Manfaat Kesehatan Membatasi Waktu Makan (Puasa Berkala)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity tahun 2019, para peneliti dari University of Adelaide dan Lembaga Penelitian Kesehatan dan Medis Australia menilai efek makan yang terbatas waktu (puasa harian dengan jendela makan dari pagi sampai sore atau siang sampai malam)

Hasil risetnya menunjukkan bahwa memodulasi kapan (waktu makan), daripada apa yang kita makan dapat meningkatkan kontrol glukosa.

Itu artinya, tak perlu sampai diet sangat rendah karbohidrat (keto), kalau mampu mengurangi frekuensi makan akan tetap bisa mengontrol gula darah (malah tetap bisa ketosis walau tidak berpantang karbo/gula)

Dalam studi dinyatakan pola makan terbatas waktu ini (pakai jendela makan 5~9 jam) awalnya bisa terasa menantang, tapi akhirnya akan terbiasa (ada adaptasinya)

Juga mampu mengurangi berat badan yang berlebih dengan menekan nafsu makan yang tinggi.

Hal ini dibahas lebih detail dalam ebook Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan (Pesan via WhatsApp087878105050 plus konsultasi privat & tele-coaching)

Dalam jurnal ilmiah lain, yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Endocrine Society di New Orleans, L.A. Tahun 2019; Pembatasan waktu makan harian juga mencegah kanker payudara serta sakit jantung.

Penyakit-penyakit degeneratif kronis ini terkait dengan sindrom metabolik (seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, hipertensi) yang dipicu oleh hyperinsulinemia/resistensi insulin, masa puasa diluar jam makan akan meningkatkan sensitivitas sekaligus turunkan hormon insulin, sehingga terjaga.

Jadi, batasi frekuensi makan jangan berlebihan. Tak perlu diet ketat atau pantang ini itu, tapi optimalisasi gizi dan tingkatkan metabolisme dengan aktif bergerak, hindari duduk terlalu lama, perbanyak berdiri & jalan kaki.

Pesan EBOOK PD dengan harga bebas seikhlasnya saja untuk donasi serta maintenance pantangdiet.com (agar domain tidak expired) siapa yang mendapat manfaat dari artikel kesehatan Pantang Diet, silahkan menyumbang, kontak via japri yaa!

Terima kasih banyak #pantangdiet

Iklan