Sel Lemak yang Melawan

Sulitnya Mencegah Kenaikan Berat Badan Kembali dikarenakan Sel-Sel Lemak yang Melawan Usaha Diet

Hanya beberapa orang yang bisa bebas dari obesitas setelah beberapa tahun kelebihan berat badan.

Kebanyakan orang yang kelebihan berat badan selama beberapa tahun, memiliki kondisi biologis yang berbeda dengan orang yang tidak pernah obesitas seumur hidupnya.

Mekanisme biologis ini mendorong kenaikan berat badan kembali, jika sebelumnya sudah berhasil diturunkan (karena sukses diet misalnya).

Tubuh kita dirancang untuk menghindari bencana kelaparan, secara insting selalu mencari sumber energi (kalori) dan gizi.

Dan bagi yang kegemukan lalu berdiet, pengurangan kalori dari asupan makanan (diet atau berpantang) akan memicu mekanisme pertahanan biologis ini.

Jadi, walaupun simpanan energi di lemak badan masih berlebihan ketika berdiet, tubuh akan tetap mendorong konsumsi kalori tinggi lewat peningkatan nafsu makan, dll.

Orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan diet, sel-sel lemaknya mengecil tapi jumlahnya tidak, malah bisa semakin banyak.

Sehingga, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah gemuk, orang yang dulunya kegemukan; memiliki jumlah sel-sel lemak yang lebih banyak.

Sel-sel lemak yang banyak (dengan ukuran yang sudah mengecil), meningkatkan rasa lapar (nafsu makan naik) dan malah menurunkan tingkat pembakaran energi (metabolisme).

Ibaratnya, orang yang pernah obesitas, usaha dietnya seperti berenang melawan arus, sel-sel lemak di badannya melawan balik.

Ada banyak reaksi kimiawi dari sel-sel lemak untuk mempengaruhi keseimbangan hormonal; leptin, ghrelin, dll. Serta dorongan saraf di otak (reward system di hypothamalus) yang sangat sulit untuk dilawan dengan usaha berdiet.

Seseorang yang pernah kelebihan berat badan, tidak bisa lengah sedikit pun, berhenti dietnya, akan terseret arus biologis-neuroendokrin yang sangat kuat untuk mengembalikan status obesitas dan mengisi sel-sel lemak yang banyak menjadi membesar lagi.

Kurang tidur beberapa hari saja, nafsu makan akan meningkat dan susah kenyang, atau kalap konsumsi kalori bablas makan berlebihan akan memicu kenaikan nafsu makan lebih tinggi, bisa juga tingkat stres yang bertambah, obat-obatan ketika sakit, dan banyak hal lainnya akan menambah kekuatan dorongan biologis dari sel-sel lemak yang ingin gemuk lagi ini.

Semakin banyak berat badan yang dikurangi akan semakin deras tekanan dari sel-sel lemak ini, berdiet akan semakin susah.

Berat badan ideal akan semakin sulit diraih, karena sel-sel lemak telah menetapkan set poin berat badannya lebih tinggi lagi.

Jawabannya bukanlah diet tertentu atau berpantang sesuatu jenis makanan, untuk menurunkan berat badan dan menjaga selamanya.

Tapi setel ulang nafsu makannya, buat set poin berat badan di kisaran yang diinginkan/ideal, justru caranya dengan berpantang diet dengan 4 tekniknya.

Baca lebih lanjut di ebooknya dan konsultasi japri ke no087878105050

Info: pantangdiet.com

Iklan