Tips-Tips Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan

Bedanya PD (Pantang Diet) dengan Protokol IF (Intermittent Fasting) lainnya seperti OCD, KF, ADF, dll.

Pantang Diet terinspirasi oleh Dr (medis) Bert Herring yang membuat konsep Appetite Correction beda dengan sistem puasa 16/8 dari Lean Gains

(OCD itu ilmunya dari Martin Berkhan dan Brad Pillon, mereka coach atau trainer binaraga).

Kalau PD 4.0 lebih ke pengaturan waktu pola makannya, tidak fokus pada puasanya.

Puasa tidak ketat, bisa makan sedikit atau ngemil telur/buah untuk ganjal lapar menunggu waktu makan,

Jam makannya juga fleksibel tidak harus sama jamnya setiap hari, boleh siang ke sore atau ubah jadi sarapan pagi ke makan siang aja.

Contohnya: Tips teknik ke-1.

Coba tunda sarapan jadi agak lebih siang dan makan malam dipercepat jadi agak sore.

Kira-kira 5 jam durasi makan sisanya puasa tapi tidak ketat (kalau lapar tahan dulu 2 jam biasanya berkurang kalau tidak tahan bisa ngemil telur rebus atau buah sedikit aja sekaligus untuk menyiapkan enzim-enzim pencernaan supaya sistem cerna tidak kaget saat buka puasa, makan jadi tidak berlebihan)

Tips teknik ke-2.

Kalau makan, walaupun bebas, optimalkan nutrisinya. Banyak ragam gizi dan usahakan ada protein, kurang protein bisa bikin lapar.

Jadi protein harus cukup; dari daging, ikan, ayam, telur atau tahu/tempe dan karbohidrat boleh supaya makan lebih puas tapi dibatasi, lemak juga supaya kenyang tahan lama tapi karbo/gula dan lemak/minyak dikurangi jika ingin turunkan berat badan.

Karbohidrat dan lemak adalah sumber energi, jika ingin turunkan berat badan baiknya ambil cadangan energi dari lemak badan jangan banyak dari makanan.

Juga yang penting lagi asupan mikronutrisi, boleh suplemen multivitamin dan mineral seperti elektrolit, disarankan konsumsi garam yang berkalium & yodium penting untuk metabolisme.

Tips teknik ke-3.

Disiplin olahraga minimal sekali sehari mulai dari sekali push-up atau sit-ups yang penting konsisten harian jangan sampai skip kalau sulit kurangi lagi jumlahnya,

Misal sehari coba berjalan kaki mulai dari beberapa ratus meter jalan kaki (tak perlu hingga berkilo-kilometer atau ribuan langkah, yang penting rutin dulu), membangun otot kedisiplinan.

Tips untuk teknik ke-4.

Psikologi dikuatkan dengan afirmasi, relaksasi, motivasikan diri dengan niat kuat hanya tahan lapar beberapa jam dan beberapa hari akan terbiasa lalu hilang laparnya/adaptasi,

Nanti nafsu makan sudah tersetel, porsi otomatis berkurang juga secara alamiah tanpa dipaksa diet/pantang. Jadi frekuensi dan porsi berkurang alami.

Dan; keempat teknik PD 4.0 ini bisa dikombinasikan dengan PD seri GERD atau pola makan yang lainnya.

Bagi yang bisa menjalankan pola makan tertentu selamanya (bukan diet yang sementara) misal seperti low carb, keto, karnivora, puasa daud/pd alt, dll.

Silahkan aja, dijalankan yang penting tahan lama.

Oleh karena, Pantang Diet 4.0 ini lebih ke jangka panjang supaya mudah menjaga nafsu makan kita, bisa selamanya menjaga berat badan ideal & sehat.

*Baca lebih lengkapnya di Ebook PD, pesan ebooknya via WhatsApp087878105050

Iklan