Kesalahan Kondisi Ketosis

Nonton versi Youtube di:

Beberapa tips dalam kondisi ketosis seperti pada pola makan Keto (ketogenic diet), puasa (intermittent fasting), diet rendah karbohidrat, sangat rendah kalori, olahraga berat/lama, dll.

Kondisi ketosis ini terjadi karena proses pembakaran lemak yang melebihi rasio dari substrate yang berasal dari karbohidrat (juga protein) sehingga menghasilkan metabolite keton.

Sifat dari ketogenesis ini menekan rasa lapar, meningkatkan produksi energi, sehingga bisa menjadi salah satu alat untuk menurunkan berat badan (diet).

Namun, bisa terjadi beberapa kesalahan yang terjadi dalam diet Keto ini yang menimbulkan keto-flu atau sakit kepala, pusing dan mual, gangguan pencernaan seperti susah bab, susah tidur, serta masalah-masalah lainnya.

Masalah ini biasanya adalah isu kekurangan zat gizi tertentu, defisiensi mineral dan elektrolit (butuh garam lebih seperti sodium/natrium, kalium atau potassium) juga magnesium.

Kalori dari asupan lemak/minyak bisa berlebihan, asupan protein tidak memadai, dan pembatasan karbohidrat tidak cukup atau malah kontra-produktif makanya perlu dipilih dan dirotasi.

Rotasi dalam arti tidak selalu harus dalam kondisi ketosis terus menerus, bisa juga berpuasa dan diselingi berpesta alias makan makanan berkarbohidrat plus kalori lebih tinggi.

Ini disebut cyclical atau musiman, seperti layaknya siklus kehidupan manusia, walau lebih mampu masuk ke dalam kondisi ketosis di bandingkan hewan lain tapi juga lebih mudah keluar dari kondisi ketosis ini.

Maka, ketika kondisi ketosis perhatikan benar sumber lemak, tidak semua jenis minyak itu sehat terutama yang tinggi pemicu inflamasi seperti yang dari nabati atau biji-bijian.

Minyak yang mendukung diet Keto adalah minyak zaitun karena turut membantu autophagy (proses alami pembaruan daur ulang organel sel) juga MCT-Oil untuk produksi keton lebih cepat dan lebih banyak.

Lihat tips-tips lain di video YouTube dan Instagram TV @pantangdiet, jangan lupa pesan ebooknya (harganya bebas berapa aja seikhlasnya) dengan konsultasi gratis.

Iklan