Komuter dan Kesehatan

Komuter adalah penglaju yaitu orang yang bepergian agak jauh biasanya dari rumah ke kantor untuk bekerja lalu kembali lagi pulang.

Kebanyakan komuter yang lama dalam perjalanan lebih dari setengah jam, biasanya 1 – 3 jam/hari mengalami beberapa masalah kesehatan.

Umumnya melanda kepada mereka yang berkendara banyak duduk, tidak aktif bergerak, lama berdiam di kendaraan selama berjam-jam.

Seperti sering nyeri pinggang & punggung sampai ke leher kaku, sakit kepala, stres, kecemasan hingga depresi, gangguan pencernaan.

Dan pastinya menumpuk lemak di perut jadi buncit, lemak darah atau trigliserida serta kolesterol tinggi, bersama juga peningkatan kadar gula darah dan tensi atau darah tinggi, padahal pembuluh darah jadi lebih kaku karena kelamaan duduk.

Sehingga meningkatkan resiko sakit kardiovaskular seperti penyempitan/angina, serangan jantung koroner atau stroke, juga penyakit kencing manis alias diabetes dan kanker.

Namun ada kabar baiknya, bagi para komuter yang aktif bergerak seperti yang banyak berdiri dan jalan kaki, bersepeda, serta di kantor suka naik tangga daripada lift, dan tidak duduk lama (tips-nya: banyak minum jadi sering pipis, lalu cari toilet yang agak jauh, misalnya beda lantai)

Komuter yang aktif terbukti dapat menurunkan resiko terkena sakit kronis seperti diabetes, penyakit kanker dan kardiovaskular/jantung.

Jadi, walau hampir tidak ada waktu untuk berolahraga (kalau bisa sempatkanlah), komuter aktif dapat memperoleh manfaat sehat seperti berolahraga di setiap harinya.

Dengan berangkat ke kantor dan pulang kerja berjalan kaki, banyak berdiri, bersepeda atau berlari, suka naik tangga dan kalau bisa coba bawa tas dengan beban sedikit berat bisa lumayan membakar kalori setiap hari sebagai komuter aktif.

Kerja juga jadi lebih semangat, tidak mudah lapar/craving ingin ngemil, stres atau depresi berkurang, dan toksin akan keluar lewat keringat.

Efek positif lainnya selain sehat, bisa lebih langsing dan akan banyak yang melirik di fasilitas transportasi umum atau di komunitas sepeda/lari (siapa tau ketemu yang cakep!)

Dicoba yaa, mau hidup lebih lama dan menyenangkan kan? Salam PD

Iklan