Duduk Bikin Gemuk

Para ilmuwan di Universitas Gothenburg Swedia menemukan sistem internal biologis untuk tubuh meregulasi berat badannya sendiri.

Dan lebih dari dua dekade lalu, para ilmuwan juga menemukan bahwa hormon leptin membantu mengatur kadar lemak tubuh dengan memicu rasa kenyang atau meningkatkan metabolisme pembakaran lemak.

Jika selama ini sudah banyak riset yang membuktikan buruknya duduk lama, dan kurang aktif bergerak picu kegemukan serta beragam penyakit,

Itu ternyata karena dengan duduk lama, di sistem internal yang ukur berat badan masih terasa ringan, tubuh tidak seberat berdiri atau bergerak melawan gravitasi bumi.

Dengan duduk, efek gravitasi jadi berkurang dan sistem internal yang mengatur berat badan akan memicu rasa lapar ingin makan terus supaya berat badan naik, alias bikin gemuk.

Ditambah lagi, ketika duduk tidak banyak bergerak, hormon yang memecah lemak berkurang banyak, sehingga meningkatkan kadar lemak yang beredar dan yang disimpan, menambah buncit perut.

Dengan kata lain, duduk kelamaan membuat sistem internal regulator berat badan menjadi salah mengira keseimbangan berat badan lalu malah mendorong kenaikan lemak yang disimpan menjadi kegemukan.

Sebaiknya, jika berdiri secara alami metabolisme akan naik dua kali lipat bahkan jika banyak bergerak bisa lebih tinggi lagi membakar kalorinya dan sistem internal serta hormonal akan menghitung berat badan ideal.

Dalam penelitiannya, orang yang obesitas itu duduk lebih lama dua setengah jam daripada orang yang beratnya normal, dan secara total durasi duduk sehari bisa 10~15 jam.

Pagi hari duduk di kendaraan, lalu di kantor duduk lagi sampai istirahat makan siang duduk juga di jalan serta di rumah duduk di depan TV atau sambil main gadget/komputer.

Kelamaan duduk jadi mendistorsi input dari efek gravitasi pada tubuh sendiri tentang rasa berat badannya, mengacaukan perhitungan sistem internal yang mengatur lemak tubuh.

Sehingga akhirnya memicu nafsu makan yang tinggi dan metabolisme menurun jadi makan berlebihan dan berat badan kegemukan, silahkan pelajari lebih lanjut empat teknik menyetel nafsu makan dan naikin metabolisme dalam ebooknya Pantang Diet 4.0 (Pesan lewat WhatsApp087878105050) #PD4

Iklan