merasakan lapar dan nafsu makan yang meningkat; hindari makanan/minuman yang padat kalorinya seperti yang tinggi karbohidrat atau gula serta lemak atau berminyak tapi kurang gizinya.

~

Pilihlah makanan yang alami dan mengandung gizi yang tinggi tapi rendah anti-nutrisi ketika berbuka, jendela makan usahakan hanya 5 jam atau kurang-lebihnya satu jam saja.

~

Dengan berpuasa 18~21 jam, akan menurunkan hormon insulin secara signifikan, maka berhati-hati bagi mereka yang punya masalah medis seperti diabetes dan tensi darah tinggi, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan puasa.

~

Setelah beberapa hari/minggu puasa, hormon leptin akan terkalibrasi jadi nafsu makan terkoreksi tidak akan berlebihan lagi makan seperti di awal berpuasa, sehingga cobalah sistem puasa intermiten ini minimal sebulan

~

Untuk melewati masa adaptasi yang biasanya akan ada gejala/keluhan tapi biasanya hanya sementara aja namun silahkan adakan penyesuaian seperti jam puasa dikurangi atau malah bisa ditambah, plus olahraga atau jangan, tambahkan suplemen, multi vitamin, mct-oil, tingkatkan protein (jadi PSMF: Protein Sparing Modified Fasting), dst.

~

Untuk tips lainnya silakan berkunjung ke pantangdiet.com atau konsultasi gratis via WhatsApp087878105050 #pantangdiet #intermittentfasting

Iklan