Mengapa Sulit Menjaga Penurunan Berat Badan dalam Jangka Panjang

Semua orang bisa menurunkan berat badan dengan diet apapun, tapi sangat jarang (<5%) yang bisa mempertahankannya lebih dari 5 tahun, mayoritas orang naik lagi berat badannya selesai diet.

Fenomena ini disebabkan oleh seratusan milyar sel-sel lemak yang mengecil setelah berdiet, mirip spons atau kanebo kering yang siap menyerap kembali jika makan di atas 1200~1500 kcal/hari alias hanya makan biasa aja.

Orang yang langsing dan tidak pernah obesitas (jumlah sel-sel lemaknya tidak sampai setengahnya orang gemuk), hormon leptin dan insulinnya mencegahnya menjadi obesitas, sebaliknya bagi yang tadinya kegemukan lalu menurunkan berat lemak badannya, sel-sel lemak yang mengecil tapi jumlahnya masih banyak (seratusan milyar sel-sel lemak) memberikan sinyal kelaparan.

Untuk mengembalikan ukuran sel-sel lemak yang mengecil setelah turun berat badan, tubuh mantan orang obesitas mengurangi thermogenesis (lebih mudah merasa dingin), metabolisme turun.

Hormon yang memicu rasa lapar, ghrelin, yang mestinya ditekan olah insulin & leptin, pada orang yang obesitas atau pernah kegemukan, malah mudah kelaparan susah merasakan kenyang jika tidak makan berlebihan.

Mesti konsumsi makanan dengan variasi makro yang membantu kontrol nafsu makan, jadi mesti komplit dengan keutamaan protein lalu lemak sehat secukupnya (beberapa gram saja) supaya kenyang tahan lama serta boleh karbohidrat untuk kepuasan makan.

Yang penting dijaga kalorinya agar rendah dengan pengurangan frekuensi (pada akhirnya porsinya juga) sehingga bisa saja ketosis (bukan ketoasidosis) tanpa harus diet ketogenik yang berpantang karbo/gula < 20~35 gram/hari.

Jadi tak perlu berdiet ketat atau berpantang, bisa bebas makan apa saja sampai puas, tapi juga belajar mengatasi rasa lapar dengan ilmu psikologi serta meningkatkan metabolisme dengan makanan dan aktivitas yang memicu thermogenesis.

Keempat teknik menyetel nafsu makan ini dijelaskan di ebooknya Pantang Diet 4.0, silahkan pesan via japri/WA ke no: 087878-10-5050 ya!

Tambahan:
Orang normal yang tak pernah kelebihan berat badan; sel sel lemaknya hanya beberapa puluh milyar, orang yang kegemukan hingga obesitas sekitar seratusan milyar lebih sel-sel lemaknya, dan jika diet, orang yang kurusan ini jumlah sel-sel lemaknya tetap banyak, hanya mengecil saja, bahkan jumlahnya bisa bertambah setelah berhenti diet. Bikin gampang naik berat badan lagi dengan seratusan sel-sel lemak yang banyak dan seperti spons, siap menyerap kembali kalori untuk membesar lagi.

Ini lah yang menyebabkan kesulitan dalam mempertahankan berat badan ideal, walau diet apapun.

Iklan