Skipping Breakfast May Increase Stroke and Heart Risks

Tidak Sarapan Terkait dengan Penyakit Kardiovaskular (Sakit Jantung dan Stroke) menurut penelitian terbaru dari Journal of the American College of Cardiology Oleh Rong, S, et al. 2019

Data dari ribuan orang selama belasan tahun dalam risetnya menunjukkan bahwa mereka yang tidak sarapan atau cenderung jarang sarapan, meningkatkan resiko sakit kardiovaskular (penyakit serangan jantung, penyempitan, dan stroke)

Hal ini disebabkan, jika orang yang tidak sarapan biasanya bergaya hidup kurang sehat juga.

Biasa begadang atau makan malam terlalu larut sehingga besoknya tidak sarapan.

Sebaliknya, orang yang sarapan biasanya aktif dari pagi.

Ketika pagi hari, tubuh masih sensitif dengan hormon insulin, sehingga gula darah tidak melonjak tinggi.

Aktivitas setelah sarapan juga mengaktivasi hormon lipase pemecah lemak dan nutrisi dari makanan bisa dicerna optimal.

Sebaliknya, mereka yang makan malam dekat waktu tidur/istirahat enzim-enzim cerna dan asam lambung sudah kurang optimal, berpotensi GERD dan gangguan pencernaan, meningkatkan peradangan oleh mikroba usus.

Peradangan atau inflamasi ini adalah sebab utama sakit jantung.

Makan sebelum tidur atau malam sudah kurang aktif, hormon pemecah lemak juga menurun 90% sehingga kadar lemak darah naik, trigliserida yang tinggi juga turut meningkatkan kolesterol dengan LDL sebagai transporternya.

Trigliserida atau lemak darah dan LDL alias kolesterol jahat yang tinggi adalah penyebab penyakit jantung juga.

Dan di malam hari, tubuh sudah mulai resisten dengan insulin, saat istirahat kurang aktif sehingga gula darah naik dan beresiko diabetes.

Diabetes juga sangat terkait erat dengan penyempitan pembuluh darah, atherosclerosis, penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke)

Jadi, sebaiknya sarapan utamakan kebutuhan gizi untuk memulai hari dan jangan makan terlalu larut malam.

Ikuti teknik Pantang Diet dengan membatasi waktu makan terakhir 4-5 jam sebelum tidur atau sekalian skip jangan makan malam kalau sarapan justru disarankan.

Terus hidup aktif dan tingkatkan perilaku sehat dengan olahraga dan kegiatan diluar olahraga alias NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis)

Baca lebih lengkap di ebooknya PD pesan via WhatsApp087878105050 plus konsultasi (SUMBER http://www.onlinejacc.org/content/73/16/2025)

Iklan