Susah Diet Malah Gemuk? Pantang Diet Aja!

Bagi yang belum baca ebooknya Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan, berikut ringkasannya:

Kebanyakan orang yang diet itu, walau awalnya sukses menurunkan berat badan, lama-kelamaan akan naik lagi berat badannya (> 5 tahun).

Oleh karena, menurunkan berat badan lewat diet akan mengecilkan sel-sel lemak (walau tidak berkurang), tapi menurunkan produksi hormon leptin.

Pada risetnya, tikus yang kekurangan hormon leptin akan kegemukan, nafsu makannya meningkat tapi metabolisme turun.

Masalahnya, hormon leptin ini tidak bisa dijadikan obat, disuntikkan seperti hormon lain karena otak orang kegemukan sudah resisten.

Jadi, diet itu berujung kegagalan dan bisa bikin tambah parah kenaikan berat badan kembali (weight regain) hingga obesitas.

Ini karena nafsu makan tak terkendali, lapar terus, susah kenyang tapi metabolisme nge-drop.

Lebih baik Pantang Diet, jangan diet juga jangan berpantang, diet yang terlalu ketat dan pantang/larangan malah bisa kontra-produktif hingga picu sakit psikologi (eating disorder)

Cara menyetel nafsu makan menjadi normal kembali ke berat ideal alami ada 4 teknik; pengaturan timing pola makan, pengaturan porsi yang fokus pada optimalisasi gizi, pengaturan perilaku agar hidup aktif, pengaturan psikologi untuk mengontrol diri.

Coba kurangi frekuensi makan, misal sarapan lebih siang dan makan malam lebih sore, hingga nantinya bisa hanya sekali makan besar dan sekali makan kecil/ngemil dalam waktu di bawah 6 jam (5 jam)

Lalu agar mudah kenyang dalam waktu lama, penuhi kebutuhan gizi makro yang utama protein dan mikro (vitamin serta mineral penting) serta minimalisir anti nutrisi, walau makan tetap bebas tapi batasi porsi makannya jadi mayoritas protein plus nutrisi alami (boleh suplemen multi-vitamin)

Pada penelitian hewan dan manusia, yang diet, makanannya walau sama ditambahkan multivitamin itu lebih unggul dibandingkan yang plasebo.

Agar metabolisme meningkat, tetap aktif dan rutin berolahraga, minimal rajin jalan kaki dan sering berdiri kalau lama harus duduk, banyak bergerak walau ruang gerak terbatas.

Akhirnya agar bisa konsisten melakukan teknik-teknik menyetel nafsu makan ini, paradigma berpikir dan pengelolaan stres itu perlu dilakukan plus memotivasi diri agar kuat sesekali menahan lapar juga tetap mampu menjalani semua tekniknya dalam jangka panjang.

Tips-tips lebih lanjut silahkan baca EBOOK PANTANG DIET 4.0 (mesti konsultasi juga secara pribadi) personal coaching akan sangat membantu Anda mencapai berat badan ideal menurut studi ilmiah.

Tips lain untuk kesehatan bisa baca EBOOK PD SERI SEMBUHKAN GERD, yang bisa diaplikasikan ke banyak penyakit karena perut adalah awal mula kesehatan, lebih baik jadi karnivora tapi bisa sesekali makan buah dan nasi (dibatasi) daripada harus diet ketat seperti Keto yang sulit dilakukan untuk seumur hidup. #pantangdiet #PDaja

Iklan