Cara Kurus Tanpa Diet dan Turunkan Berat Badan dengan Mudah

Jika rata-rata kebutuhan tenaga seseorang per hari sebesar 2000~2500 kalori;

Maka, jika asupan makanan sebesar 2000-2500 kalori itu diimbangi dengan pengeluaran energi sehari dengan jumlah sama, berat badan seseorang akan tetap.

Jika defisit atau jumlah konsumsi kalori lebih sedikit daripada total pengeluaran kalorinya (metabolisme) akan bikin turun berat badan.

Begitu juga sebaliknya, jika surplus alias asupan makanan lebih banyak dari kebutuhan metabolismenya, berat badan akan naik (jadi gemuk).

Tapi kenapa ada orang yang bisa makan banyak tetap kurus padahal tidak juga berolahraga?

Sedangkan banyak orang yang diet malah gagal dalam jangka panjang berat badannya menjadi gendut lagi.

Dalam penelitiannya (dr. James Levine et al. Mayo Clinic) beberapa orang diberikan makanan lebih banyak, jadi surplus tepat 1000 kalori per hari selama beberapa bulan dan dipantau terus dengan sensor gerak yang aktif 24 jam.

Hasilnya kenaikan berat badan masing-masing orang ternyata berbeda-beda, ada yang tetap langsing hanya naik sedikit ada yang naik banyak padahal semuanya tidak ada yang berolahraga.

Ternyata terbukti dalam studi, yang membedakan adalah tingkat aktivitas sehari-hari atau NEAT.

NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis) adalah kegiatan rutin harian yang bukan bertujuan olahraga seperti jalan kaki, berdiri, bersih-bersih, beres-beres, gerakan apapun diluar jam makan dan tidur.

Pembakaran energi dalam kegiatan NEAT ini bisa hingga ribuan kalori sehari jika aktif bergerak,

Dan mereka yang kelebihan berat badan itu kebanyakan duduk 2,5 jam lebih lama daripada yang normal.

Pengeluaran tenaga dari NEAT ini lebih besar daripada olahraga rutin sejam dua jam tiga kali seminggu itu rata-rata hanya mengeluarkan 100 kalori saja per harinya dari olahraga.

Modernisasi mengurangi nilai NEAT, perbedaan pembakaran energi oleh pekerja kantoran dibandingkan dengan petani di ladang bisa hingga 2000 kalori/hari!

Untuk meningkatkan NEAT ini gratis lagi! Cukup dengan mengurangi waktu duduk, perbanyak berdiri dan bergerak, jalan kaki, carilah hobi seperti berkebun atau berdansa, rajin mencuci atau beberes serta perbanyak beraktivitas di rumah, di perjalanan, dan di tempat kerjaan.

Dengan NEAT yang tinggi, tidak perlu lagi berdiet ketat, makan bisa lebih banyak (kalau bisa makannya lebih jarang saja alias berpuasa dengan jendela makan 5-8 jam/hari)

NEAT ini sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja, tak perlu berolahraga secara khusus dan tanpa diet ketat yang menyiksa.

Memang diet ketat bisa membuat defisit hingga 500 kalori per hari, tapi biasanya akan mudah tergoda saat akhir pekan atau suka Cheating membuat efek pengurangan kalori makan menurun saja bisa hanya 200 kalori per hari secara rata-rata.

Dan akan sangat sulit berdiet terus menahan lapar serta craving/ngidam ingin makan ini-itu yang dipantang, kalau bisa silahkan saja.

Olahraga juga tetap lakukan kalau sempat, manfaatnya baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Tapi yang terpenting adalah NEAT, ayo bangun jangan duduk terus, rajin bergerak bikin berat ideal!

Baca ebooknya Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan & Tingkatkan Metabolisme, pesan via WhatsApp087878105050 #pantangdiet

Iklan