Penelitian Membuktikan Bahaya Makan Gorengan bagi Kesehatan

Para peneliti menyarankan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, terutama ayam goreng dan ikan/Seafood yang digoreng, dapat berdampak positif bagi kesehatan masyarakat.

Pada banyak riset-riset sebelumnya menunjukkan bahwa tingginya asupan makanan gorengan terkait dengan risiko yang lebih tinggi juga dari sakit kencing manis atau diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner juga stroke.

Ilmuwan-ilmuwan ahli nutrisi telah menyelidiki hubungan makan makanan yang digoreng dengan kematian karena sebab apa pun, khususnya kematian terkait penyakit jantung dan sakit kanker.

Setelah memperhitungkan faktor-faktor yang berpotensi berpengaruh seperti gaya hidup, kualitas makanan secara keseluruhan, tingkat pendidikan dan pendapatan, dalam studinya dibuktikan bahwa sering makan makanan yang digoreng dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dari penyebab apa pun, khususnya, kematian terkait jantung: mereka yang konsumsi satu atau lebih porsi gorengan dalam sehari memiliki risiko 8% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak makan makanan yang digoreng.

Satu atau lebih porsi ayam goreng yang dikonsumsi dalam sehari terkait dengan risiko kematian 13% lebih tinggi dari sebab apa pun dan risiko kematian yang terkait jantung 12% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak makan gorengan.

Demikian pula, satu atau lebih porsi ikan/Seafood yang digoreng dalam sehari, terkait dengan risiko kematian 7% lebih tinggi dari sebab apa pun dan risiko 13% lebih tinggi terkait kematian jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak makan gorengan.

Jadi, mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, terutama ayam goreng dan ikan/seafood goreng, dipastikan memiliki dampak klinis yang signifikan dalam kesehatan.

Journal Reference:

Yangbo Sun, Buyun Liu, Linda G Snetselaar, Jennifer G Robinson, Robert B Wallace, Lindsay L Peterson, Wei Bao. Association of fried food consumption with all cause, cardiovascular, and cancer mortality: prospective cohort study. BMJ, 2019; k5420 DOI: 10.1136/bmj.k5420 #pantangdiet #friedchicken #fishnschips #gorengan #diet

Iklan