Insulin dan Ritme Sirkadian

Ritme Sirkadian dan Sinyal dari Hormon Insulin yang Menentukan Waktu yang Tepat untuk Makan

Sebuah studi baru mengidentifikasi insulin sebagai sinyal utama yang membantu mengkomunikasikan waktu makan ke jam seluler yang terletak di seluruh tubuh kita, umumnya dikenal sebagai jam tubuh yang menentukan ritme sirkadian atau siklus biologis harian.

Penelitian baru ini menemukan bahwa bukan hanya apa jenis makanan dan banyaknya yang dimakan, tetapi kapan ketika waktu makan itu juga penting, untuk kesehatan dan manajemen berat badan.

Penelitian yang didanai oleh Medical Research Council (MRC), yang diterbitkan di jurnal Cell, adalah yang pertama mengidentifikasi insulin sebagai sinyal utama yang membantu mengkomunikasikan waktu makan ke jam seluler yang terletak di seluruh tubuh kita, umumnya dikenal sebagai jam tubuh atau ritme sirkadian.

Para peneliti ini percaya bahwa peningkatan pemahaman akan ritme sirkadian dapat mengarahkan cara yang tepat untuk meningkatkan kesehatan dan atur berat badan.

Ritme sirkadian adalah siklus biologis 24 jam yang terjadi secara individual di setiap sel tubuh, mendorong ritme harian dalam fisiologi hingga tingkat hormon, sepanjang hari; pagi, siang, malam.

Jam tubuh ini disinkronkan dengan lingkungan sekitar dengan paparan sinar matahari (menandai waktu beraktivitas) dan waktu makan (makanya hormon insulin ada peran)

Sinkronisasi ini sangat penting untuk kesehatan jangka panjang, dan jika ritme sirkadian terganggu misal dengan bekerja lembur terlalu larut malam/begadang shift malam atau bepergian melintasi zona waktu yang berbeda itu dapat berakibat kurang baik untuk kesehatan.

Riset dari Laboratorium MRC Molecular Biology (LMB) di Cambridge dan University of Manchester telah mengidentifikasi insulin sebagai sinyal utama yang membantu mengkomunikasikan waktu makan ke jam seluler di seluruh tubuh, dan dengan demikian jadi mempengaruhi ritme sirkadian.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa hormon insulin, yang dilepaskan ketika makan, bertindak sebagai sinyal waktu untuk sel-sel di seluruh tubuh, sehingga jadwal makan itu menjadi berdampak pada kesehatan bukan hanya jenis/gizi makanannya.

Makan pada waktu yang salah, misalnya saat sudah gelap harusnya beristirahat, mengganggu ritme sirkadian jam biologis tubuh manusia, dan pada akhirnya akan merusak kesehatan, jadi beresiko sakit kencing manis alias diabetes juga kegemukan dan penyakit jantung koroner atau stroke.

Malah, waktu makanan saat dimakan itu bisa lebih penting untuk penurunan berat badan daripada sekedar jumlah kalori yang dicerna.

Dalam banyak jurnal ilmiah, disimpulkan bahwa diet akan jauh lebih efektif (dan menyehatkan) jika makanan dikonsumsi pada pagi dan siang hari ketika kita bangun dan aktif bergerak sepanjang hari.

Analisisnya menyatakan bahwa makan pada waktu yang salah, misal; di malam hari, itu waktunya istirahat, sehingga akan susah menyebabkan penurunan berat badan yang permanen bahkan walau sudah diet khusus yang ketat.

Ketika malam hari, tubuh sudah tidak terlalu sensitif pada hormon insulin, malah terjadi resistensi pada sinyal insulin, sebaliknya saat pagi hari, tubuh itu paling sensitif pada sinyal dari hormon insulin, yang juga menentukan fase-fase dalam siklus biologis yang disebut ritme sirkadian.

Sehingga, sarapan itu disarankan dan kalau makan jangan larut malam, cukup terakhir makan sore hari serta total kalori seharian dijaga jangan berlebihan agar insulin tetap pada tingkat normal agar tidak hiperinsulinemia.

Juga, jangan kebanyakan karbohidrat atau gula yang membuat insulin melonjak serta kurangi lemak serta minyak yang menghambat sinyal insulin diterima.

Jadi, fokus pada makan makanan bergizi dengan optimalisasi nutrisi seperti asam amino & lemak esensial omega 3 dari protein hewani, vitamin dan mineral dari buah-buahan, tapi tak perlu sampai diet ketat, walau mayoritas tetap makan makanan yang sehat & alami.

Untuk langkah-langkahnya mengatur frekuensi atau timing waktu makan dan optimalisasi gizi, baca step by step di ebooknya Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan & Tingkatkan Metabolisme, pesan via WhatsApp087878105050 dengan konsultasi/coaching online #PD4

Iklan