Sulit Diet, Susah Olahraga? Pantang Diet dan Perbanyak Jalan Kaki Aja!

Para peneliti dari Stanford melacak tingkat aktivitas ratusan ribu orang di seluruh dunia, hasil penelitiannya: Di negara-negara dengan sedikit obesitas, kebanyakan orang berjalan dengan jumlah langkah yang banyak per hari dibandingkan dengan negara-negara dimana tingkat obesitas rendah, tingkat aktivitas fisik juga kurang.

Dan satu studi baru yang muncul dalam Clinical Cardiology meneliti tingkat kebugaran rata-rata dari obesitas yang tidak sehat (indeks massa tubuh antara 40,0 dan 49,9).

Hasil risetnya menunjukkan bahwa dari 99 persen rata-rata orang yang obesitas berjalan kurang dari 2.500 langkah per hari – jauh di bawah pedoman hidup sehat 10.000 langkah per hari.

Jadi, rata-rata orang di jaman modern ini kurang aktif, lebih banyak duduk dan kurang jalan kaki itu akan memicu kenaikan berat badan setahun sebesar 2,5 kilogram.

Tak terasa, itu dalam 10 tahun bisa naik beratnya bertambah 25 KG sehingga masuk ke kategori obesitas.

Padahal selisihnya sehari hanya sekitar 100-150 Kalori saja, tapi sulit diet banyak yang gagal dalam jangka panjang.

Olahraga juga susah, apalagi jika sedang kelebihan berat badan, berat!

Lebih baik tingkatkan pembakaran kalori dari aktivitas sehari-hari diluar olahraga alias NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis), tips-nya:

1. Kurangi duduk, kalau terpaksa (misalnya makan) batasi maksimal 15 menit postur duduk yang tegak.

2. Perbanyak berdiri, kalau perlu latihan berdiri dengan satu kaki beberapa menit atau jinjit sesekali.

3. Jalan kaki sehari lebih dari 10 ribu langkah, naik kendaraan umum atau parkir lebih jauh, jalan santai, dll.

4. Jangan naik eskalator atau lift kalau ada tangga, coba juga ke toilet yang berbeda lantai pakai tangga.

5. Setel musik dan dengarkan saat di perjalanan, dimanapun yang bisa bergoyang minimal gerakkan ujung kaki dan mengetukkan jari jemari.

6. Kunyah permen karet ketika sedang tidak makan, itu bisa naikin metabolisme sebanyak 20 persen.

7. Bersih-bersih rumah, cuci piring, cuci kendaraan, berkebun, kurangi belanja online, windows shopping, pakai portable stepper, dst.

Porsi NEAT terhadap metabolisme mulai dari 15% (bagi mereka yang kebanyakan duduk) hingga 50% (untuk mereka yang aktif) dalam pembakaran kalori per hari.

Selisih NEAT orang yang kurang aktif dengan yang rajin bergerak bisa sampai 2000 kalori per hari, melebihi diet dan olahraga moderat.

Jadi, daripada sulit diet dan susah olahraga lebih baik tingkatkan NEAT (walaupun tetap baiknya utamakan makan makanan alami sehat bergizi dan berolahraga yang disuka tetap baik untuk kesehatan) pesan dan baca ebooknya Pantang Diet 4.0 Empat Teknik Setel Nafsu Makan dan Tingkatkan Metabolisme; via WhatsApp087878105050 #pantangdiet

Iklan