Gangguan Cemas (Anxiety) karena Bakteri?

Koneksi Anxiety/Anxietas (Gangguan Kecemasan) dengan Mikrobiota di Sistem Cerna.
.
Otak dan perut Anda, saling berkomunikasi sehingga mood atau suasana hati bisa dipengaruhi bakteri di dalam usus Anda.
.
Gangguan cemas atau anxietas (anxiety) memicu rasa takut dan kekhawatiran yang bisa menurunkan produktivitas, mengurangi kualitas hubungan personal hingga kehidupan.
.
Mikroba di perut ini bisa berinteraksi dengan otak via vagus nerve yang terhubung dengan sistem saraf pusat.
.
Beberapa mayoritas neurotransmitter seperti serotonin, dopamin, GABA, dan modulatornya seperti BDNF bisa disintesa oleh beberapa jenis spesies bakteri usus.
.
Selain itu, mikrobiota di sistem cerna ini juga mempengaruhi sinyal hormon, tingkat inflamasi, dan banyak lagi bukan hanya soal pencernaan.
.
Selain menyumbangkan perasaan tertekan atau stres, sebaliknya stres atau depresi juga turut mengubah komposisi mikroba (jadi saling mempengaruhi).
.
Ketidakseimbangan komposisi mikrobiota usus (lebih banyak bakteri jahat atau kekurangan bakteri baik) inilah yang memicu kecemasan atau anxietas hingga gangguan perilaku.
.
Faktor lain yang turut berpengaruh adalah penggunaan antibiotika dan obat-obatan yang berlebihan, makanan ultra prosesan seperti karbohidrat kurang serat, tinggi gula dan lemak pabrikan (minyak sayur/nabati), konsumsi alkohol, stres kronis serta kelahiran dengan operasi Cesar.
.
Sedangkan yang dapat membantu memperbaiki kesehatan sistem cerna adalah makanan berprotein khususnya yang mengandung kolagen & glisin, probiotik serta makanan yang sudah difermentasi seperti kefir, yogurt, kimchi, natto, dll.
.
Bedakan dengan makanan yang tinggi potensi fermentasi, itu malah menjadi bahan baku yang difermentasikan oleh bakteri di dalam usus, sebagai sumber gas yang picu GERD, maag, SIBO, memperparah infeksi dan luka.
.
Beberapa jenis makanan yang tinggi potensi fermentasinya (menimbulkan gas) seperti kacang-kacangan, biji, polong, pati resisten, pemanis buatan, laktosa dan fruktosa serta kandungan serat yang berlebihan >30~50 gram/hari.
.
Baca infonya di ebooknya Pantang Diet Series: Sembuhkan Gerd #GERD #MAAG #ANXIETY #ANXIETAS #MIKROBIOTA

Iklan